Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan Korea yang Bisa Moms Buat Sendiri di Rumah

Makanan Korea yang Bisa Moms Buat Sendiri di Rumah

Korea Selatan bukan hanya terkenal karena industri hiburannya yang berhasil menarik perhatian dunia, tetapi juga karena berbagai makanan khasnya yang lezat.

Untuk menikmati makanan khas Korea, Anda enggak perlu jauh-jauh pergi ke sana Moms, karena sekarang sudah ada banyak restoran atau tempat makan yang menjual makanan khas Negeri Ginseng ini.

Namun, daripada membelinya di luar, Anda juga bisa lho, mencoba membuat berbagai makanan khas Korea tersebut sendiri di rumah! Mau tahu masakan Korea apa saja yang bisa Anda bikin sendiri di rumah? Yuk, lihat di bawah ini!

1. Kimchi

Siapa yang tidak tahu makanan khas Korea yang satu ini. Kimchi merupakan makanan pendamping di setiap masakan korea. Walaupun proses pembuatannya cukup lama, karena harus difermentasi terlebih dahulu, tapi bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah didapat. Untuk membuat Kimchi, Moms hanya membutuhkan sawi putih, bawang putih, bawang bombay, ikan asin, bubuk cabai, kecap ikan, dan jahe. Sedangkan untuk waktu fermentasinya sekitar satu minggu.

2. Bibimbap


Makanan khas Korea yang satu ini cukup populer di Indonesia. Pasalnya cara pembuatan dan bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah. Bibimbap sendiri merupakan nasi yang dilengkapi dengan berbagai topping dan diberi saus gochujang lalu dicampur menjadi satu. Bibimpap termasuk makanan sehat dan bernutrisi, karena punya banyak sayur, protein, dan karbohidrat di dalamnya.

Untuk sayurnya, Moms bisa gunakan wortel, lobak, mentimun, bayam, jamur, tauge, dan sawi. Sedangkan untuk proteinnya, Anda bisa menggunakan telur, daging ayam, dan daging sapi. Semua topping tersebut disusun di atas nasi secara melingkar, lalu tambahkan saus gochujang di atasnya. Setelah itu aduk semua bahan hingga tercampur rata.

3. Kimbap

Kimbap merupakan makanan khas Korea yang sangat praktis, karena cara pembuatannya yang cukup mudah dan bahannya gampang didapat. Cukup siapkan bahan-bahan seperti nori, mentimun, wortel, bayam, lobak kuning, telur dadar, minyak wijen, dan nasi. Makanan Korea ini cukup banyak diminati dan cocok untuk dijadikan bekal sekolah Si Kecil lho, Moms.

4. Bulgogi

Makanan Korea selanjutnya yang bisa Moms buat sendiri di rumah adalah bulgogi. Bulgogi ini mirip dengan beef teriyaki. Keduanya sama-sama menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Bahan lainnya yang Moms butuhkan adalah bawang putih, kecap asin, minyak wijen, madu, lada hitam dan kaldu bubuk. Bulgogi jadi salah satu makanan Korea yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

5. Miyeok guk

Miyeok guk atau sup rumput laut merupakan salah satu hidangan yang disajikan saat perayaan ulang tahun. Sesuai namanya, bahan utama dari makanan ini adalah rumput laut yang dilengkapi dengan minyak wijen, kecap asin, bawang putih, dan daging sapi. Selain rasanya yang lezat, Miyeok guk juga bisa menghangatkan badan dan dipercaya mampu menjaga stamina tubuh tetap sehat.

6. Japchae

Kalau di Indonesia ada bihun, di Korea ada yang namanya japchae. Sekilas memang terlihat mirip ya, tapi sebenarnya mie japchae terbuat dari ubi jalar. Untuk bahan pelengkap lainnya, Moms bisa tambahkan daging sapi, jamur, telur, madu, bawang bombay, wortel, bayam, paprika, dan minyak wijen. Japchae biasanya disajikan sebagai banchan alias makanan pendamping.

7. Gyeran jim

Makanan terakhir ini merupakan makanan termudah yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Pasalnya, Anda hanya butuh telur, kaldu ayam, kecap asin, lada bubuk, dan daun bawang. Cara pembuatannya pun gampang, campurkan semua bahan lalu dikukus. Gyeran jim ini cocok sekali untuk sarapan, saat sakit, dan juga menu bekal anak.

Nah, itulah makanan-makanan Korea yang bisa Moms coba buat di rumah. Sekarang Anda enggak perlu repot-repot datang ke resto Korea untuk menikmati makanan khasnya. Dengan bahan-bahan sederhana Moms juga bisa bikin langsung di rumah! (M&B/Thalita Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)