Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pakcoy Saus Tiram: Intip Resep Menu Sehat Paling Enak!

Pakcoy Saus Tiram: Intip Resep Menu Sehat Paling Enak!

Moms, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pakcoy, kan? Sayuran yang satu ini memang cukup populer dan sangat digemari karena punya rasa yang lezat. Sekilas, pakcoy memang mirip dengan sawi. Namun, kedua sayuran ini sangat berbeda lho, Moms.

Dilihat dari bentuk daunnya, sawi memiliki daun yang lebih rapat, sedangkan pakcoy daunnya relatif lebar. Sementara dilihat dari batangnya, pakcoy mempunyai tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan sawi. Itulah sebabnya pakcoy membutuhkan waktu masak yang lebih lama daripada sawi.

Satu lagi perbedaan jelas antara pakcoy dan sawi adalah dari segi ukurannya. Sawi biasanya berukuran lebih panjang dan memiliki bentuk yang tegap, sedangkan pakcoy memiliki ukuran yang lebih pendek dengan bentuk mirip seperti sendok yang melengkung.

Di samping perbedaannya, baik sawi maupun pakcoy, keduanya sama-sama memberikan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Secara spesifik, pakcoy mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, mineral, antioksidan, dan sejumlah vitamin seperti A, C, K dan B6. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit mata, menghindari dari penyakit tulang dan gigi, serta menurunkan risiko penyakit kanker.

Anda bisa mengonsumi pakcoy secara langsung sebagai sayuran segar ataupun diolah menjadi menu masakan yang lezat. Salah satunya adalah pakcoy saus tiram. Ingin menghidangkan masakan ini untuk keluarga, Moms? Yuk, lihat resep untuk membuatnya berikut ini.

Resep pakcoy saus tiram dengan bawang putih

Bahan:

  • Pakcoy sesuai selera
  • 7 siung bawang putih yang sudah digoreng
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt tepung maizena (optional)
  • 1 sdm kecap ikan
  • 3 sdm minyak goreng
  • 500 ml air

Cara membuat:

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Cuci pakcoy hingga bersih, lalu tiriskan.

2. Rebus air sampai mendidih. Jika sudah, masukkan pakcoy dan masak sampai matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

3. Siapkan wajan antilengket untuk menumis.

4. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan, kemudian masukkan bahan lainnya seperti saus tiram, kecap manis, lada, kecap ikan, dan gula pasir. Tuangkan tepung maizena yang sudah diencerkan agar saus pakcoy bisa lebih mengental. Jika Anda tidak ingin saus kental, lewati penggunaan tepung maizena.

5. Siapkan pakcoy yang sudah direbus di atas piring saji, lalu tuangkan saus yang sudah dimasak.

6. Taburi potongan bawang putih yang sudah digoreng dan potongan cabai merah di atasnya sebagai pelengkap rasa dan garnish.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Saus Tiram Instan Siap Masak yang Enak dan Praktis

Nah, itulah resep mudah pakcoy saus tiram yang bisa Moms buat di rumah sebagai menu makanan lezat untuk keluarga Anda. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Calvin/SW/ZA/Foto: Angela Roma/Pexels)