Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan, Bikin Anak Makin Lahap Makan

5 Menu Makan Anak 1 Tahun agar Tidak Bosan, Bikin Anak Makin Lahap Makan

Rasanya tentu sangat menyenangkan dan melegakan ketika melihat Si Kecil makan dengan lahap. Akan tetapi, memasuki usia 1 tahun, adalah hal yang normal ketika Si Kecil berada di fase susah makan.

Namun Anda jangan khawatir ya, Moms, karena Anda bisa meningkatkan nafsu makan anak dengan kreasi menu makan anak 1 tahun agar tidak bosan. Dengan begitu, Si Kecil jadi bisa lebih lahap menyantap makanannya.

Berikut ini beberapa kreasi menu makanan untuk anak 1 tahun yang sedang susah makan, agar ia tidak bosan dan jadi lebih lahap makan, Moms.

1. Nasi tim wortel

Nasi tim wortel adalah pilihan menu makanan untuk anak 1 tahun yang sangat praktis dan punya rasa lezat. Si Kecil pun dijamin suka dengan rasa makanan ini. Anda bisa mengikuti resep menu makanan nasi tim wortel untuk anak usia 1 tahun.

Untuk membuat nasi tim wortel, Moms cukup masak nasi, kemudian campurkan dengan sedikit daging giling, potongan wortel, kaldu ayam, dan bawang putih. Menu makanan ini sangat lezat dan sehat buat anak karena kandungan gizinya yang komplet untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.

2. Sup daging

Ketika anak berusia 1 tahun, Moms bisa kenalkan Si Kecil dengan makanan bertekstur padat, seperti sup daging. Untuk membuat resep menu makan ini, gunakan potongan daging yang ditambahkan berbagai sayuran seperti brokoli, wortel, dan kentang, untuk dibuat menjadi sup.

Untuk memperkuat rasanya, Moms bisa tambahkan kaldu sapi ke dalam sup daging. Menu makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi Si Kecil karena bisa menambah energi dan memenuhi kebutuhan proteinnya. Moms bisa coba sup daging ini sebagai menu makan anak 1 tahun agar ia tidak bosan.

3. Bakso

Apakah Si Kecil suka makan makanan yang bertekstur dan bercita rasa gurih? Jika ya, Anda bisa membuat bakso untuk meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Untuk membuat bakso, Moms cukup blender daging ayam dan sayuran, kemudian tambahkan bumbu dan sedikit tepung. Setelah adonan dicampur rata, bentuk bulat-bulat, kemudian rebus hingga matang.

Kandungan protein pada bakso dapat membantu meningkatkan energi Si Kecil. Jadi, ia bisa lebih aktif lagi beraktivitas dan bermain.

4. Perkedel tahu

Perkedel tahu bisa jadi pilihan kreasi menu makanan untuk anak 1 tahun lainnya yang dapat Moms berikan kepada Si Kecil. Membuat perkedel tahu juga terbilang sangat mudah, cukup campurkan tahu yang sudah dihancurkan dengan telur, irisan daun bawang, bumbu, dan sayuran seperti wortel. Lalu, bentuk tahu menjadi bulat pipih seperti perkedel, kemudian goreng hingga berubah warna jadi kecokelatan dan matang. Menu makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, khususnya kalsium dan protein untuk memenuhi kebutuhan gizi pertumbuhan anak.

5. Puding pisang

Satu lagi menu makanan untuk anak 1 tahun yang bisa Anda berikan kepada Si Kecil, puding pisang. Makanan ini punya cita rasa manis menyegarkan yang sering disukai anak-anak. Puding pisang diketahui memiliki sejumlah gizi yang kompleks karena mengandung protein, kalsium, karbohidrat, dan serat. Pisang juga merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan.

Untuk membuat puding pisang, masak campuran susu, gula, dan agar-agar hingga mendidih dan gula larut. Setelah itu, masukkan potongan pisang ke dalamnya, aduk hingga merata, dan masak sebentar sampai mendidih, kemudian angkat. Tuang puding ke dalam wadah atau loyang. Dinginkan dan bekukan puding di dalam lemari es. Dijamin, Si Kecil akan suka dengan puding pisang ini, Moms!

Jadi, sekarang tidak perlu risau lagi ya, Moms, ketika Si Kecil mulai susah makan. Anda bisa mencoba berkreasi dengan berbagai ide menu makan anak 1 tahun, tentunya dengan tetap memperhatikan pemenuhan gizi Si Kecil, ya.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter spesialis anak untuk menentukan resep makanan buat Si Kecil yang berusia 1 tahun dengan rasa lezat dan gizi yang terpenuhi. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Kazuend/Unsplash)