Type Keyword(s) to Search
BABY

Stimulasi Indra Penciuman dan Penglihatan Sangat Penting untuk Bayi, Begini Caranya

Stimulasi Indra Penciuman dan Penglihatan Sangat Penting untuk Bayi, Begini Caranya

Stimulasi adalah salah satu faktor penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Pasalnya, kurangnya stimulasi dapat meningkatkan risiko Si Kecil mengalami perlambatan perkembangan kognitif, sensori dan motorik, serta sosial emosional. Ada banyak jenis stimulasi yang perlu didapatkan Si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal, beberapa di antaranya adalah stimulasi indra penciuman dan penglihatan.

Stimulasi indra penciuman tak bisa dianggap remeh karena kemampuan mengenal bau punya peran besar pada perkembangan Si Kecil. Dilansir dari Pathway, kemampuan mengenal bau berkaitan erat dengan kemampuan mengecap dan mengenal rasa, sehingga bisa memengaruhi pola makannya kelak. Selain itu, kemampuan mengenal aroma juga tak bisa dilepaskan dengan perkembangan emosi bayi serta proses bonding.

Perkembangan daya lihat yang sehat juga termasuk hal yang krusial dalam tumbuh kembang bayi, sehingga stimulasi visual Si Kecil juga perlu diperhatikan dengan baik. Mengutip laman Myvision.org, indra penglihatan tak hanya berfungsi untuk melihat dan memahami sekitar, tapi juga berkaitan erat dengan keseimbangan tubuh, koordinasi motorik, serta proses bonding dengan keluarga dan teman. Gangguan perkembangan penglihatan dini dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan lainnya, bahkan bisa memengaruhi keterampilan akademik, sosial, serta emosi Si Kecil.

Cara mestimulasi indra penciuman dan penglihatan bayi

Memastikan Si Kecil mendapatkan stimulasi indra penciuman dan penglihatan yang cukup tentu dapat mendorong perkembangannya optimal. Dirangkum dari Bounty, berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menstimulasi indra penglihatan Si Kecil:

1. Dekatkan wajah pada Si Kecil dan buatlah beragam mimik. Mengutip laman Michigan State University, fokus jarak pandang Si Kecil hanya bisa mencapai 8-10 inci saja di sebulan awal kehidupannya. Selain itu, Si Kecil cenderung lebih tertarik pada wajah manusia daripada benda-benda lainnya.

2. Di sebulan awal, bayi belum bisa membedakan banyak warna. Oleh karena itu, Moms bisa menstimulasi penglihatannya dengan mainan atau buku berwarna hitam dan putih yang mencolok. Lalu setelah usianya 2 bulan, Si Kecil sudah bisa membedakan beberapa warna cerah. Untuk itu, Moms bisa memperlihatkan buku, mainan, atau berbagai benda di sekitar yang berwarna cerah yang berbeda-beda dan mencolok satu sama lain.

3. Di umur 4 bulan, bayi mulai memahami konsep dan menilai jarak. Untuk itu, Moms bisa menstimulasi Si Kecil dengan mendorongnya untuk meraih mainannya. Moms juga bisa mengajak Si Kecil bermain peek-a-boo setelah ia beranjak 5 bulan. Kemudian, Moms bisa perlihatkan Si Kecil pada foto orang-orang yang dekat dengannya mulai usia 8 bulan. Pasalnya, memori dan kemampuannya mengenali orang sudah makin andal di usia ini.

4. Stimulasi luar ruangan juga sangat penting untuk perkembangan indra penglihatan bayi. Saat di luar, jangan lupa untuk mengenalkan Si Kecil kepada objek dan pemandangan yang berbeda-beda. Pohon, awan, rumput, dan kupu-kupu bisa menjadi stimulasi visual yang kuat untuknya.

5. Berikan bayi MPASI dengan bentuk, tekstur, warna, dan ukuran yang berbeda-beda, Moms. Tidak hanya berguna untuk keterampilan oromotornya, langkah ini juga mampu mendorong perkembangan indra penglihatan Si Kecil.

6. Ajak bayi bermain dengan cermin. Melihat bayangan dirinya sendiri di cermin dapat mengajarkan Si Kecil untuk fokus, memindai gambar, serta menemukan ekspresi wajahnya sendiri. Selain itu, bermain dengan cermin juga bisa mendorong perkembangan sosial dan emosional bayi, lho.

Lalu, bagaimana caranya menstimulasi indra penciuman bayi? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merangsang indra penciuman Si Kecil, seperti yang sudah dirangkum dari Bounty.

1. Konsumsi berbagai makanan sehat yang beraroma kuat untuk mendorong Si Kecil mengembangkan perbendaharaan aromanya melalui ASI.

2. Gunakan parfum atau deodoran seminim mungkin saat sedang bersama bayi atau saat sedang menyusui. Hal ini bisa mendorong Si Kecil mengenali aroma alami Anda, sehingga dapat membuatnya merasa lebih tenang dan aman.

3. Ketika Moms harus bepergian tanpa bayi, berikan Si Kecil barang dengan aroma yang membuatnya nyaman. Contohnya, sarung bantal yang Anda gunakan. Jika Si Kecil bisa mencium aroma Anda, maka ia akan merasa lebih tenang dan nyaman.

4. Di usia 6 bulan, bayi akan menggunakan kemampuannya mencium aroma untuk menentukan makanan dan rasa yang ia suka maupun tidak suka. Untuk itu, Moms bisa menstimulasinya dengan memberikannya makanan dengan variasi rasa yang berbeda.

5. Dorong bayi untuk mencium aroma dari berbagai barang di rumah. Moms bisa kenalkan Si Kecil dengan aroma sabun, sampo, pakaian bersih, hingga minyak aromaterapi. Saat Si Kecil mandi, Moms juga bisa menggunakan sabun dengan aroma yang berbeda setiap hari. Langkah ini merupakan cara yang sangat baik untuk menstimulasi indra penciuman sekaligus keterampilan kognitif Si Kecil.

Momen mandi yang kaya stimulasi untuk bayi

Kunci dari stimulasi aroma dan visual yang sukses adalah kreativitas. Selain dari berbagai cara di atas, momen mandi juga bisa menjadi sarana untuk menstimulasi Si Kecil, lho. Alat mandi dengan warna dan aroma yang bervariasi bisa membantu menstimulasi indra penciuman dan penglihatan bayi. Untuk itu, Moms bisa pilih Probaby Bath Series yang multiaroma serta memiliki kemasan cerah dan berwarna-warni.

Probaby Bath Series memiliki aroma yang menyenangkan lho, sehingga bisa bikin #MandiJadiFun. Ada 5 variasi aroma dan kemasan yang bisa Moms pilih, yakni Cheerful Giggle, Silky Cuddle, Lovey Sky, Summer Sweet, dan Sunny Shine.

Berbagai variasi ini pasti bisa membantu menstimulasi indra penciuman dan penglihatan bayi Anda, Moms. Jadikan momen mandi sebagai sarana bonding dengan aroma yang berbeda-beda. Si Kecil pasti suka!

Moms tak perlu khawatir dengan penggunaannya, karena Probaby Bath Series sudah teruji hypoallergenic dan tidak pedih di mata. Terbuat dari bahan alami, bahan dasarnya air, dan diformulasikan dengan pH seimbang, serta tanpa alkohol, sehingga formulanya lembut untuk bayi. Jadi, cocok digunakan sejak newborn.

Rangkaian Probaby Bath Series juga berfungsi 2 in 1, lho, karena bisa digunakan untuk membersihkan tubuh dan kepala. Kandungan bisabolol dan provitamin B5 pada rangkaian produk ini tidak akan membuat kulit Si Kecil jadi kering.

Untuk #IbuPilihYangPro, pastikan Anda selalu sediakan rangkaian Probaby Bath Series dengan #MultiaromaProbaby, Moms. Yuk, dukung keterampilan indra penciuman dan penglihatan Si Kecil dengan Probaby Bath Series!

Untuk membeli produk Probaby Bath Series, Anda bisa klik di sini ya, Moms. Follow juga Instagram Probaby @probaby.indonesia atau kunjungi website probaby.co.id untuk tahu lebih banyak mengenai produk-produk Probaby. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Melpomen/123RF, Probaby)


Read Next

More Frombaby