Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bolehkah Mengelus Perut saat Hamil? Adakah Manfaatnya?

Bolehkah Mengelus Perut saat Hamil? Adakah Manfaatnya?

Moms, siapa nih yang suka banget ngelus-ngelus perut saat hamil? Ya, memberikan sentuhan menjadi salah satu cara ibu hamil untuk bisa terhubung dengan calon buah hatinya. Enggak heran kalau kebanyakan bumil secara alami punya kebiasaan untuk menyentuh perutnya, entah itu mengelus-elus, menggosok, bahkan menepuk-nepuk halus perutnya untuk menenangkan bayi di dalam kandungan yang sedang bergerak atau menendang.

Rasa nyaman yang timbul karena serasa sedang berkomunikasi dengan bayi mungkin bisa membuat calon ibu terlalu sering mengelus perutnya. Namun di balik rasa nyaman tersebut, sebenarnya boleh enggak sih ibu hamil mengelus perutnya?

Boleh kok mengelus perut saat hamil

Mengelus perut saat hamil boleh dilakukan dan tidak membahayakan selama dilakukan dengan wajar dan dengan sentuhan yang lembut. Bukan hanya calon ibu, calon ayah juga boleh lho mengelus perut istrinya saat hamil. Hal ini bermanfaat untuk membangun kedekatan atau bonding dengan bayi sejak dalam kandungan.

Moms sempat terganggu dengan anggapan mengelus perut saat hamil bisa menyebabkan keguguran? Sebaiknya hal ini tak perlu dikhawatirkan secara berlebih, selama Anda mengelus perut dalam batas wajar. Karenanya, berusahalah untuk menjaga diri dari trauma abdomen yang justru bisa menyebabkan keguguran.

Manfaat mengelus perut saat hamil

Mengelus perut saat hamil bisa menjadi cara bersantai yang sederhana bagi bumil dan membuat mereka merasa rileks. Selain hal tersebut, ternyata masih banyak manfaat lainnya dari mengelus perut saat hamil.

Memberikan sentuhan dengan mengelus perut saat hamil ternyata bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan otak bayi sehingga perkembangan otaknya menjadi lebih sempurna serta membuatnya terlahir menjadi anak yang cerdas.

Manfaat lainnya, diyakini bayi merasakan kasih sayang sejak dalam kandungan ketika bumil mengelus perutnya. Dengan curahan rasa cinta dan kasih sayang ini, diharapkan Si Kecil bisa lahir dengan tenang nantinya.

Selain itu, bila Dads mengelus perut Moms saat hamil, hal ini ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri saat melahirkan. Dads disarankan untuk rajin memberikan stimulasi pada bayi sejak dalam kandungan dengan mengelus perut Moms yang sedang hamil.

Pijat perut juga boleh kok, Moms!

Mengelus perut saat hamil bukanlah satu-satunya cara agar bisa terhubung dengan bayi Anda. Moms bisa pula memijat perut Anda dengan lembut. Cara ini juga bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit kering dan gatal saat hamil lho, Moms.

Moms bisa manfaatkan minyak atau krim untuk memijat lembut perut Anda. Namun, jika tak yakin, Moms bisa konsultasikan terlebih dulu dengan dokter tentang cara memijat perut dan penggunaan minyak maupun krim untuk memijat perut Anda.

Saat memijat perut, mulailah dari perut bagian samping lalu mengarah ke bagian pusar. Buatlah pola O atau C saat memijat perut dengan telapak tangan Anda. Pastikan pula Moms memantau pola pernapasan Anda demi hasil pijatan yang maksimal. Ambil napas perlahan dan dalam, lalu rasakan seolah-olah Anda dan bayi Anda selaras satu sama lain. Wah, jadi makin enggak sabar kan Moms bertemu dengan bayi Anda?

Yang terpenting, entah itu mengelus atau memijat perut saat hamil, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan penuh kasih sayang ya, Moms. (M&B/Vonda Nabilla/Foto: Tirachardz/Freepik)