Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jarang Diketahui, Ini Beragam Manfaat Daun Dadap Serep

Jarang Diketahui, Ini Beragam Manfaat Daun Dadap Serep

Moms, familiar dengan daun dadap serep? Tanaman ini merupakan flora asli Asia Tenggara dan banyak tumbuh di wilayah Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Daun dadap serep dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Dan berdasarkan penelitian, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun dadap yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Menurunkan demam

Di Indonesia, daun dadap serep cukup sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi demam. Hal tersebut dipengaruhi oleh sifat antipiretik di dalamnya, yang juga dibuktikan pada Jurnal MEDFARM: Farmasi dan Kesehatan, dengan daun dadap diformulasikan dalam bentuk hidrogel. Pada jurnal ini, disebutkan bahwa daun dadap mengandung saponin, flavonoid, polifenol, tanin, dan alkaloida. Zat-zat tersebut membuat tanaman ini memiliki fungsi sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, serta antimalaria. Karenanya, daun dadap dapat menurunkan suhu tubuh saat demam.

2. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya kesulitan tidur atau tidak cukup tidur. Risikonya, Anda yang mengalami kondisi ini akan merasa pusing hingga mengganggu aktivitas harian. Daun dadap serep bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah gangguan tidur ini.

Anda cukup mengonsumsi air rebusan daun dadap atau mengonsumsinya secara langsung dan teratur. Efeknya, tubuh akan terasa lebih tenang dan rileks, sehingga tidur pun bisa jadi lebih nyenyak. Manfaat ini juga bisa menjadi alternatif sebagai pengobatan alami dan bukan obat kimia.

3. Meringankan gejala asam urat dan reumatik

Zaman sekarang, makin banyak orang di usia 20-an yang sudah menunjukkan gejala asam urat dan reumatik. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas, karena timbulnya nyeri, panas, hingga adanya pembengkakan di area persendian. Belum lagi tingginya risiko masalah gangguan pada kulit, paru-paru, hingga jantung.

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun dadap secara teratur, atau bisa juga dengan memanaskan daun di atas api kecil, kemudian gunakan sebagai tapal pada bagian sendiri yang terasa nyeri. Kandungan senyawa aktif pada daun dadap akan memberi efek antiinflamasi sehingga masalah pada gangguan persendian bisa teratasi.

4. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun dadap dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini didapatkan dari proses meneliti kulit batang daun dadap serta ditemukannya senyawa phaseollin dan senyawa 8-prenyldaizein.

Kedua zat ini diketahui cukup aktif sebagai antioksidan, bahkan lebih aktif daripada vitamin C. Antioksidan sendiri diketahui berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi keriput, serta mencegah penyakit saraf, kanker, dan penyakit jantung koroner.

5. Meredakan nyeri haid

Wanita kerap mengalami rasa nyeri pada saat datang bulan. Agar tidak bergantung pada obat berbahan kimia, Anda bisa mengonsumsi daun dadap untuk meredakan nyeri tersebut. Selain adanya zat-zat yang bisa mengurangi nyeri, daun dadap juga mengandung antimikroba yang bisa mencegah timbulnya masalah karena bakteri. Jadi, masalah jerawat, terutama saat menstruasi, atau masalah yang mungkin terjadi di area genital juga bisa teratasi.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Hal yang mengejutkan dari daun dadap adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Seperti disebutkan, selain dapat mengurangi risiko jerawat, kandungan pada daun dadap serep juga bisa membuat kulit tampak cerah. Rambut pun akan terlihat lebih berkilau, tebal, dan tidak mudah rontok. Untuk perawatan rambut, Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun dadap serep yang masih segar, lalu oleskan ke rambut. Kemudian, diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih.

Banyak sekali khasiat daun dadap serep, kan, Moms? Anda bisa mendapatkan daun ini baik segar ataupun yang sudah di ekstrak di berbagai toko online maupun offline dengan cukup mudah. Anda juga bisa mengonsumsi atau menggunakannya di area luar kulit. Namun jika terjadi kondisi tertentu, segera periksakan diri ke dokter. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Khasiat Sehat)