Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Deretan Film dan Serial Ikonik Adaptasi Karya Roald Dahl

Deretan Film dan Serial Ikonik Adaptasi Karya Roald Dahl

Ada begitu banyak penulis cerita anak legendaris di dunia, salah satunya Roald Dahl. Moms mungkin sudah tak asing dengan berbagai karya tulisannya, seperti Matilda dan Fantastic Mr. Fox. Cerita-cerita Roald Dahl terkenal akan unsur komedi yang gelap, imajinasi yang liar, serta pesan hangat yang bisa dipelajari anak-anak.

Kini, banyak karya tulisnya yang diadaptasi ke layar perak. Berbagai film dan serial adaptasinya pun tetap sarat akan pesan dan menyenangkan untuk ditonton bersama Si Kecil. M&B sudah merangkum beberapa film dan serial ikonik yang diadaptasi dari cerita Roald Dahl. Let’s venture the fun below!

Fantastic Mr. Fox (2009)

Dibuat dengan teknik stop-motion, film yang disutradari Wes Anderson ini dibintangi oleh George Clooney, Meryl Streep, dan Willem Dafoe sebagai pengisi suara berbagai karakternya. Fantastic Mr. Fox menceritakan Mr. Fox, rubah penuh insting yang mencuri dan menipu para petani untuk mencari nafkah. Nahas, ketiga petani tersebut berusaha membunuh Mr. Fox dan keluarganya untuk membalas dendam. Bagaimana Mr. Fox menyelamatkan diri dan keluarganya? Temukan jawabannya di film ini, Moms!

Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971)

Berupa film musikal, Willy Wonka & the Chocolate Factory menceritakan tentang seorang anak miskin yang beruntung untuk bisa masuk ke dalam pabrik cokelat terkenal milik Willy Wonka. Film yang memenangkan Oscar untuk penghargaan Musik Original Terbaik ini adalah kisah klasik Roald Dahl yang sayang jika dilewatkan.

Matilda (1996)

Film ini menceritakan tentang Matilda Wormwood (Mara Wilson), seorang gadis kecil berbakat dengan orang tua yang kasar yang tinggal dan belajar di sekolah asrama. Sayangnya, kepala sekolah di sekolah tersebut adalah seseorang yang jahat dan gemar merundung murid-muridnya. Setelah sadar akan kemampuan telekinesis yang dimilikinya, Matilda bertekad untuk menyelamatkan teman-temannya dari sang kepala sekolah dan dirinya sendiri dari kedua orang tuanya.

The Witches (1990 & 2020)

Meskipun diadaptasi dari kisah Roald Dahl yang sama, The Witches keluaran tahun 1990 dan 2020 memiliki perbedaan mencolok. Sementara The Witches tahun 1990 mengambil latar Inggris di tahun 90-an, The Witches tahun 2020 berlatarkan Alabama (Amerika Serikat) di tahun 60-an. Di samping itu, kedua film tetap menceritakan tentang seorang anak dan neneknya yang sedang menginap di sebuah hotel, yang ternyata adalah sarang penyihir jahat pemburu anak-anak. Terrifyingly fun!

The BFG (2016)

Disutradarai oleh Steven Spielberg, The BFG menceritakan tentang Sophie (Ruby Barnhill), gadis pemberani berusia 10 tahun, yang menemukan petualangan tak terlupakan setelah menjalin persahabatan dengan Big Friendly Giant (Mark Rylance). Sayangnya, ada beberapa raksasa jahat yang ingin menghancurkannya. Lalu, bagaimana Sophie dan BFG menyelamatkan dunia dari para raksasa jahat? Tonton film ini sampai selesai ya, Moms!

Charlie and the Chocolate Factory (2005)

Lagi-lagi digarap sebagai film musikal, adaptasi Roald Dahl tentang petualangan Charlie Bucket (Freddie Highmore) di pabrik cokelat yang magis milik Willy Wonka (Johnny Depp) ini tetap sayang jika dilewatkan. Kali ini, kisah Charlie digarap oleh Tim Burton sebagai sutradaranya. Hadir dengan suasana yang lebih gotik dan ikonik, Charlie and the Chocolate Factory wajib masuk ke dalam daftar tonton Anda dan Si Kecil, Moms!

Matilda the Musical (2022)

Ini dia adaptasi terbaru dari kisah gadis pemberani gubahan Roald Dahl. Berupa film musikal, Matilda the Musical menceritakan tentang Matilda (Alisha Weir) yang tinggal bersama kakak laki-laki dan orang tua yang kejam terhadapnya. Ia kemudian pindah sekolah, di mana ia bertemu dengan kepala sekolah yang jahat dan gemar menyiksa murid-muridnya. Dengan kekuatan telekinesis dan guru yang baik, Matilda berjuang untuk melindungi teman-temannya. Uber cool!

James and the Giant Peach (1996)

Film ini menceritakan petualangan James (Paul Terry), seorang anak laki-laki yatim piatu asal Inggris. Terpaksa hidup bersama tante-tantenya yang kejam, James menemukan jalan keluar dari hidupnya yang malang ketika ia menemukan buah persik ajaib. Ia pun bertualang ke New York bersama teman-teman barunya, yakni para serangga, dengan mengendarai buah persik raksasa. Menarik banget ya, Moms!

Chitty Chitty Bang Bang (1968)

Film klasik ini menceritakan tentang petualangan kakak beradik, Jeremy dan Jemima, bersama ayah mereka yang menduda, Caractacus Potts, dan pacarnya yang cantik, Truly Scruptious. Mengendarai mobil terbang ajaib bernama Chitty Chitty Bang Bang, mereka berusaha mengalahkan Baron Bomburst, penjahat kejam dan bengis. Wah, jangan sampai terlewatkan nih, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Netflix)