Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Sederhana dan Ampuh Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Cara Sederhana dan Ampuh Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Moms, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Tidak hanya dengan rajin menyikat gigi untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat, namun membersihkan karang gigi juga merupakan hal yang tak kalah penting dilakukan. Adanya karang gigi tidak hanya mengganggu penampilan kita, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang yang serius pada gigi dan gusi.

Karang gigi merupakan plak yang mengendap dan mengeras di gigi. Ketika karang gigi telah mengendap di atas garis gusi, ini bisa menyebabkan gusi membengkak dan lebih mudah berdarah, atau yang lebih dikenal sebagai gingivitis, bentuk awal penyakit gusi.

Bila dibandingkan dengan plak, karang gigi memang lebih sulit untuk dihilangkan. Dokter gigi dan ahli kesehatan gigi biasanya menggunakan berbagai alat untuk menghilangkan karang gigi. Meskipun demikian, Moms dan keluarga tetap bisa mencoba beberapa cara untuk membersihkan karang gigi di rumah. Mau tau caranya?

1. Menyikat gigi dengan baking soda

Tak hanya bisa memutihkan gigi, baking soda juga diketahui dapat membantu menghilangkan penumpukan karang gigi. Baking soda memiliki sifat abrasif yang diyakini efektif untuk menggosok penumpukan karang gigi dari email gigi.

Moms bisa memanfaatkan baking soda dengan membuatnya ke dalam bentuk pasta gigi. Caranya, Anda bisa mencampurkan air, baking soda, dan sedikit garam. Lalu, oleskan pasta gigi baking soda ini pada sikat gigi Anda, dan mulailah menyikat gigi dan gusi secara perlahan. Moms bisa mendiamkannya selama 1 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

2. Menjadikan cuka putih sebagai obat kumur

Selain menggunakan baking soda, Moms bisa menumpas karang gigi dengan cuka putih. Rasa cuka putih ini memang terlalu kuat dan mungkin bukan pilihan yang tepat untuk berkumur, namun cuka putih diketahui memiliki sifat antibakteri yang berarti bisa membantu mencegah tumbuhnya plak dan karang gigi.

Moms bisa menambahkan dua sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalam segelas kecil air, lalu aduk dan berkumurlah dengan campuran ini sekali sehari.

3. Memanfaatkan kulit jeruk

Vitamin C dan sifat antimikroba dalam kulit jeruk bisa menghilangkan lapisan karang gigi dan plak serta membunuh pertumbuhan mikroba pada gigi. Selain dengan mengoleskan kulit jeruk bagian dalam secara langsung pada area gigi dan gusi, Moms bisa membuat pasta gigi dari kulit jeruk ini.

Caranya, buatlah potongan-potongan kulit jeruk bagian dalam, lalu haluskan dan campur dengan air. Kemudian oleskan pada sikat gigi Anda dan mulailah menggosok gigi dan gusi secara perlahan. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Memakai lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu membunuh bakteri jahat yang menyebabkan tumbuhnya plak maupun karang gigi. Moms bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menumpas karang gigi dengan membuat pasta gigi lidah buaya.

Caranya, campur satu sendok teh gel lidah buaya dengan empat sendok teh gliserin, tambahkan lima sendok makan baking soda, setetes minyak esensial lemon, dan secangkir air. Setelah tercampur, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan gigi Anda secara bertahap untuk menghilangkan plak dan karang gigi.

5. Mengunyah jambu biji

Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga dipercaya dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi secara alami. Jambu biji menjadi agen antiplak yang kuat dan efektif. bukan cuma itu, buah ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan gusi.

Untuk menghilangkan karang gigi dengan jambu biji, Moms bisa mengunyah beberapa lembar daun jambu biji bersih setiap hari dan meludahkannya. Cara ini bisa mengurangi risiko penumpukan plak pada gigi. Alternatif lainnya, Moms bisa mengambil jambu biji mentah, lalu taburi garam di atasnya dan kunyah sekali atau dua kali sehari.

6. Membuat pasta gigi tomat dan strawberry

Tomat dan strawberry diketahui kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antimikroba, sehingga bisa menghilangkan bakteri dari mulut dan mencegah penumpukan karang gigi.

Untuk membantu menghilangkan karang gigi, Moms bisa menghaluskan tomat dan strawberry, lalu campur dan oleskan pada gigi Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini 2 kali seminggu sampai Anda melihat perbedaannya ya, Moms.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi sendiri. Tertarik untuk mencoba cara yang mana, Moms? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Kroshka_nastya/Freepik)