Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bisa Dicegah, Kenali 7 Tanda Wajah Mulai Mengalami Penuaan Dini

Bisa Dicegah, Kenali 7 Tanda Wajah Mulai Mengalami Penuaan Dini

Usia boleh bertambah, tapi kecantikan dan kesehatan kulit tetap yang utama. Setuju kan, Moms? Untuk itu, penting banget untuk mengenali tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Dengan mengenali tanda-tanda tersebut, Moms bisa mengambil langkah tepat untuk mencegah atau bahkan mengatasi kerusakan tersebut.

Penuaan kulit sendiri merupakan hal yang alami, karena seiring bertambahnya usia, jaringan elastis pada kulit pun akan ikut menua. Tidak ada cara untuk menolak penuaan kulit wajah, tetapi ada banyak cara untuk mencegah penuaan dini. Karena itu, yuk kenali dan waspadai tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah! M&B punya tips mencegah penuaan dini juga agar awet muda lho, Moms.

1. Kulit kering

Seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami pun menurun. Begitu juga dengan kemampuan tubuh untuk memproduksi pembaruan sel kulit. Mengutip Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), “Kulit tidak menghasilkan faktor pelembap alami sebanyak dulu, ketika usia masih sekitar 20-30 tahun. Akibatnya lapisan kulit paling luar menjadi kering.”

Cara mencegah: Radikal bebas merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, termasuk kulit kering. Untuk mencegahnya, Perdoski menyarankan untuk bersahabat dengan antioksidan agar kulit tetap sehat.

“Beberapa antioksidan yang sangat baik untuk membantu menjaga kulit tetap sehat adalah vitamin C dan E, selenium, dan koenzim Q10 yang juga disebut CoQ10. Anda dapat menemukan antioksidan dalam semua jenis makanan yang baik, termasuk jeruk, pepaya, paprika, buah jeruk, ceri, bayam, zaitun, anggur, dan lain-lain,” tulis Perdoski di lamannya.

2. Garis halus

Mungkin ini menjadi tanda penuaan yang paling jelas terlihat ya, Moms. Garis halus dan kerutan mulai muncul karena tubuh mulai kekurangan serat elastin dan kolagen. Inilah yang menyebabkan jaringan kulit mengendur dan muncul garis halus juga kerutan.

Cara mencegah: Paparan sinar matahari langsung bisa mempercepat terbentuknya garis halus dan kerutan. untuk itu pastikan Moms menggunakan sunscreen setiap hari dengan SPF minimal 30. Jangan lupa untuk rutin menggunakan pelembap kulit wajah atau moisturizer, terapkan gaya hidup sehat, serta mengonsumsi makanan tinggi kolagen (ikan, kaldu tulang, buah-buahan sitrus, ayam, putih telur, dll).

3. Kulit kusam

Semakin tua, kulit semakin susah glowing? Sayangnya itu benar, Moms. Kulit memang jadi lebih kusam jika tidak dirawat dengan tepat. Penyebab kulit kusam cukup beragam, mulai dari paparan sinar matahari, kulit kering, hingga kurang mencukupi kebutuhan harian tubuh akan air.

Cara mencegah: Glowing alami bisa didapat dengan cara rutin olahraga, memakai sunscreen, eksfoliasi kulit, istirahat cukup, menjaga gaya hidup sehat, dan pastikan selalu menjaga kebersihan kulit. Perdoski juga menyarankan Moms untuk menggunakan turunan vitamin A, yaitu retinoid untuk merangsang pergantian sel kulit dan menjadikannya lebih cerah.

"Menambahkan retinoid topikal baik yang dijual di over-the-counter atau diresepkan oleh dokter merupakan salah satu cara baik untuk mencegah kulit mengalami penuaan dini, terutama akibat sinar matahari,” jelas dr. Diah Puspitosari, Sp.KK, dalam laman Perdoski.

4. Tekstur kulit kasar

Perubahan tekstur kulit menjadi lebih kasar juga bisa terjadi saat kulit mengalami penuaan dini. Kulit yang tadinya lembut dan halus, kini menjadi tidak rata dan kasar karena lapisan sel-sel kulit mati, tetapi proses regenerasi kulit kian melambat.

Cara mencegah: Mencukupi kebutuhan vitamin E sangat baik untuk membantu merangsang regenerasi kulit. Jangan cuma mengonsumsi makanan tinggi vitamin E (seperti brokoli, almond, sayuran hijau, telur) saja ya, Moms, konsumsi juga makanan tinggi vitamin C. Menurut Perdoski, vitamin E bekerja lebih optimal dalam mengatasi kerusakan sel kulit jika dikombinasikan dengan vitamin C, lho.

5. Warna kulit tidak merata

Warna kulit tidak merata disertai munculnya noda dan bintik-bintik di kulit sering terjadi, Moms. Ini bisa disebabkan karena ada bagian kulit yang menyimpan melanin lebih banyak daripada bagian lain. Sedangkan noda dan bintik bisa terjadi karena dipicu sinar UV dari paparan sinar matahari.

Cara mencegah: Selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Melakukan eksfoliasi kulit secara teratur juga bisa membantu mencegah masalah ini. Jangan lupa aplikasikan skincare vitamin C ya, Moms.

6. Pori-pori besar

Semakin tua, kulit semakin kehilangan elastisitasnya. Gravitasi yang menarik kulit ke bawah juga membuat pori-pori kulit membesar dan makin terlihat. Kulit kering dan jarang dibersihkan juga bikin pori-pori membesar nih, Moms.

Cara mencegah: Selalu bersihkan wajah dengan tepat dan rutin. Jangan lupa pakai pelembap dan sunscreen, juga rutin lakukan eksfoliasi wajah.

7. Kulit kendur

Kulit yang tidak kencang lagi, sepertinya paling sering terjadi saat kulit mengalami penuaan dini ya, Moms. Dehidrasi atau kurang cairan tubuh bisa menjadi penyebab utamanya. Selain itu, beberapa penyebab lainnya adalah hormon tidak seimbang, kurang istirahat, jarang olahraga, dan polusi.

Cara mencegah: Kulit kembali kenyal dan kencang bisa didapat dengan bantuan vitamin C, Moms. Coba konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan antioksidan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dan istirahat, ya! (M&B/Tiffany/SW/Foto: Valuavitaly/Freepik)