Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Arti Mimpi Telanjang, Ada Kaitannya dengan Rasa Khawatir dan Tidak Percaya Diri

5 Arti Mimpi Telanjang, Ada Kaitannya dengan Rasa Khawatir dan Tidak Percaya Diri

Jika Anda pernah terbangun dengan perasaan bingung setelah mendapati diri telanjang dalam mimpi, Anda tidak sendirian. Pasalnya, mimpi seperti itu diyakini jadi salah satu mimpi yang cukup umum dialami banyak orang, bersama dengan mimpi tersesat dan bermimpi tentang selingkuh.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa arti dari mimpi telanjang tersebut? Menurut ahli, inilah beberapa arti dari mimpi telanjang yang perlu Anda ketahui.

1. Berhubungan dengan perasaan insecure dan khawatir

Menurut Manuela Schmitten, seorang psikolog asal Jerman, “Bermimpi telanjang bisa mengarah pada perasaan tidak aman (insecure) atau khawatir akan sesuatu yang ada dalam kehidupan nyata.” Dengan kata lain, mimpi ini bisa berarti bahwa Anda merasa cemas akan sesuatu.

Jika Anda pernah (atau sering) bermimpi telanjang, cobalah untuk melihat kembali apakah ada sesuatu dalam hidup yang membuat Anda jadi merasa sangat insecure dan khawatir, misalnya perihal pekerjaan, percintaan, atau apa pun yang bisa menimbulkan kekhawatiran, karena mungkin itu merupakan alasan dari munculnya mimpi telanjang tersebut.

2. Terkait dengan perasaan malu

Sebagian besar psikolog setuju bahwa bermimpi telanjang lebih mungkin terkait dengan rasa malu tentang sesuatu yang tidak ingin diketahui orang lain. Seperti ditunjukkan dalam buku The Interpretation of Dreams, mimpi telanjang yang dialami seseorang telah dikaitkan dengan perasaan malu tentang sesuatu yang sangat ingin disembunyikan orang tersebut.

3. Melambangkan kedekatan dengan orang lain

Jika di dalam mimpi Anda tampil telanjang dengan seseorang yang Anda kenal, itu tidak serta-merta menunjukkan bahwa Anda akan memulai hubungan asmara yang penuh gairah dengan orang yang Anda kenal tersebut. Alam bawah sadar kita tidak selalu menggunakan "ketelanjangan" sebagai cara untuk melambangkan hubungan seks. Namun, Schmitten mengatakan bahwa itu mungkin saja berarti Anda dan orang di dalam mimpi Anda memiliki kedekatan yang sangat dalam di mana Anda bisa menjadi diri sendiri saat bersamanya.”

4. Anda merasa bebas dan lega

Bermimpi telanjang juga bisa menunjukkan perasaan bebas. “Mimpi seperti itu juga bisa dikaitkan dengan perasaan bebas dan kelegaan,” kata Schmitten.

Jadi, misalnya, jika baru-baru ini Anda mempublikasikan sesuatu yang sebelumnya Anda rahasiakan rapat-rapat, bermimpi telanjang bisa dikatakan sebagai efek positif langsung dari keterbukaan tentang sesuatu yang sebelumnya tidak bisa Anda ungkapkan.

Karena itu, cobalah untuk memahami emosi yang ditimbulkan oleh mimpi tersebut: apakah memalukan, atau Anda justru merasa lebih lega? “Jika Anda merasa lebih lega dan bebas, itu artinya alam bawah sadar Anda menggunakan "ketelanjangan" untuk menunjukkan perasaan bebas dan kelegaan,” jelas Inbaal Honigman, seorang pakar mimpi.

5. Anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisik Anda

Mimpi telanjang juga bisa terjadi karena Anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisik Anda. Menurut Dr. William Braun, seorang psikolog, “mimpi telanjang sering kali berhubungan dengan perasaan malu, tidak percaya diri, dan perasaan rentan yang berkaitan dengan penampilan fisik.”

Alam bawah sadar Anda mungkin menggunakan "ketelanjangan" sebagai cara untuk menunjukkan sisi malu dan tidak percaya diri tentang penampilan fisik yang ingin Anda sembunyikan dalam kehidupan nyata. Namun, jika di dalam mimpi tersebut Anda tidak merasa malu untuk tampil telanjang, itu bisa berarti kebalikannya. "Itu terkait dengan perasaan ingin dilihat, diakui, atau dikagumi," tambah Brun. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Bublikhaus/Freepik)