Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Fakta Menarik Seputar KKN di Desa Penari, Film Lokal Terlaris Sepanjang Masa

8 Fakta Menarik Seputar KKN di Desa Penari, Film Lokal Terlaris Sepanjang Masa

Akhirnya, film yang sudah ditunggu-tunggu tayang! Ya, setelah pemutarannya diundur beberapa kali, film KKN di Desa Penari mulai tayang sejak 30 April 2022 di seluruh bioskop tanah air. Buat Moms penggemar film horror, Anda pastinya sudah tidak sabar menonton film ini. Atau Anda malah sudah menontonnya?

Film KKN di Desa Penari sendiri menceritakan tentang kisah sekelompok mahasiswa, yaitu Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha), yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa kecil nan misterius. Namun alih-alih membuahkan hasil manis, mereka malah mengalami berbagai kejadian supranatural yang meneror mereka. Nah, seru banget kan, Moms?

Enggak hanya jalan cerita yang menegangkan dan apik, film ini sangat dinanti karena ada berbagai fakta menarik di baliknya. Penasaran? Let’s find them out below, Moms!

1. Diangkat dari thread Twitter

Kisah ini pertama kali dipublikasikan dalam bentuk sebuah utas atau thread di akun Twitter SimpleMan (@SimpleM8137823) pada 2019 lalu. Kala itu, utas ini menjadi viral dan sempat menjadi perbincangan utama di berbagai platform media sosial. Identitas SimpleMan sendiri masih anonim dan belum diketahui hingga kini.

2. Ditonton lebih dari 7 juta orang

Telah ditayangkan selama 3 minggu di bioskop, film KKN di Desa Penari telah ditonton oleh lebih dari 7 juta orang, lho! Karena itu, film ini resmi menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Wah, keren banget, kan?

3. Dirilis dengan 2 versi berbeda

Akun SimpleMan menceritakan kisah ini dalam 2 sudut pandang yang berbeda, yakni dari sudut pandang Nur dan Widya. Lalu, sang sutradara Awi Suryadi meramu cerita ini menjadi film dengan 2 versi pula, yakni versi cut dan uncut. Perbedaanya, pada versi cut tidak menampilkan adegan dewasa apa pun. Sedangkan versi uncut menampilkan adegan yang hanya bisa ditonton oleh penonton berusia 18 tahun ke atas.

4. Warga jual rumah bekas syuting

Pada beberapa waktu lalu, sempat geger isu warga buru-buru menjual rumah bekas syuting film KKN di Desa Penari karena ketakutan. Faktanya, rumah bergaya tradisional di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, ini dijual karena sudah tidak ada yang mengurus. Sang pemilik rumah sudah berusia lanjut dan sakit-sakitan, sehingga memilih untuk tinggal bersama anaknya di kota dan menjual rumah tersebut.

5. Nama karakter asli dan lokasi masih belum diketahui pasti

Sejak awal kisah ini terbit sebagai thread Twitter, penulis telah menyebutkan bahwa semua nama karakter telah dipalsukan. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi serta keamanan pemilik kisah asli dan orang-orang lain yang terkait.

Selain itu, desa asli dari cerita ini juga tidak diketahui lokasi aslinya. Akun SimpleMan hanya memberikan petunjuk, bahwa desa ini berinisial “B” dan terletak di Jawa Timur. Akun SimpleMan juga sudah memberi tahu kepada para pembaca agar tidak menggali lebih dalam soal karakter dan lokasi asli cerita ini.

6. Penayangan ditunda selama 2 tahun

Film horor ini sebenarnya sudah dua kali dijadwalkan untuk tayang di bioskop Indonesia, yakni pada 19 Maret 2022 dan 24 Februari 2022. Namun, kedua jadwal tersebut dibatalkan karena situasi pandemi COVID-19 yang terjadi saat itu.

7. Aslinya menceritakan 14 orang

Pada utas aslinya di Twitter, cerita ini berkutat pada pengalaman 6 orang mahasiswa saja. Padahal, di kisah aslinya ada 14 orang yang terlibat dalam KKN tersebut, termasuk mahasiswa dan dosen. Tentunya ada alasan di balik itu. Akun SimpleMan menyebutkan bahwa hal ini dilakukan untuk mempersingkat dan menyederhanakan cerita.

8. Berakhir naas

Thread asli yang ditulis oleh SimpleMan menceritakan lebih detail soal akhir dari kisah KKN ini. Ia menuliskan bahwa Ayu dan Bima dihukum dan terperangkap di dunia gaib akibat tindakan mereka. Tak lama kemudian, Bima dan Ayu meninggal. Bima meninggal lebih dahulu daripada Ayu. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: MD Entertainment)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle