Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Fakta Menarik Film Korea Unlocked, saat Ponsel Berubah Menjadi Sebuah Ancaman

Fakta Menarik Film Korea Unlocked, saat Ponsel Berubah Menjadi Sebuah Ancaman

Baru-baru ini film Korea Unlocked menarik perhatian banyak penonton mulai dari awal perilisannya. Banyak orang yang mengatakan kalau ceritanya sangat related dengan kehidupan sehari-hari.

Film yang dirilis pada 17 Februari ini disutradarai oleh Kim Tae Joon, di mana ini adalah film pertamanya sebagai sutradara. Meski begitu, bisa dikatakan kalau film ini sukses membuat siapa saja yang menonton khawatir kalau ponselnya diretas. Penasaran enggak sih Moms, apa saja fakta menarik dari film Unlocked ini? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Ceritanya yang menegangkan

Ceritanya berawal dari kehidupan Lee Na Mi, yaitu seorang karyawan di sebuah perusahaan startup yang menjual minuman jeli. Sehari-hari ia menghabiskan banyak hal dengan ponselnya. Suatu malam ia mabuk bersama rekan kerjanya dan tidak sengaja menjatuhkan ponselnya di bus. Na Mi tidak menyadari jika ponselnya hilang. Bahkan yang menyadari ponselnya hilang terlebih dahulu adalah sahabatnya, Jeong Eun Joo, keesokan paginya.

Sayangnya, ponsel tersebut ditemukan oleh pria bernama Oh Jun Yeong, yang merupakan seorang stalker dan psikopat. Bukannya langsung mengembalikan ponsel tersebut, Jun Yeong malah merusaknya sebagai dalih untuk memasang spyware dan meletakkan video peretas di dalamnya. Sejak itulah hidup Na Mi dipantau dan berubah menjadi sebuah ancaman.

Dalam waktu singkat, Jun Yeong sudah mengetahui semua tentang Na Mi dan menghancurkan hidup Na Mi secara perlahan, mulai dari membuat Na Mi dipecat dari perusahaan, mencurigai sahabatnya, hingga melawan ayahnya.

Cerita ini juga sedikit menyinggung peran detektif bernama Woo Ji Man. Sejak awal ia menduga kalau pelaku dari kasus pembunuhan berantai ini adalah anaknya sendiri, Woo Jun Yeong. Namun, nyatanya, sang detektif harus mengetahui bahwa anaknya adalah korban pertama Oh Jun Yeong.

2. Diadaptasi dari novel Jepang

Film ini diadaptasi dari novel Jepang yang berjudul Sumaho O Otoshita Dake yang dirilis pada 2017, lalu tayang dalam film Jepang berjudul Stolen Identity yang tayang pada 2018 dan Stolen Identity 2 pada 2020. Meskipun diadaptasi dari novel, ada beberapa perbedaan dari segi ceritanya, seperti nama-nama tokoh yang diganti, tagihan kartu kredit, hingga munculnya pembunuh berantai.

3. Diperankan oleh aktor dan aktris berpengalaman

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris berpengalaman yang memang aktingnya sudah tidak diragukan lagi, seperti Chun Woo Hee yang berperan sebagai Lee Na Mi, seorang karyawan startup yang ponselnya diretas; Yim Si Wan yang berperan sebagai Oh Jun Yeong, pria stalker dan juga psikopat; Kim Hee Won yang berperan sebagai Woo Ji Man, detektif sekaligus ayah dari Woo Jun Yeong (korban pertama Oh Jun Yeong). Ada juga Kim Ye Won yang berperan sebagai Jeong Eun Joo, sahabat dari Lee Na Mi, dan Park Ho San sebagai Lee Seung Woo, ayah Lee Na Mi.

4. Banyak pesan yang bisa diambil

Tak hanya keseruan jalan ceritanya, film ini juga memiliki beberapa pesan yang bisa kita ambil, terutama untuk Moms yang memiliki anak praremaja yang sudah punya ponsel sendiri.

Pesan utama yang paling menonjol dari film ini adalah simpan barang pribadi di tempat yang aman. Ke mana pun kita pergi, selalu waspada terhadap kejahatan dan usahakan untuk menaruh barang-barang berharga di tempat yang aman.

Moms juga bisa mengingatkan anak untuk tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal. Kemudian, ajarkan anak untuk tetap tenang di segala situasi. Terkadang kita memang harus tenang dalam menghadapi suatu masalah. Jika kita menyelesaikan masalah dengan emosi, terburu-buru, dan tidak berpikir panjang, maka penyelesaiannya akan tidak maksimal. 

Terakhir, ajarkan anak bagaimana melindungi diri sendiri, entah itu dengan belajar bela diri atau membawa alat perlindungan seperti semprotan merica atau laser.

Yup, itu dia beberapa fakta menarik dari film Unlocked. Film ini jadi tontonan nomor satu di Netflix Korea Selatan dan masuk dalam top 10 di beberapa negara lain, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Ceritanya yang realistis dan banyaknya pesan yang bisa dipetik membuat film ini disukai banyak orang. Belum sempat nonton film ini, Moms? Buruan tonton, ya! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Mydramalist.com @dojemi10)