Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Camilan Enak dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil 7 Bulan

10 Camilan Enak dan Menyehatkan untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Rasa lapar bisa datang kapan saja. Hal ini juga dialami ibu hamil. Sebagai solusinya, bumil bisa makan camilan untuk mengenyangkan perut Anda sementara waktu.

Namun, untuk ibu hamil 7 bulan, Anda perlu lebih selektif dalam memilih makanan, tak terkecuali dengan camilan yang ingin Anda nikmati. Camilan tersebut setidaknya juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan janin. Nah, berikut ini 10 camilan yang tak hanya enak tapi juga menyehatkan untuk bumil 7 bulan dan bisa membantu mengoptimalkan perkembangan janin.

1. Kurma

Kurma jadi salah satu buah yang cocok dijadikan camilan untuk bumil. Di balik rasanya yang manis, terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda selama hamil, seperti zinc, kalium, kalsium, berbagai vitamin, dan serat. Kurma juga mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme sehingga Moms tidak mudah sakit selama hamil.

2. Ubi jalar

Dalam 100 gram ubi jalar terkandung nutrisi seperti vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan juga perkembangan indra penglihatan janin. Ubi jalar juga mengandung vitamin B6 atau pyridoxine yang berperan penting untuk pembentukan otak dan sistem saraf janin, vitamin C yang mampu memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, dan serat yang akan menjaga kesehatan pencernaan bumil.

3. Jeruk

Buah berwarna oranye ini memiliki kandungan air hingga 90 persen, yang tentu bisa membantu mengatasi masalah dehidrasi selama kehamilan. Jeruk juga diketahui tinggi akan kandungan vitamin C yang akan menjaga kesehatan kulit bumil. Selain itu, buah ini juga mengandung asam folat dan vitamin B6 yang membantu perkembangan otak janin selama di dalam kandungan.

4. Yoghurt rendah lemak

Pada dasarnya, yoghurt adalah makanan sehat yang aman dikonsumsi bumil. Salah satu kandungannya adalah probiotik yang bisa menjaga pencernaan Anda tetap sehat. Terdapat juga vitamin D yang dibutuhkan bumil untuk menyerap kalsium sehingga mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada janin dan menjaga kekuatan tulang bumil. Agar lebih sehat dan pertambahan berat badan tetap stabil, Moms sebaiknya pilih yoghurt yang rendah lemak dan tidak mengandung pemanis atau gula tambahan.

5. Pisang

Pisang bisa dijadikan sebagai salah satu camilan untuk bumil karena mudah didapat dan bisa dikonsumsi setiap hari. Selain mengenyangkan, pisang kaya akan zat besi yang akan membantu melawan anemia. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga mampu meredakan morning sickness, sehingga Moms tidak mudah mual selama kehamilan. Asam folat dalam pisang juga membantu pertumbuhan janin lebih optimal, sehingga terhindar dari cacat bawaan dan lahir prematur.

6. Ara

Buah ara atau dikenal juga dengan buah tin ternyata bagus untuk bumil, lho. Salah satunya kandungannya adalah kalsium yang bisa menjaga kekuatan tulang untuk bumil dan pertumbuhan tulang janin optimal. Selain itu, ara juga kaya serat dan bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, yang umum dialami bumil.

7. Tomat

Tomat merupakan buah yang menyegarkan dan menyehatkan untuk dikonsumsi bumil. dalam 100 gram tomat matang terkandung protein, serat, vitamin C, vitamin K, folat, kalsium, dan fosfor. Berbagai kandungan ini akan memberikan manfaat pada bumil, seperti meningkatkan imunitas, mengurangi risiko pendarahan, dan melawan radikal bebas. Tomat juga mengandung potasium tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan aliran darah agar semakin lancar dan menyehatkan jantung. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengurangi risiko preeklampsia.

8. Keju

Keju kaya akan mineral, seperti fosfor, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan bumil. Keju tinggi kalsium yang mampu menurunkan risiko pengeroposan tulang pada bumil maupun bayi saat lahir dan tumbuh nantinya. Buat bumil yang perlu menambah berat badan agar ideal saat hamil, lemak baik pada keju juga bisa membantu, karena keju mengandung kadar lemak 12-40 persen.

9. Almond

Berbagai jenis kacang-kacangan juga baik dikonsumsi bumil, contohnya almond dengan kandungan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh Anda selama hamil. Dengan rasanya yang gurih, almond ternyata juga memiliki lemak tak jenuh yang akan menurunkan risiko penyakit kolesterol dan penyakit jantung di masa kehamilan.

10. Seledri

Sayuran seledri ternyata juga enak untuk dijadikan camilan, terutama di bagian batangnya yang renyah saat dikonsumsi. Seledri merupakan sumber kalium dan natrium yang bisa menyeimbangkan cairan tubuh bumil. Kalsium pada seledri juga mampu menenangkan sistem saraf sehingga Anda bisa tetap merasa rileks dan otot-otot tidak menegang yang bisa memicu munculnya kontraksi.

Jadi, apa camilan favorit Moms saat hamil? Jika perlu, konsultasikan juga dengan dokter jenis makanan yang Anda konsumsi agar lebih aman untuk kesehatan Anda serta janin dalam kandungan, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Drobotdean/Freepik)