Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Penyebab Penuaan Dini pada Kulit dan Cara Mencegahnya

6 Penyebab Penuaan Dini pada Kulit dan Cara Mencegahnya

Secara alami, semua orang pasti akan mengalami penuaan. Faktanya, kemampuan tubuh untuk melakukan pergantian sel-sel kulit jadi melambat seiring bertambahnya usia. Inilah yang bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus.

Namun, ada beberapa hal yang ternyata bisa mempercepat penuaan atau dikenal dengan istilah penuaan dini. Tentunya ini akan membuat Anda terlihat lebih tua daripada usia Anda sebenarnya.

Apa saja penyebab penuaan dini? Inilah beberapa faktor penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

1. Paparan sinar matahari

Meskipun mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh, tapi sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology telah membuktikan bahwa paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih jadi penyebab utama penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus, dan age spots.

Paparan sinar ultraviolet bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kolagen dan mengurangi elastisitas kulit, yang membuat kulit tampak lebih menua daripada usia aslinya. Bahkan, paparan sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk alasan itu, jangan lewatkan penggunaan sunscreen setiap hari, dan re-apply sunscreen setiap beberapa jam sekali atau setelah melakukan aktivitas berkeringat dan basah.

Satu lagi, jangan lupakan juga penggunaan pelembap atau produk perawatan kulit lainnya yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Sebagaimana diketahui, kulit yang lembap mampu mendorong regenerasi sel kulit, sehingga kulit tampak awet muda dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

2. Memiliki kualitas tidur yang buruk

Kualitas tidur yang buruk telah sering dikaitkan dengan banyak masalah kulit (dan kesehatan tubuh). Sebuah studi kecil dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology membuktikan bahwa kualitas tidur yang buruk ada kaitannya dengan peningkatan tanda-tanda penuaan dini dan penurunan fungsi skin barrier.

“Selama tidur, kulit mengalami proses regenerasi sel untuk memperbaiki sel-sel kulit,” kata Jeannette Graf, MD, asisten profesor klinis dermatologi di New York City. Jadi, kurang tidur akan menyebabkan proses regenerasi kulit terhambat dan justru meningkatkan tanda-tanda penuaan dini. Karena itu, penting untuk bisa memiliki kualitas tidur yang baik untuk mencegah penuaan dini, Moms.

3. Stres

“Stres bisa memengaruhi setiap bagian tubuh, tidak terkecuali dengan kulit,” kata Dr. Paul Jarrod Frank, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.

Menurut ulasan dalam The American Journal of Geriatric Psychiatry, saat stres, tubuh akan memompa kortisol, hormon stres. Kehadiran kortisol bisa memblokir dua zat penting yang membuat kulit lebih kencang, tampak muda, dan bercahaya, hyaluronan synthase dan kolagen. Itulah sebabnya, stres kronis bisa mempercepat proses penuaan dini.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres, seperti rutin berolahraga, mempraktikkan teknik relaksasi, atau minta bantuan dari profesional.

4. Polutan lingkungan

Berdasarkan studi dalam Dermato Endocrinology Journal, munculnya bintik-bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan juga bisa dipicu oleh polutan lingkungan yang berbahaya.

Polutan lingkungan yang berbahaya tidak hanya menyebabkan kulit terpapar di permukaan, tapi juga bisa masuk ke lapisan epidermis kulit yang lebih dalam. Inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini dan peradangan atau kondisi kulit alergi seperti dermatitis atopik, eksim, psoriasis, jerawat, dan bahkan kanker kulit.

5. Sering mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat

Sering mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti junk food dan fast food, bisa menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Bukan tanpa alasan, kandungan lemak tidak sehat yang terdapat dalam junk food dan fast food bisa melemahkan aliran darah ke kulit, sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit jadi lebih cepat menua.

Sementara itu, alkohol dan soda merupakan dua jenis minuman yang terbukti sangat tidak baik untuk kulit. Penelitian yang ada dalam Dermato Endocrinology Journal menunjukkan bahwa kadar gula yang tinggi dalam kedua minuman ini bisa membuat kulit mengalami dehidrasi, merusak kolagen kulit, dan menurunkan kadar vitamin A, sehingga menyebabkan kulit tampak kering, kusam, bersisik, dan juga memicu munculnya tanda-tanda penuaan.

Diambil dari American Academy of Dermatology, temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran segar bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

6. Asap rokok

Asap rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun yang bisa merusak sel-sel kulit Anda dan menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit. Racun dalam asap rokok akan membuat kulit Anda mengalami stres oksidatif yang bisa merusak kolagen dan serat elastis di kulit Anda, sehingga mengurangi elastisitasnya dan membuatnya tampak lebih tua, kering, kendur, keriput, wajah cekung, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Itulah beberapa penyebab penuaan dini yang perlu Anda tahu, sehingga akan bisa membantu Anda mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Nakaridore/Freepik)