Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Fakta Menarik di Balik Wednesday, Serial Netflix Terbaru

10 Fakta Menarik di Balik Wednesday, Serial Netflix Terbaru

Moms yang anak 90-an pasti sudah kenal dengan karakter Wednesday Addams. Karakter dari film The Addams Family ini sudah ada sejak tahun 1964, dan kini kembali hadir sebagai karakter utama di serial persembahan Netflix berjudul Wednesday.

Serial sebanyak 8 episode ini mengisahkan pengalaman Wednesday di sekolah barunya, Nevermore Academy. Wednesday berusaha mengungkap misteri pembunuhan, sekaligus meluruskan stigma dari "masyarakat buangan" yang dicap buruk di kota tersebut.

Enggak cuma jalan ceritanya yang menarik, serial Wednesday juga punya banyak fakta menarik lho, Moms. Penasaran? Yuk, cari tahu fakta-fakta seru di balik Wednesday.

1. Beneran belajar cello

Di episode 1, Wednesday terlihat memainkan cello tengah malam di kamar Ophelia Hall, Nevermore Academy. Saat itu Wednesday memainkan lagu "Paint It Black" dari Rolling Stones. Enggak sekadar acting! Jenna Ortega, pemeran Wednesday, ternyata benar-benar belajar bermain alat musik cello demi lancar memerankan adegan ini, lho. Jenna bahkan mulai belajar sejak 2 bulan sebelum mulai shooting, ia juga mengaku ingin terus bermain cello sampai lancar banget.

2. Jenna banyak ikut kursus

Enggak cuma ikut kursus bermain cello, demi memerankan Wednesday dengan baik, Jenna juga ikut banyak jenis kursus lainnya. Karakter Wednesday tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga cerdas dalam berbagai bidang. Untuk itu Jenna ikut kursus anggar, memanah, kano, tinju, dan bahasa Jerman agar bisa tampil maksimal. Wah, benar-benar dedikasi maksimal dari seorang aktris!

3. Tidak pernah memanggil “Wednesday”

Buat yang pernah menonton film The Addams Family di tahun 1991 dan 1993, Anda pasti tahu karakter Wednesday saat itu diperankan oleh Christina Ricci. Uniknya, Christina kembali berperan di serial Wednesday, tetapi kali ini sebagai Marilyn Thornhill, seorang guru botani.

Jenna mengaku ingin ada perbedaan jelas antara Wednesday yang diperankan oleh dirinya dan Christina. Untuk itu, Jenna dan Christina sama-sama tidak pernah mengucapkan “Wednesday” di adegan yang menghadirkan mereka berdua dalam satu frame.

4. Perubahan fisik Gomez Addams

Moms mungkin bertanya-tanya, kenapa karakter Gomez Addams di serial Wednesday jadi lebih gemuk? Padahal, sebelumnya tokoh Gomez selalu digambarkan bertubuh ideal, manis, dan elegan. Ini ternyata karena Tim Burton, Movie Director, ingin penampilan Gomez lebih mirip dengan Charles Addams, kartunis dan kreator semua karakter dalam The Addams Family. Charles atau yang dikenal sebagai Chas Addams adalah pria dengan selera humor kelam bertubuh gemuk.

5. Tarian ikonik buatan Jenna Ortega

Salah satu adegan paling ikonik di serial Wednesday tentu saja saat menari di episode 4. Saat itu Wednesday menari dengan sangat aneh di acara sekolah. Jauh berbeda dengan tarian murid lain, Wednesday menari seperti zombie, robot, tetapi tetap ada sentuhan luwes seperti penari Latin. Jenna Ortega ternyata membuat sendiri koreografi untuk tarian ini, lho.

6. Banyak penontonnya

Baru seminggu tayang, serial Wednesday langsung mengalahkan serial Stranger Things di Netflix. Serial Wednesday sudah ditonton 341.000.000 jam dalam seminggu, sedangkan Stranger Things 4 hanya 335.000.000 dalam seminggu pertama penayangannya. Wah, karakter Wednesday Addams memang keren banget sih, ya!

7. Menghadirkan karakter Latin

Walau karakter ini sudah ada sejak tahun 1964, tidak ada yang pernah merepresentasikan Wednesday Addams sebagai seorang gadis Latin. Padahal, keluarga Addams adalah keluarga keturunan Latin. Nah, hadirnya Jenna Ortega menjadi pemeran pertama yang benar-benar keturunan Latin.

8. Dibantu pesulap

Karakter tangan yang bisa berjalan sendiri di film ini bernama Thing T. Thing atau biasa dipangil Thing. Karakter ini bukan animasi, melainkan selalu diperankan oleh seorang aktor sekaligus pesulap. Thing di dua film The Addams Family tahun 90-an diperankan oleh Christopher Hart. Sedangkan untuk serial Wednesday, Thing diperankan oleh Victor Dorobantu. Keduanya sama-sama pesulap lho, Moms. Mungkin, tangan pesulap dinilai lebih luwes untuk urusan acting ya, Moms?

9. Menyentil sejarah

Wednesday bisa menerawang masa lalu dan bertemu dengan Goody Addams, leluhurnya dari ratusan tahun yang lalu. Goody digambarkan sangat mirip secara fisik dengan Wednesday, hanya saja rambutnya pirang. Ternyata nama Goody bukan sembarang nama, Goody merupakan istilah yang beredar di komunitas Puritan untuk menyebut perempuan kelas bawah. Sedangkan Goodman adalah pria kelas bawah. Saat itu Goody dan Goodman memang sering dikucilkan, sama seperti kisah Goody Addams yang dikucilkan oleh masyarakat luas.

10. Ada plat nomor New Jersey?

Lokasi shooting di Romania, nama kota tempat tinggal Wednesday adalah Jericho, tetapi plat nomor mobil Gomez Addams, kok, milik New Jersey? Wah, ternyata ini bukan kelalaian tim produksi, Moms. Plat nomor sengaja dibuat New Jersey untuk memperingati kota kelahiran Charles Addams, kreator The Addams Family. Ternyata sudah dipikirkan dengan baik ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Netflix)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle