Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Tips Mengolah Bawang Putih agar Masakan Lebih Enak

7 Tips Mengolah Bawang Putih agar Masakan Lebih Enak

Buat Moms yang hobi masak, bawang putih tentu menjadi bumbu wajib yang selalu ada di dapur, ya. Masakan yang memakai bawang putih memang akan lebih nikmat, karena rasa dan aromanya pun meningkat. Makanan jadi semacam "next level" kalau istilah zaman now!

Bawang putih juga cocok untuk dicampurkan ke semua masakan, seperti tumisan, rebusan, panggangan, dan bahkan masak steak juga perlu bawang putih lho, Moms.

Sayangnya, mengolah makanan dengan bawang putih memang perlu ekstra cermat, karena bawang putih gampang gosong. Kalau gosong sedikit saja, bisa-bisa berubah rasa jadi pahit. Nah, agar masakan lebih nikmat, yuk ikuti tips masak pakai bawang putih berikut ini.

1. Cincang untuk rasa lebih kuat

Untuk aroma dan rasa bawang putih yang lebih kuat, Moms bisa mencincangnya terlebih dahulu. Cincang atau potong dadu kecil-kecil, kemudian masukkan 1 sendok teh cincangan bawang putih ke dalam masakan. Aromanya lebih kuat dan rasanya pun lebih menyebar.

Bawang putih cincang ini lebih cocok digunakan untuk masakan yang ditumis, seperti tumis sayuran atau daging. Mau masak nasi goreng tanpa harus mengulek bumbu? Bawang putih cincang juga cocok lho, Moms.

2. Selalu beli bawang yang segar

Semakin segar bawang putih, semakin kuat pula rasa dan aromanya. Usahakan juga untuk membeli bawang putih yang masih utuh, bukan bawang putih kating atau yang sudah lepas dari bonggolnya.

Sekarang juga banyak dijual bawang putih yang sudah dikupas. Tentu saja rasa dan aromanya sudah berkurang, ya. Selain itu, bawang putih yang sudah dikupas juga akan lebih cepat busuk. Bawang putih yang sudah dikupas mungkin lebih praktis jika ingin langsung diolah pada saat itu juga, tetapi kurang pas jika untuk disimpan.

3. Hindari api besar

Ketika menumis bawang putih atau bumbu halus yang mengandung bawang putih, sebaiknya hindari penggunaan api besar. Gunakan api kecil atau sedang saja, karena bawang putih cenderung cepat gosong. Kalau sudah gosong, rasanya tentu saja jadi lebih pahit dan merusak rasa makanan. Agar tidak terjadi, pastikan Anda memasak bawang putih dengan api kecil ke sedang saja ya, Moms.

4. Tumis sebelum api panas

Tidak mau pakai banyak bawang putih, tetapi ingin aroma bawang putih yang kuat? Caranya, tumislah bawang putih sebelum api panas. Ini semacam metode "infused-oil" yang membuat minyak jadi dipenuhi aroma dan rasa bawang putih, sehingga semua bahan yang bersentuhan dengan minyak akan diselimuti aroma dan rasa bawang putih juga. Ada sensasi gurih di setiap bahan makanan, tanpa harus pakai banyak bawang putih.

5. Diamkan dulu selama 10 menit

Bawang putih memiliki allicin, senyawa yang berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Nah, senyawa ini harus terkena oksigen dulu untuk bisa aktif. Maka, setelah dikupas dan dirajang, sebaiknya bawang putih didiamkan dulu selama kurang lebih 10 menit, baru kemudian dimasak. Didiamkan sejenak tidak akan mengurangi aroma dan rasa bawang putih kok, Moms.

6. Lebih baik dihaluskan

Alasan lebih praktis dan estetik, umumnya bawang putih diolah dengan cara dirajang, dicincang, atau dipotong dadu. Ini boleh-boleh saja dilakukan, namun jika ingin mendapatkan semua manfaat bawang putih, maka cara terbaiknya adalah dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Semakin rusak dinding sel bawang putih, maka semakin keluar dan aktif pula senyawa-senyawa yang baik untuk kesehatan Anda. Semakin halus bawang putih, semakin cepat pula bereaksi dengan oksigen, sehingga tak perlu menunggu 10 menit lagi untuk mendapat khasiatnya. Selain itu, bawang putih halus juga lebih mudah diaduk merata di dalam masakan kan, Moms?

7. Cincang atau geprek?

Mencincang bawang putih memang cara yang paling digemari, karena mudah dan memberikan tekstur unik pada masakan. Sayangnya, mencincang bawang putih sering kali merepotkan, karena harus dipotong vertikal dulu, baru dipotong horizontal agar hasil potongannya tercincang dengan baik.

Jika Moms ingin mencincang dengan mudah, coba geprek dulu bawang putihnya, deh. Digeprek membuat bawang putih lebih gepeng dan berserat, sehingga lebih mudah untuk dicincang kecil-kecil. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Jcomp/Freepik)