Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Buku Anak Islami untuk Kenalkan Anak pada Agama

Rekomendasi Buku Anak Islami untuk Kenalkan Anak pada Agama

Sebagai orang tua, Moms tentu berharap Si Kecil bisa mengenal agama Islam sejak dini. Cara mengenalkan agama bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui buku anak islami.

Moms bisa menemani Si Kecil membaca buku anak islami, baik di siang hari maupun menjelang tidur malam. Dengan begitu, nilai-nilai agama yang ada di dalamnya bisa tersampaikan pada anak dengan baik.

Ada banyak buku anak islami yang bisa Anda berikan kepada anak dan isinya disesuaikan dengan usia serta kebutuhan Si Kecil. Berikut ini beberapa buku anak islami rekomendasi M&B untuk anak Anda, Moms.

1. Puasa Pertamaku

buku anak islami puasa pertamaku

Mumpung sedang di bulan Ramadan, Moms bisa ajarkan Si Kecil yang baru pertama kali berpuasa melalui buku Puasa Pertamaku karya Iwok Abqary. Buku ini dikemas dalam format boardbook, sehingga tidak mudah sobek, sedangkan ujung buku dibentuk rounded sehingga tidak tajam, jadi aman untuk anak balita.

Buku terbitan DAR!Mizan (@darmizananak) ini bercerita tentang anak bernama Alifa yang sedang belajar puasa. Namun, Mita, teman Alifa, datang sambil makan cokelat dan menawari Alifa yang mulai tergoda. Apakah Alifa akan ikut makan cokelat bersama Mita atau lanjut berpuasa? Baca cerita selengkapnya bersama Si Kecil yuk, Moms!

2. Islam Agamaku

buku anak islami islam agamaku

Ajaran tentang agama Islam bisa Anda berikan pada Si Kecil dalam cerita menarik dan ringan dari buku Islam Agamaku. “Nabiku Muhammad SAW. Kitabku al-Qur'an. Ramadan bulan istimewaku. Idul Fitri dan Idul Adha hari rayaku. Itulah Islam agamaku.“

Nilai-nilai inilah yang ingin diajarkan dari buku garapan penerbit Pelangi Mizan (@pelangi_mizan) ini. Karakter Sali dan Saliha yang diilustrasikan pun bisa menarik perhatian sekaligus memotivasi anak untuk belajar tentang agama dengan cara yang menyenangkan.

3. 1 Hari Bisa & Senang Menghafal Juz Amma

buku anak islami 1 Hari Bisa & Senang Menghafal Juz Amma

Moms, yuk ajak Si Kecil menghafal juz amma dengan buku 1 Hari Bisa & Senang Menghafal Juz Amma yang diterbitkan Kanak (@kanak_bumiaksara). Buku bacaan ini dilengkapi dengan tajwid warna yang akan membantu anak melafalkan ayat-ayat secara benar. Ayat tersebut juga dilengkapi dengan arti serta lafaz bacaan juz amma dari qari cilik internasional.

Selain itu, juga dicantumkan asbabun nuzul juz amma, sehingga Si Kecil lebih memaknai setiap kisah pada setiap surah yang ada. Tidak ketinggalan, terdapat hafalan doa dan selawat nabi, hafalan hadis akhlak, hafalan 114 nama surah al-Qur'an beserta artinya dengan ilustrasi menarik yang disukai Si Kecil.

4. Alhamdulillah, Aku Disayang Allah

buku anak islami alhamdulillah aku disayang allah

Sejak usia dini, Moms perlu menanamkan pondasi akidah karena saat itu fitrah anak masih bersih. Nilai ini bisa mulai dikenalkan dengan mengajaknya membaca buku Alhamdulillah, Aku Disayang Allah terbitan Alfaiz (@maktabah.alfaiz).

Buku dengan format boardbook ini membantu Moms dan Dads mengajarkan tauhid pada Si Kecil. Bahkan, disediakan juga buku saku panduan bagi orang tua untuk memudahkan penyampaian isi materi dari buku tersebut.

5. Aqidah Stories: Qur'an Stories for Kids

buku anak islami quran stories for kids

Buku berikutnya adalah Qur’an Stories for Kids yang diterbitkan oleh Gema Insani (@gemainsaniofficial). Pada buku anak islami ini dituliskan kisah-kisah aqidah dalam al-Qur’an dengan cerita berima dan ringkas untuk anak balita. Bahasa dan ilustrasi di dalamnya akan memudahkan Si Kecil untuk mengerti isi dari buku tersebut dengan mudah.

Selain ada pertanyaan stimulus sebagai interaksi dengan anak, terdapat juga lembar aktivitas yang bisa melatih kemampuan sensorik dan motoriknya. Disediakan juga panduan bagi orang tua untuk memudahkan Moms memandu Si Kecil ketika membacakan buku tersebut.

6. Assalamu'alaikum Ayah Bunda

buku anak islami assalaamualaikum ayah bunda

Buku anak islami berikutnya adalah Assalamu'alaikum Ayah Bunda karya M. Rayhan dari penerbit Anakkita (@_anakkita). Di dalamnya terdapat tata cara wudu, azan, iqamat, zikir, doa, serta cara membaca al-Qur'an dengan baik dan benar. Berbagai kegiatan pada buku ini bisa meningkatkan bonding antara anak dan orang tua melalui aktivitas belajar ibadah harian.

Buku-buku di atas sudah bisa Moms berikan kepada Si Kecil di usia balita, di mana ia juga bisa mendapatkan stimulasi untuk mengasah kemampuan motorik dan kognitifnya. Anda bisa memiliki buku-buku tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam mengajarkan agama Islam pada Si Kecil. Selamat membaca! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto:brgfx/Freepik, Instagram, Shopee)