Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Hindari Efek Buruk GTM, Yuk, Coba Mi untuk Variasi MPASI Si Kecil!

Hindari Efek Buruk GTM, Yuk, Coba Mi untuk Variasi MPASI Si Kecil!

GTM! Duh, masalah yang satu ini memang sering dialami anak di masa MPASI. GTM alias gerakan tutup mulut sebaiknya segera ditangani agar tidak memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil.

Perlu diketahui, GTM bisa disebabkan banyak hal, mulai dari penerapan feeding rules yang kurang tepat hingga rasa bosan terhadap rasa maupun tekstur makanan. Namun, apa pun alasannya, periode GTM pada Si Kecil tak boleh dibiarkan terlalu lama ya, Moms.

Seperti dilansir dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), GTM atau sulit makan pada anak akan berpengaruh terhadap kecukupan asupan nutrisinya. Efek pertamanya adalah berat badan anak yang sulit naik.

Selanjutnya, kesulitan makan pada anak akan memengaruhi tinggi badan serta status gizinya. Sebagai catatan, pemeriksaan status gizi dilakukan dengan pengukuran antropometri, meliputi berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

Jika dibiarkan, pastinya gerakan tutup mulut bukan hanya memengaruhi pertumbuhan fisik Si Kecil. Perkembangan otak serta kemampuan motorik dan sensoriknya juga bakal terganggu. Selain itu, anak yang kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik akan berisiko mengalami komplikasi medis, seperti dehidrasi dan anemia.

Cegah GTM dengan variasi tekstur dan rasa

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi aksi GTM Si Kecil adalah dengan memberikan variasi menu MPASI. Biasanya, menginjak usia 1 tahun, anak sudah mulai bosan dengan menu MPASI bubur atau nasi yang dilumatkan.

Nah, tidak ada salahnya jika Moms memberikan mi sebagai menu MPASI untuk buah hati Anda. Mi merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi atau bubur.

Teksturnya yang berbeda dengan nasi atau bubur tentunya akan membuat Si Kecil antusias menyantap makanannya. Namun, jangan asal pilih mi buat Si Kecil ya, Moms.

Mi tanpa kuah pertama untuk batita

Moms disarankan untuk memilih mi khusus buat Si Kecil. Kebetulan nih, Promina punya produk baru, yaitu Promina Mi Batita Ayam Kampung.

Lezat dengan ayam kampung asli, Promina Mi Batita adalah mi tanpa kuah pertama yang diformulasikan untuk anak berusia 1 tahun ke atas. Tekstur mi halus cocok untuk eksplorasi rasa dan tekstur Si Kecil.


Promina Mi Batita juga sudah difortifikasi dengan vitamin, mineral, omega-3 dan omega-6, serta tinggi zat besi. Tak kalah penting, Promina Mi Batita dibuat tanpa MSG dan pengawet. Jadi, Promina Mi Batita bukan hanya bernutrisi, tapi juga aman untuk Si Kecil. Promina Mi Batita, mi lezat kaya nutrisi dengan ayam kampung asli yang pasti disukai Si Kecil.

Tunggu apalagi, Moms! Segera dapatkan Promina Mi Batita Ayam Kampung di Indomaret, supermaket atau e-commerce kesayangan Anda. Jangan lupa follow Instagram @bayisehatpromina agar Moms bisa tahu lebih banyak berbagai informasi seputar MPASI dan nutrisi untuk Si Kecil. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: 123RF, Promina)