Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan

Cara Mengatasi Rasa Bosan dengan Pasangan

Setiap hubungan pasti ada pasang surutnya, apalagi jika Moms dan Dads telah membina hubungan untuk waktu yang lama. Bila dulu rasanya hubungan Anda dan suami dipenuhi dengan emosi yang intens dan penuh gairah, seiring waktu hal-hal tersebut mungkin saja memudar.

Ketika hubungan Anda dan suami sudah lebih stabil dan nyaman, ketakutan akan munculnya rasa bosan dalam hubungan mungkin sempat terlintas di pikiran. Hal yang sama mungkin terjadi pada hubungan yang sebagian besar bebas konflik, di mana rasa tidak puas, lelah, dan tidak bersemangat justru menghampiri hubungan Anda dan pasangan. Lalu apa yang bisa dilakukan bila rasa bosan dengan pasangan muncul?

Tanda-tanda Anda bosan dengan pasangan

Alih-alih merasa semakin bergairah serta memiliki kedekatan, kepercayaan, dan keintiman yang meningkat seiring berjalannya waktu, intensitas perasaan senang, bergairah, dan keinginan untuk melakukan segala hal berdua pasangan mungkin berkurang.

Sebelum mengetahui langkah apa yang harus Moms dan Dads ambil untuk kembali menghidupkan percikan asmara di tengah hubungan yang monoton, Anda perlu tahu dulu beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa Anda merasa jenuh dengan hubungan dan pasangan Anda, seperti dilansir dari laman Verywell Mind berikut ini:

  • Tidak tertarik dengan kehidupan, perasaan, atau minat pasangan Anda
  • Tak lagi memperhatikan satu sama lain seperti di awal hubungan Anda
  • Merasa tidak nyaman atau tidak bahagia saat memikirkan masa depan hubungan Anda dan pasangan
  • Merasa lebih menyenangkan dan mengasyikkan bila menghabiskan waktu dengan orang lain
  • Berharap bisa mengubah pasangan atau hubungan Anda
  • Tak lagi merasa memiliki kesamaan dengan pasangan
  • Kesulitan menemukan hal-hal untuk dibicarakan
  • Tidak menikmati sesi menghabiskan waktu bersama pasangan
  • Sering merasa kesal dengan pasangan, begitu pun sebaliknya
  • Tidak lagi merasa tertarik kepada pasangan
  • Anda dan pasangan tidak menghargai satu sama lain lagi.

Lakukan ini jika Anda bosan dengan pasangan

Rasa bosan dengan pasangan tentu bisa diatasi. Selama Anda dan pasangan mau bersama-sama mengusahakannya, pasti ada jalan untuk kembali menghidupkan hubungan yang tadinya menjenuhkan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat Anda bosan dengan pasangan:

1. Ubah cara berpikir Anda

Strategi ini dikenal dengan istilah Cognitive Reappraisal yaitu penilaian ulang kognitif yang bisa mengubah cara orang berpikir tentang cinta dan hubungan mereka. Proses ini melibatkan interpretasi situasi dengan cara yang berbeda untuk mengubah cara Anda berpikir dan merasakannya. Dengan strategi ini, Anda mungkin fokus untuk melihat kualitas positif yang pasangan Anda miliki dan memikirkan bagaimana karakteristik tersebut berkontribusi pada hubungan Anda.

2. Ubah rutinitas

Rasa bosan pada pasangan mungkin muncul karena Anda sendiri bosan dengan kehidupan Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengubah rutinitas harian yang dilakukan dengan pasangan.

Daripada makan di tempat yang sama, pertimbangkan untuk pergi ke tempat baru dengan pasangan Anda. Temukan hobi baru yang bisa Anda berdua coba bersama. Atau carilah cara untuk kembali menghangatkan suasana kamar tidur Anda. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan bersama dengan pasangan bisa menjadi cara yang efektif untuk memerangi kebosanan dalam hubungan.

3. Pergi kencan

Bila Anda dan pasangan sudah terbiasa melakukan hal-hal monoton dalam hubungan, mungkin kini waktunya untuk mengulangi beberapa aktivitas seperti pertama kali Anda berdua mulai berkencan.

Tak ada salahnya untuk kembali pergi berkencan seminggu sekali untuk mengobrol dan terhubung kembali satu sama lain. Fokuslah pada perasaan yang Anda miliki di awal hubungan dan berlatihlah untuk memikirkan pasangan Anda dengan perasaan yang sama seperti dulu. Kunci yang paling penting adalah temukan waktu satu sama lain untuk fokus pada hubungan Anda tanpa tekanan atau gangguan lain.

4. Saling bekerja sama

Meski mungkin Anda bisa mengambil langkah sendiri untuk kembali menghidupkan hubungan yang membosankan, akan lebih efektif bila Anda berdua bekerja sama untuk menemukan solusi atas perasaan bosan di dalam hubungan yang Anda bina.

5. Melakukan konseling

Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan terapis atau konselor tentang masalah hubungan Anda, terutama bila perasaan bosan ini terkait dengan masalah yang lebih dalam, seperti kurangnya komunikasi atau cara Anda berpikir tentang hubungan Anda. Melakukan konseling hubungan juga akan bisa meningkatkan koneksi Anda dengan pasangan serta kepuasan dengan hubungan Anda.

Bosan dengan pasangan memang bukanlah hal yang aneh. Terkadang ini justru lumrah terjadi dalam sebuah hubungan. Meskipun begitu, Moms dan Dads tetap bisa mengambil langkah untuk mengatasi hal tersebut dan menghidupkan kembali hubungan Anda berdua. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Tirachardz/Freepik)