Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Jitu Mencerahkan Kulit Selangkangan yang Hitam

Cara Jitu Mencerahkan Kulit Selangkangan yang Hitam

Selangkangan merupakan bagian tubuh yang cenderung tak terlihat dari luar. Namun, akui saja Moms, selangkangan yang berwarna hitam atau gelap bisa membuat Anda tak percaya diri. Ya, kan?

Banyak hal yang menyebabkan kulit di sekitar selangkangan jadi menghitam. Faktor usia tentu merupakan salah satu di antaranya. Dengan bertambahnya usia, maka tubuh akan mengalami perubahan hormonal.

Nah, perubahan hormon inilah yang bisa membuat kulit di area tubuh tertentu, termasuk selangkangan, jadi menghitam. Selain faktor usia, perubahan atau ketidakseimbangan hormon juga bisa dialami wanita yang tengah menstruasi, hamil, menyusui, maupun pada wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS).

Baca juga: 8 Penyebab Vagina Menghitam dan Cara Tepat Mengatasinya

Penyebab lain terjadinya perubahan warna pada selangkangan, termasuk:

  • Gesekan antara kulit dengan pakaian yang ketat
  • Infeksi jamur
  • Paparan sinar matahari
  • Efek samping obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi
  • Paparan sinar matahari
  • Infeksi jamur
  • Kulit kering
  • Lecet yang mungkin terjadi akibat rutinitas berolahraga atau berjalan. Hal ini bisa membuat kulit menjadi tipis, gatal, dan mengalami perubahan warna
  • Penyakit kelainan pigmentasi kulit yang dikenal dengan istilah acanthonis nigricans
  • Penumpukan kotoran.

Apa pun pemicunya, selangkangan yang berwarna gelap kerap membuat wanita kurang kepercayaan diri, apalagi saat akan bercinta dengan pasangan. Walau tak mudah untuk menghilangkan warna gelap di selangkangan, beberapa cara berikut ini diyakini bisa membantu mencerahkan area tersebut, Moms.

1. Minyak kelapa dan air lemon

Seperti dilansir situs Halodoc, minyak kelapa dan air lemon merupakan perpaduan yang tepat untuk membantu mencerahkan kulit selangkangan. Pasalnya, lemon kaya akan vitamin C dan dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi. Sedangkan minyak kelapa bermanfaat sebagai pelembap kulit.

Saat akan menggunakannya, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus lemon, lalu gosokkan campuran tersebut di area hitam dan pijat selama 10 menit atau lebih. Setelah itu, bilas hingga benar-benar bersih.

2. Bubuk kunyit

Tahukah Anda? Kunyit mengandung senyawa pigmen berwarna kuning atau oranye yang dipercaya bisa memutihkan selangkangan. Caranya, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan perasan air jeruk nipis atau lemon untuk dioleskan di area selangkangan. Kemudian diamkan lulur tersebut selama 20-30 menit. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3. Mentimun

Ya, mentimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit bagian selangkangan yang menghitam. Mentimun memang mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik buat kulit. Untuk mencerahkan bagian selangkangan, Anda bisa memarut mentimun secukupnya. Gunakan parutan mentimun tersebut untuk menggosok area selangkangan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

Selain digunakan untuk scrub, mentimun juga bisa dikonsumsi. Jus mentimun dan irisannya bisa membantu mengurangi iritasi sekaligus mengencangkan kulit selangkangan.

 4. Scrub gula

Gula dapat membantu proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Apabila kulit hitam tersebut disebabkan oleh penumpukan kulit mati atau kotoran, maka Anda bisa mencoba metode menggunakan scrub gula.

Cara membuatnya juga tak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencampurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Oleskan dan gosok secara perlahan scrub di bagian selangkangan yang menghitam, lalu bilas hingga bersih.

 5. Irisan kentang

Enzim catecholase yang terkandung dalam irisan kentang diyakini juga bisa membantu mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, iris kentang lalu gosokkan irisan tersebut pada kulit selangkangan yang menghitam selama sekitar 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Warna selangkangan yang menghitam biasanya merupakan hal normal dan bukan disebabkan oleh penyakit serius. Akan tetapi, jika Anda telah mencoba berbagai cara dan kulit yang menghitam tak mengalami perubahan, maka Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, beberapa penyakit, seperti diabetes dan infeksi jamur juga ditandai dengan kulit selangkangan yang menghitam. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)