Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Enggak Susah Kok, Ini Tips Menjaga Kesetiaan Antara Suami dan Istri

Enggak Susah Kok, Ini Tips Menjaga Kesetiaan Antara Suami dan Istri

Kesetiaan menjadi salah satu pondasi untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Namun, bagaimana caranya agar kesetiaan antara suami dan istri selalu terjaga?

Banyak orang mendefinisikan kesetiaan dalam sebuah hubungan dalam bentuk komitmen penuh terhadap pasangan dan tidak melakukan perselingkuhan. Padahal menurut situs Marriage.com, masih ada aspek penting lainnya dalam sebuah kesetiaan.

Menjaga kesetiaan bukan sekadar tidak berselingkuh atau mencintai orang lain, kesetiaan juga tecermin dalam ucapan dan perilaku Anda terhadap pasangan dan bagaimana Anda berbicara tentang pasangan kepada orang lain.

Nah, sesungguhnya ada beberapa cara sederhana yang bisa menunjukkan kesetiaan Anda kepada pasangan. Yuk, coba tips berikut ini, Moms dan Dads!

1. Berbicara yang baik tentang pasangan

Bukan hanya menghindari perselingkuhan, kesetiaan Anda juga ditunjukkan dari cara Anda berbicara tentang pasangan Anda kepada orang lain. Jika Anda adalah sosok yang setia, Anda tentunya bakal menghindari berbicara hal-hal buruk mengenai pasangan saat tidak sedang bersamanya. Faktanya, kebiasaan mengumbar hal buruk soal pasangan kepada orang lain bisa menjadi tanda dari awal perselingkuhan.

2. Menepati janji

Salah satu bentuk kesetiaan adalah dengan menepati janji. Misalnya, Anda berjanji kepada pasangan untuk melakukan sesuatu, maka Anda harus melakukannya sesuai perkataan tersebut. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan komitmen dan membangun kepercayaan kepada pasangan Anda.

3. Memberikan dukungan

Cara lain untuk menjaga kesetiaan adalah dengan selalu memberikan dukungan kepada pasangan, khususnya ketika pasangan Anda tengah melalui masa sulit. Anda tentu tahu bahwa menikah dengan seseorang juga berarti melewati berbagai masalah dan cobaan bersama orang tersebut.

4. Berdiskusi sebelum mengambil keputusan

Kesetiaan juga melibatkan komunikasi. Komunikasi artinya melibatkan pasangan setiap kali Anda ingin mengambil keputusan penting. Dengan begitu, Anda menunjukkan kesetiaan dengan selalu menganggap pasangan sebagai sosok yang penting dan dipercaya dalam hidup Anda.

5. Memaafkan

Memaafkan merupakan salah satu bagian penting dalam membangun kesetiaan. Setiap orang tentunya pernah berbuat salah, dan penting bagi Anda untuk bisa memaafkan kesalahan tersebut, karena jika dibiarkan berlarut hanya akan menimbulkan kekesalan dan merusak hubungan Anda. Perlu diketahui, menerima kesalahan orang lain akan membantu Anda membangun kepercayaan dan kesetiaan.

6. Sesekali menjadi sosok rapuh

Kesetiaan sangat berhubungan dengan kejujuran dan kerapuhan. Jika Anda ingin membangun rasa percaya dalam sebuah hubungan, maka Anda harus sepenuhnya jujur dan merasa rapuh. Banyak yang beranggapan bahwa menjadi sosok yang rapuh adalah tanda kelemahan. Namun, sesungguhnya dengan menjadi rapuh, Anda akan menjadi lebih kuat. Jika Anda menjadi sosok yang rapuh dan jujur, pasangan Anda akan merasa lebih nyaman dan ia akan cenderung lebih terbuka dengan Anda.

7. Menghargai perbedaan

Penting bagi Anda untuk menerima dan menghormati perbedaan dengan pasangan guna menjaga kesetiaan. Jangan terlalu mudah memberi penilaian negatif terhadap sikap atau keputusan pasangan yang tidak sejalan dengan Anda. Dengan menghargai pasangan, Anda juga akan menjaga kesetiaan dalam hubungan suami istri. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)