Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Tahun Angkat Budaya Minang, RiaMiranda Gelar Minang Dekade di PIM 2

10 Tahun Angkat Budaya Minang, RiaMiranda Gelar Minang Dekade di PIM 2

Inspirasinya tradisional, tapi hasilnya tetap keren dan modern. Itulah yang ada di pikiran kita saat melihat karya fashion Ria Miranda, fashion designer dan juga creative director brand RiaMiranda. Mom Ria yang berdarah Minang ini sudah 13 tahun berkecimpung di dunia fashion, dan tak terasa sudah 10 tahun menghadirkan koleksi Minang Heritage.

Nah, dalam rangka merayakan 10 tahun koleksi Minang Heritage, Ria Miranda mempersembahkan sebuah mini exhibition bertajuk Minang Dekade yang diadakan pada 13-19 Februari 2023 di atrium Pondok Indah Mall (PIM) 2.

Ada apa saja sih di mini exhibition Minang Dekade ini? Apa saja yang jadi inspirasi Mom Ria saat menghadirkan koleksi Minang Heritage? Semua terangkum lengkap di sini, simak yuk, Moms!

Exhibition Minang Dekade: Legacy onward

Moms pasti sudah enggak asing lagi dengan brand RiaMiranda yang sudah punya lebih dari 30 cabang di berbagai kota (bahkan ada juga yang di Johor Bahru, Malaysia, lho). Nah, setelah 13 tahun berkarya dan 10 tahun menghadirkan koleksi Minang Heritage, Ria Miranda merayakannya dengan "membawa" Rumah Gadang ke PIM 2.

Yup, ini adalah mini exhibition Minang Dekade yang terinspirasi dari Rumah Gadang untuk menghadirkan kembali spirit of Minang yang dengan konsisten telah hadir di berbagai koleksi RiaMiranda sejak tahun 2012.

Berawal dari inspirasi songket milik ibunya, Ria memulai mengeksplorasi karyanya yang pada akhirnya diwujudkan pada exhibition tersebut. Ini juga dipersembahkan sebagai bentuk rasa syukur dan tanda kasih untuk keluarga dan komunitas setia yang telah mendukung perjalanan brand RiaMiranda sampai sejauh ini.

Di mini exhibition ini Moms bisa melihat beragam motif Minang-inspired yang telah dihasilkan Ria untuk koleksi Minang Heritage dari tahun ke tahun. Ditampilkan juga hal-hal yang menginspirasi pembuatannya, seperti rempah khas Minang, nasi Kapau, alat musik Telompong dan Saluang Minang, sampai ukiran kayu pada Rumah Gadang yang menginspirasi motif Minang Heritage 2023.

“Terinspirasi dari detail ukiran kayu Rumah Gadang pada saat kunjungan ke Museum Adityawarman di Padang. Ukiran itu memiliki konsep seperti peribahasa ‘Alam takambang jadi guru’ yang bermakna segala sesuatu yang tersaji di semesta merupakan anugerah dari sang Pencipta. Harapan saya momen ini memberi semangat untuk konsisten memperkenalkan ragam budaya Sumatera Barat melalui kampanye Minang Heritage,” ujar Ria.

Kenapa memilih Rumah Gadang? Saat ditemui M&B, Ria menerangkan, Rumah Gadang punya arti istimewa untuk orang Minang. Warna merah dan kuning melambangkan rasa kekeluargaan dan hangatnya kebersamaan. "Dengan kerja sama masyarakat dan komunitas, maka industri Minang akan makin maju. Budaya kita juga akan hidup terus, dan mengharumkan nama bangsa kita sampai ke luar negeri," jelasnya.

Selain memamerkan sumber inspirasi dan koleksi terbaru RiaMiranda, rangkaian acara di exhibition Minang Dekade juga punya banyak aktivitas seru, seperti Workshop by Ngebenang, Workshop by Rumah Atsiri, Beauty Demo by Somethinc dan Styling Session with Sarah Sofyan, juga Creating Creative Content with Hijabers Community and Fashion Show.

Minang Heritage 2023

"Karya-karya saya selalu lekat dengan budaya Minang. Sebab Minang dengan keelokan budaya dan tradisinya selalu punya cerita. Bahkan ukiran pada Rumah Gadang pun punya makna yang menginspirasi koleksi saya tahun ini," kata Ria Miranda, creative director dari brand RiaMiranda.

Di tahun 2023, Koleksi Minang akan hadir dengan konsep yang berbeda dari 9 tahun sebelumnya. Koleksi yang menandakan perjalanan 10 tahun brand RiaMiranda ini dirangkum dalam ukiran Rumah Gadang, dengan detail ukiran kayu yang melingkar pada dindingnya, seperti Daun Puluik-Puluik, Tupai Managun, Caraso Kanso, Singo Mandongkak Jo Takuak Kacang Goreang, Siriah Gadang, dan Bunga Panca Matahari Jo Rantak Malam.

Selain mengangkat pattern dari objek yang berbeda, koleksi Minang tahun ini juga berbeda dari segi cutting, proporsi, dan tone color. Ukiran yang diambil dari Rumah Gadang memiliki gaya tradisional yang dibuat kembali oleh RiaMiranda Team menjadi lebih modern.

Koleksi terbaru RiaMiranda menampilkan siluet A-Line, detail pleats, embroidery, payet, dan printed fabric. Permainan warna earth tone pun melengkapi karya yang akan hadir dalam koleksi RiaMiranda Reguler dan Signature.

“Motif Minang Heritage nyatanya telah menjadi identitas brand RiaMiranda. Inisiasi perayaan 10 tahun ini menandakan inovasi dan eksplorasi warisan budaya Minang tidak akan habis selain tenun Songket. Nama dan motif Minang Heritage juga telah terdaftar oleh HKI (Hak Kekayaan Intelektual) sebagai bentuk keseriusan kami sehingga dapat diteruskan dengan ragam inspirasi yang semakin kaya dan sarat akan makna kebaikan,” ungkap Yaya Wulandari, chief commercial officer dari brand RiaMiranda. 

Enggak sabar mau memiliki koleksi-koleksi terbaru RiaMiranda? Silakan langsung klik RiaMiranda.com atau cek Instagram @riamiranda ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. RiaMiranda)