Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

6 Cara Alami untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menghasilkan lebih sedikit protein kolagen dan elastin. Ini membuat kulit jadi lebih tipis dan kurang tahan terhadap kerusakan. Paparan lingkungan, dehidrasi, dan racun, semuanya bisa membuat wajah Anda lebih mungkin mengalami kerutan yang jelas.

Kerutan sendiri merupakan bagian alami dari bertambahnya usia dan tidak ada alasan untuk khawatir jika Anda mengalaminya. Namun, apabila Moms ingin memperlambat tanda-tanda penuaan dan menghilangkan kerutan di wajah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni:

1. Memakai tabir surya atau sunscreen

Memakai tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) lebih dari 30 bisa membantu mencegah kanker kulit. Sebuah Studi di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya juga bisa membantu menunda tanda-tanda penuaan pada kulit.

Memakai tabir surya yang juga berfungsi untuk melembapkan wajah setiap hari merupakan kebiasaan yang akan bermanfaat buat kesehatan kulit Anda dalam jangka panjang.

2. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien alami. Itu berarti ketika Anda mengaplikasikannya ke kulit, minyak kelapa akan mengisi celah di epidermis dan membuat kulit terasa halus.

Mengoleskan minyak kelapa pada kulit tidak hanya akan membuatnya jadi lebih halus, tapi juga membantu kulit mempertahankan kelembapannya, yang akan membuat wajah Anda tampak lebih kenyal. Minyak kelapa juga telah terbukti sebagai perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah kulit kering.

3. Cuci muka secara teratur

Masih sering merasa malas membersihkan wajah Anda? Mulai sekarang, hindari itu ya Moms, karena ketika Anda meninggalkan riasan di wajah semalaman, kulit akan menyerap sebagian besar makeup tersebut. Karena sebagian besar kosmetik mengandung bahan kimia yang keras, maka hal ini akan berkontribusi pada stres yang dihadapi kulit.

Itu sebabnya meluangkan waktu selama 3-5 menit untuk mencuci muka di malam hari akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda dan menghindari munculnya kerutan di wajah. Namun, hindari menggosok wajah dengan keras. Gunakan lap berbahan lembut untuk membersihkan wajah sebelum tidur, dan bilas dengan air dingin agar pori-pori mengecil.

4. Selalu terhidrasi

Usahakan untuk minum setidaknya 2 liter air per hari untuk menjaga kelembapan kulit, terutama setelah Anda berolahraga. Jika Moms tidak begitu suka minum air putih, Anda bisa tambahkan dengan lemon segar atau minum air kelapa murni. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan skincare yang dikhususkan untuk melembapkan kulit, seperti skincare yang mengandung hyaluronic acid.

5. Tidur yang cukup

Cobalah tidur sekitar 8 jam per malam dan berikan waktu pada tubuh Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri. Selain tidur 8 jam sehari, Moms juga tidak disarankan untuk begadang, karena regenerasi kulit mencapai puncaknya sekitar pukul 10 malam di mana pada saat itu sel-sel kulit akan mengalami pergantian 2 kali lebih banyak dibandingkan pada siang hari. Untuk meningkatkan proses regenerasi kulit Anda juga bisa mengoleskan pelembap anti-aging sebelum tidur, Moms.

6. Kurangi stres dan tambahkan antioksidan ke kulit

Untuk menghindari stres, cobalah untuk meminimalkan beban kerja atau mengurangi apa pun yang bisa membuat Anda stres dan menimbulkan kerutan di wajah. Yoga dan meditasi bisa membantu mengurangi stres.

Moms juga bisa menambahkan antioksidan ke dalam kulit. Antioksidan bisa membantu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh stres. Ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan antioksidan buat kulit, salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti buah berry, anggur, wortel, bayam, dan brokoli. Makanan ini akan membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan mengurangi kerutan di wajah.

Kulit yang menua bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Moms sangat mengkhawatirkan penampilan kulit seiring bertambahnya usia, Anda mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter kulit. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Cookie_studio, Yanalya, Gpointstudio, Jcomp, Wayhomestudio/Freepik)