Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tetap Kompak Mengasuh Anak, Deretan Selebriti ini Praktikkan Co-Parenting

Tetap Kompak Mengasuh Anak, Deretan Selebriti ini Praktikkan Co-Parenting

Saat bercerai, orang tua tidak boleh lupa bahwa anak tetap menjadi tanggung jawab bersama. Bagaimanapun, perceraian memiliki dampak yang tak mengenakkan bagi anak, apalagi bila mereka sampai harus kehilangan kasih sayang dan perhatian dari salah satu orang tuanya.

Untuk menghindari hal tersebut, para orang tua yang telah bercerai bisa mempraktikkan pola asuh co-parenting, di mana mereka tetap bisa mengasuh anak-anaknya secara bersama meski telah berpisah.

Melansir laman Medical News Today, penerapan co-parenting yang efektif membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada anak. Pola asuh ini juga bisa membantu mengurangi konflik antara orang tua yang berdampak negatif terhadap anak dan memberikan stabilitas kepada anak.

Beberapa selebriti Indonesia juga diketahui menerapkan metode co-parenting setelah berpisah. Meskipun dalam praktiknya tidaklah mudah, mereka tetap berusaha untuk selalu hadir secara utuh buat anak-anak mereka. Siapa saja selebriti yang sukses menerapkan co-parenting?

1. Pada 2019 silam, Melanie Putria resmi bercerai dengan Angga Puradiredja. Menyadari bahwa perceraian mereka akan memengaruhi sang anak, Sheemar Rahman Puradiredja, keduanya pun sepakat menerapkan co-parenting. Bagi Melanie dan Angga, kunci keberhasilan dalam co-parenting yang mereka jalani adalah sama-sama menurunkan ego masing-masing.

2. Dewi Lestari dan Marcell Siahaan memang telah berpisah dan sama-sama telah memiliki kehidupan baru dengan pasangan mereka. Namun, soal mengasuh putranya, Keenan Avalokita, keduanya selalu kompak. Dalam suatu wawancara, Dewi mengaku selalu mengomunikasikan segala hal terkait pengasuhan Keenan kepada Marcell, misalnya tentang aturan-aturan yang diterapkan saat Keenan berada di rumahnya ataupun di rumah Marcell, juga soal membagi waktu untuk berlibur dengan sang anak.

3. Tiga tahun berpisah, Gading Marten dan Gisella Anastasia tetap akur mengasuh putri semata wayang mereka, Gempita Nora Marten. Keduanya berkomitmen untuk selalu ada buat putri mereka. Salah satu hal yang dilakukan keduanya dalam menerapkan co-parenting adalah dengan mengajak putrinya berlibur. Bisa dikatakan berlibur menjadi salah satu cara bagi Gading dan Gisel untuk memberikan rasa utuh akan hadirnya orang tua untuk Gempi.

4. Melisa Karim mengaku sangat enjoy menjalani co-parenting bersama sang mantan suami, Ralph Tampubolon. Menurutnya, keberhasilan co-parenting yang dijalani ini dikarenakan ia dan Ralph memprioritaskan Lucius Jazz Tikvatenu Tampubolon. Selain itu, baik suaminya kini, Endru March Sukardi, dan mantan suami sangat kooperatif dan bisa diajak berkomunikasi soal pengasuhan Jazz. Hal yang tak kalah pentingnya dari co-parenting yang mereka jalani adalah selalu mencoba untuk saling memaafkan satu sama lain.

5. Usai bercerai pada 2012 silam, Tamara Bleszynski dan Mike Lewis tetap berhubungan baik dan berkomitmen untuk mengasuh putra semata wayang mereka, Kenzou Leon Bleszynski Lewis. Saat menjalani co-parenting ini, keduanya sepakat untuk tidak membatasi komunikasi dan pertemuan dengan Kenzou. Selain itu, Tamara dan Mike juga diketahui sangat concern soal pertumbuhan sang jagoan.

6. Memutuskan bercerai pada 2017 lalu, Nafa Urbach dan Zack Lee berusaha untuk menjaga hubungan baik satu sama lain demi sang putri, Mikhaela Lee Juwono. Mereka sempat terlihat pergi bersama dan berkumpul dengan Mikha. Saat ditanya soal co-parenting, Nafa mengaku selalu berkomunikasi dengan Zack soal pengasuhan dan sekolah putrinya. Namun di sisi lain, tak jarang ia memegang penuh kendali pengasuhan karena Mikha tinggal bersama Nafa.

7. Setelah bercerai pada 2020 lalu, Rachel Vennya dan Niko Al Hakim tetap kompak mengasuh anak-anak mereka, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim. Keduanya sering terlihat menghabiskan waktu bersama dengan anak-anak. Dalam sebuah wawancara, keduanya diketahui berusaha untuk selalu berkomunikasi soal bagaimana cara mendidik anak. Tak lupa mereka juga harus mengesampingkan ego dan konflik yang dimiliki demi bisa mendidik putra putri mereka dengan baik.

Tantangan tentu ada saat mempraktikkan co-parenting. Namun dengan menjaga komunikasi baik dengan mantan, saling menurunkan ego, dan menjadikan anak sebagai prioritas utama, hal itu bisa membuat co-parenting lebih mudah dan efektif. Ingat, semua demi kesejahteraan dan kebahagiaan anak! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: @sheemar_rahman, @deelestari, @gisel_la, @mellisa_karim, @kenzoulionofficial, @nafaurbach, @rachelvennya/Instagram)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle