Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Ampuh Mengusir Tikus di Dalam Rumah, Tak Perlu Pakai Racun!

7 Cara Ampuh Mengusir Tikus di Dalam Rumah, Tak Perlu Pakai Racun!

Keberadaan tikus merupakan salah satu hal yang paling mengganggu di dalam rumah. Ya, tikus biasanya mencoba masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan, kehangatan, dan tempat berlindung. Akan tetapi, keberadaan tikus bisa membuat rumah jadi kotor dan bau, merusak berbagai peralatan rumah tangga, serta bisa menjadi sumber penyakit bagi anggota keluarga di rumah.

Lantas, bagaimana cara mengusir tikus dari rumah kita? Berikut 7 cara ampuh mengusir tikus yang bisa Anda coba, Moms.

1. Menggunakan kapur barus

Kapur barus bisa menjadi andalan untuk mengusir tikus di rumah. Hal ini karena tikus tidak suka dengan bau dan aroma dari kapur barus. Dengan begitu, tikus akan enggan untuk masuk atau menetap di dalam rumah.

Letakkan beberapa buah kapur barus di tempat tikus biasa bersarang atau yang sering didatangi. Pastikan Anda meletakkannya di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, ya Moms. Karena kapur barus bisa berbahaya jika tidak sengaja masuk ke dalam mulut Si Kecil.

Terakhir, selalu pastikan mencuci tangan setelah Anda memegang kapur barus untuk menghindari reaksi alergi atau keracunan.

2. Menggunakan bubuk Kopi

Kopi juga bisa menjadi andalan untuk mengusir tikus di rumah. Anda bisa mencobanya dengan cara menaburkan bubuk kopi atau membungkus bubuk kopi menggunakan kain, lalu gantungkan ke area rumah yang menjadi sarang tikus atau sering dikunjungi tikus. Ini tak hanya ampuh mengusir tikus, tetapi juga bisa membuat rumah Anda harum aroma kopi.

3. Menggunakan minyak esensial

Biasanya minyak esensial, seperti peppermint oil, lebih sering dipakai sebagai pengharum ruangan. Namun, aroma kuat minyak ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir dan mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Untuk mengusir tikus di rumah, gunakan diffuser bersama dengan peppermint oil, agar aromanya tersebar ke seluruh area rumah. Atau Anda juga bisa mencelupkan bola kapas atau kain ke dalam peppermint oil, lalu letakkan di tempat tikus bersarang. Agar lebih maksimal, Anda bisa gabungkan cara ini dengan cara mengusir tikus lainnya.

4. Meletakkan irisan bawang merah

Tikus merupakan hewan yang tidak menyukai aroma menyengat, dan bawang merah memiliki aroma kuat yang bisa membuat tikus tidak betah berada di dalam rumah. Cukup letakkan irisan bawang merah di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Dijamin tikus akan segera pergi dari rumah Anda!

5. Tutup semua celah dan lubang

Menutup semua celah atau lubang yang ada di rumah bisa membantu mencegah tikus masuk ke dalam rumah, menurut Cindy Mannes, juru bicara National Pest Management Association, AS. Tikus dapat masuk ke dalam rumah melalui lubang atau celah yang berukuran kecil sekalipun. Hewan pengerat ini bisa menggerogoti celah untuk membuat lubang yang lebih besar agar bisa dilewati.

"Jika Anda menemukan adanya celah atau lubang, segera tutup dengan menggunakan dempul, karena tikus tidak bisa menggerogotinya", tambah Mannes. Periksa juga pipa saluran air, celah ventilasi, hingga daerah terluar rumah yang bisa menjadi potensi jalur masuk tikus.

6. Bersihkan seluruh area rumah

Tikus menyukai tempat yang sempit, gelap, dan kotor, untuk bersembunyi. Karena itu, untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah, bersihkan seluruh area rumah yang berpotensi menjadi tempat persembunyian tikus. Rumah yang bersih akan membuat tikus enggan masuk ke dalam rumah. Pastikan juga pipa saluran air dan pembuangan terawat dengan baik, ya.

7. Hubungi tim pembasmi hama

Jika perkembangbiakan tikus di rumah sudah terlalu banyak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menghubungi tim pembasmi hama guna meminta bantuan mengusir tikus di rumah. Mereka biasanya punya cara tersendiri yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

Nah, itulah 7 cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengusir tikus di rumah. ​​Tikus adalah hewan pengganggu yang dapat berkembang biak dengan cepat. Jika dibiarkan, tentu bisa membuat rumah jadi kotor dan bau, merusak peralatan rumah tangga, serta bisa menjadi sumber penyakit, seperti pes, leptospirosis, dan hantavirus. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Wirestock/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle