Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Resep Bubur Susu untuk MPASI, Gampang Membuatnya, Moms

5 Resep Bubur Susu untuk MPASI, Gampang Membuatnya, Moms

Makanan pendamping ASI atau MPASI bisa mulai Moms berikan pada bayi Anda setelah Si Kecil memasuki usia 6 bulan. Dalam memilih dan menyiapkan MPASI pertama untuk Si Kecil, sebaiknya pilih dan berikan makanan yang memiliki tekstur lembut dan cair, misalnya bubur susu.

Sesuai namanya, bahan utama bubur susu tentunya adalah susu, bisa menggunakan ASI perah atau susu formula, yang dicampurkan dengan bahan lainnya seperti tepung beras, oats, ubi ungu, kentang, atau pisang.

Tekstur yang lembut dan cair dengan rasa yang sangat ringan dan lezat merupakan pilihan menu MPASI pertama terbaik untuk Si Kecil.

Berikut ini beberapa resep bubur susu untuk MPASI bayi yang bisa Moms coba di rumah. Catat resepnya ya, Moms!

1. Bubur susu ubi ungu

Ubi ungu adalah salah satu bahan yang kaya akan karbohidrat dan beberapa nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serat, serta mengandung banyak antioksidan yang baik untuk perkembangan dan kesehatan mata anak, membantu kesehatan pencernaannya, dan membantu meningkatkan fungsi otak Si Kecil.

Bahan:

  • 2 buah ubi ungu berukuran sedang
  • 120 ml ASIP atau susu formula cair
  • 50 ml air matang.

Cara membuat:

1. Kupas kulit ubi ungu, lalu kukus sampai matang dan empuk.

2. Tumbuk ubi ungu yang sudah dikukus sampai teksturnya setengah halus menggunakan garpu atau food smasher, tambahkan air matang, lalu blender hingga halus.

3. Jika sudah sesuai dengan tekstur yang diinginkan, pindahkan ke mangkuk kecil, tuang ASIP atau susu formula cair, aduk-aduk hingga semua tercampur rata.

4. Sekarang, bubur susu ubi ungu siap dinikmati Si Kecil.

2. Bubur susu tepung beras

Bubur susu tepung beras bisa jadi pilihan menu MPASI pertama lainnya yang dapat Moms berikan kepada Si Kecil. Namun, pastikan Moms memilih tepung beras yang berasal dari beras organik dan tidak diolah dengan tambahan zat kimia berbahaya buat Si Kecil, ya.

Bahan:

  • 20 gram tepung beras atau sekitar 2 sendok makan
  • 60 ml ASIP atau susu formula cair
  • 100 ml air matang.

Cara membuat:

1. Larutkan tepung beras dengan air matang, aduk hingga tercampur rata.

2. Masak larutan tepung beras dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga matang dan agak mengental.

3. Setelah itu, pindahkan ke dalam mangkuk kecil, tambahkan ASIP atau susu formula cair, aduk sebentar sampai semua tercampur rata.

4. Sekarang bubur susu tepung beras siap dinikmati Si Kecil.

3. Bubur susu kentang

Bubur susu kentang bisa jadi pilihan menu MPASI bernutrisi lainnya yang cocok untuk Si Kecil yang baru saja mulai makan. Seperti diketahui, kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, mangan, magnesium, kalium, vitamin B6, folat, dan fosfor yang semuanya baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi Anda.

Bahan:

  • 1 buah kentang berukuran sedang atau 2 buah kentang berukuran kecil
  • 10 gram tepung beras
  • 120 ml ASIP atau susu formula cair
  • 100 ml air matang.

Cara membuat:

1. Kupas kulit kentang dan bilas hingga bersih, lalu potong menjadi 4 bagian.

2. Rebus atau kukus kentang hingga matang dan empuk.

3. Tumbuk kentang sampai lembut dan halus menggunakan garpu atau food smasher.

4. Larutkan tepung beras dengan air matang, lalu masak larutan tepung beras dengan api sedang sambil diaduk-aduk, jangan sampai mengental.

5. Di dalam wadah terpisah, campurkan kentang yang sudah dihaluskan tadi dengan ASIP atau susu formula cair, larutan tepung beras, dan air matang hangat. Aduk semua hingga tercampur rata.

6. Bubur susu kentang siap disajikan sebagai menu MPASI Si Kecil.

4. Bubur susu oatmeal

Bubur susu oatmeal adalah menu MPASI yang mudah dibuat, gampang dicerna Si Kecil, dan tentunya punya rasa yang enak dan lezat serta kaya nutrisi.

Bahan:

  • 2 sdm oatmeal
  • 50 ml ASIP atau susu formula cair
  • 100 ml air matang.

Cara membuat:

1. Masak oatmeal bersama air matang selama kurang lebih 5 menit sampai matang dan mengental seperti bubur (atau baca cara memasak oatmeal yang tertera pada kemasan)

2. Tambahkan ASIP atau susu formula cair. Aduk semua sampai rata.

3. Sajikan bubur susu oatmeal selagi hangat kepada Si Kecil.

5. Bubur susu pisang

Satu lagi resep bubur susu untuk pilihan menu MPASI pertama Si Kecil, yaitu bubur susu pisang. Pisang mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A,B,C,D,K, folat, kalsium, kolin, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan fosfor, serta tinggi serat yang semuanya baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, termasuk mendukung kesehatan pencernaannya, baik untuk perkembangan dan kesehatan matanya, memperkuat tulangnya, dan meningkatkan fungsi otaknya.

Bahan:

  • 1 buah pisang ukuran sedang. Moms bisa gunakan pisang ambon, pisang emas, pisang kepok, atau pisang cavendish
  • 60 ml ASIP atau susu formula cair.

Cara membuat:

1. Kukus pisang sampai matang dan empuk.

2. Kupas kulitnya, lalu blender atau lumatkan pisang sampai halus.

3. Tambahkan ASIP atau susu formula cair. Aduk hingga pisang dan susu tercampur dengan rata.

4. Sekarang bubur susu pisang sudah bisa diberikan kepada Si Kecil.

Itulah 5 resep bubur susu yang gampang Anda buat di rumah dan tentunya memiliki rasa yang lezat, Moms. Dijamin, Si Kecil pasti sangat suka dan ia akan makan dengan lahap! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)