Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

6 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Flek hitam di wajah bisa menjadi masalah tersendiri buat sebagian orang. Meskipun banyak produk perawatan kulit yang dapat mengurangi flek hitam, beberapa orang mungkin mencari solusi alami untuk mengatasi masalah ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan. Moms bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Yang perlu Moms ketahui, flek hitam pada wajah bisa terjadi akibat hiperpigmentasi, di mana kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Hiperpigmentasi bisa berkembang akibat penuaan, perubahan hormon, dan sinar matahari.

Selain itu, flek hitam juga bisa diakibatkan dari bekas jerawat yang menghitam, luka, dan teknik hair removal yang salah. Jadi, jika Moms ingin mencoba menghilangkan flek hitam di wajah dengan cara alami memakai bahan-bahan yang ada di rumah, Anda bisa coba beberapa cara berikut ini.

1. Exfoliasi menggunakan pepaya

pepaya menghilangkan flek hitam

Pepaya memiliki asam yang dikenal sebagai asam alfa hidroksi (AHA) yang merupakan agen eksfoliasi. Ini akan membantu mencerahkan dan membuat kulit awet muda. Selain AHA, pepaya juga memiliki enzim papain yang dikenal karena manfaatnya yang bisa menyeimbangkan warna kulit.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Haluskan pepaya matang dalam mangkuk, lalu gunakan sebagai masker untuk membersihkan kulit. Tunggu selama 15-20 menit sampai masker kering. Setelah itu bilas dengan air.

2. Minyak almond sebagai pelembap

Almond kaya akan antioksidan, vitamin E, dan niacin yang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit. Minyak almond juga non-comedogenic yang artinya tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Untuk penggunaannya, Moms bisa gunakan minyak almond di setiap rutinitas skincare malam. Cukup teteskan 2-3 tetes minyak almond, lalu usapkan di wajah.

3. Gunakan masker yoghurt

Yoghurt kaya akan asam laktat yang bisa memudarkan bintik hitam dengan cara mengelupaskan kulit, seperti sifat eksfoliasi yang ditemukan dalam pepaya. Karena berasal dari produk susu, yoghurt juga bisa membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH di kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah, Moms. Oleskan yoghurt di area wajah yang terdapat flek hitam, lalu tunggu hingga 20 menit, dan setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk Moms yang bermasalah dengan jerawat, Anda juga bisa menambahkan madu yang bersifat antibakteri dan baik untuk mencegah jerawat muncul lagi.

4. Oleskan lidah buaya

lidah buaya menghilangkan flek hitam

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain bisa melembapkan dan menghaluskan, lidah buaya juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan vitamin A, antioksidan, vitamin C, dan enzim.

Caranya cukup gampang. Potong lidah buaya menjadi 2 bagian, lalu gunakan gel yang ada di dalamnya dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.

5. Menggunakan masker oatmeal

oatmeal menghilangkan flek hitam

Moms, suka sarapan dengan oatmeal? Selain mengenyangkan, oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam di wajah, lho!

Cara pemakaiannya pun mudah banget. Haluskan oatmeal hingga menjadi bubuk. Kemudian Moms bisa campurkan dengan madu, yoghurt, atau perasan air lemon untuk membuatnya menjadi pasta. Setelah itu, gunakan pada wajah dan tunggu hingga kering. Untuk membilasnya, Anda disarankan menggunakan air dingin ya, Moms.

6. Masker alpukat

alpukat menghilangkan flek hitam

Alpukat salah satu buah yang banyak disukai orang. Selain enak rasanya, alpukat juga punya banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan flek hitam. Di dalam alpukat terdapat kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan.

Cara membuat masker alpukat sangatlah mudah. Siapkan alpukat matang, lalu potong menjadi 2 bagian. Pisahkan isinya ke dalam mangkuk dan haluskan. Jika sudah seperti bubur, oleskan ke seluruh wajah atau di area bintik hitam. Tunggu selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa Moms gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Ingat ya Moms, tampil cantik itu enggak perlu mahal, lho. Selamat mencoba! (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Jcomp, Racool_studio/Freepik)