Type Keyword(s) to Search
KID

5 Jenis Olahraga yang Bisa Tambah Tinggi Badan Anak

5 Jenis Olahraga yang Bisa Tambah Tinggi Badan Anak

Sebagai orang tua, tentunya Moms memegang peranan penting dalam memastikan tumbuh kembang anak, termasuk memastikan ia tumbuh tinggi dengan baik.

Meskipun tampaknya gen punya pengaruh paling besar dalam menentukan tinggi badan anak, hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang bisa memengaruhinya. Ada banyak faktor eksternal lainnya yang bisa memengaruhi tinggi badan anak. Salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik.

Membiarkan anak menghabiskan waktunya di dalam ruangan tanpa aktivitas fisik sepanjang hari bisa menjadi salah satu alasan pertumbuhan anak terhambat. Oleh karena itu, sangat mungkin bagi Anda untuk meningkatkan peluang anak tumbuh lebih tinggi melalui olahraga sederhana.

Berikut ini 5 olahraga untuk membantu menambah tinggi badan anak yang bisa Moms coba terapkan padanya.

1. Latihan peregangan

Latihan peregangan adalah salah satu jenis olahraga paling efektif dan sederhana untuk membantu menambah tinggi badan anak. Faktanya, melakukan latihan peregangan secara rutin bisa membantu memanjangkan tulang belakang dan juga memperbaiki postur tubuh anak, sehingga ia bisa tumbuh lebih tinggi dan memiliki postur tubuh yang lebih baik. Latihan peregangan juga bisa membantu mengurangi risiko cedera saat dilakukan sebelum melakukan olahraga lainnya.

Gerakan peregangan untuk menambah tinggi badan yang bisa Moms coba untuk anak, yakni:

  • Minta anak berdiri tegak di depan dinding
  • Minta ia untuk mengangkat tangannya ke atas setinggi yang ia bisa untuk meregangkan tubuhnya, membantu memanjangkan tulang punggungnya, dan memperbaiki postur tubuhnya.
  • Tahan dalam posisi ini selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali setiap hari atau sesuaikan dengan kesanggupan anak ya, Moms.

Gerakan peregangan lainnya yang bisa dicoba untuk menambah tinggi badan anak, yakni:

  • Minta anak untuk duduk tegak lurus pada dinding dengan kedua kaki lurus dirapatkan
  • Minta ia untuk menyentuh kedua ujung kakinya menggunakan kedua tangannya untuk membantu meregangkan otot kakinya, memanjangkan tulang punggungnya, dan memperbaiki postur tubuhnya.
  • Tahan dalam posisi ini selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali setiap hari atau sesuaikan dengan kesanggupan anak.

2. Menggantung (hanging)

Sudah sejak lama gerakan menggantung (hanging) direkomendasikan sebagai olahraga terbaik untuk membantu menambah tinggi badan pada anak. Pasalnya, gerakan menggantung pada palang tunggal diketahui efektif untuk memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh anak, yang merupakan bagian penting untuk membuatnya tumbuh lebih tinggi.

Selain gerakan menggantung biasa, Anda juga bisa mengombinasikan dengan gerakan pull-up dan chin-up. Keduanya bisa membuat otot lengan dan punggung anak jadi lebih kuat, serta merupakan gerakan yang bagus untuk membantunya tetap bugar sekaligus latihan peningkatan pertumbuhan yang baik. Lakukan gerakan ini untuk membantu menambah tinggi badan pada anak selama 10 menit per hari.

3. Yoga

Beberapa gerakan yoga, seperti dalam praktik yoga kuno "Surya Namaskar", banyak melibatkan peregangan dan keseimbangan tubuh, yang sangat ideal untuk membantu menambah tinggi badan pada anak. Ada 12 gerakan sederhana dalam "Surya Namaskar" yang semuanya melibatkan peregangan otot-otot di lengan, punggung, dan kaki, serta membantu memanjangkan tulang.

3. Skipping

Skipping adalah salah satu latihan fisik yang menyenangkan dan sering disukai anak-anak, yang bisa bermanfaat untuk membantu membuatnya tumbuh lebih tinggi. Saat anak melompat, seluruh tubuhnya akan meregang sehingga bisa mendorong pertumbuhan vertikal pada anak. Skipping juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, yang akan membuat anak tetap bugar dan aktif.

4. Berenang

Berenang merupakan olahraga lainnya yang bisa membantu anak Anda tetap aktif sekaligus membantu menambah tinggi badannya. Berenang adalah salah satu olahraga yang melibatkan pergerakan seluruh tubuh, artinya bisa membantu memanjangkan dan memperkuat tulang belakang dan kaki serta meregangkan semua otot-otot di tubuh. Itulah yang akan membantu membuat anak Anda tumbuh lebih tinggi. Tak hanya itu, mengajak anak berenang secara rutin juga bisa membuat ia lebih sehat secara keseluruhan dan tentunya lebih happy.

5. Jogging

Satu lagi olahraga untuk membantu menambah tinggi badan anak yang bisa Moms coba terapkan padanya, yaitu jogging. Tidak hanya pada orang dewasa, jogging juga memberikan banyak manfaat untuk anak-anak, salah satunya membantunya tumbuh lebih tinggi. Pasalnya, jogging bisa meningkatkan jumlah HGH, hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.

Untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi, ajak ia jogging setiap hari. Agar lebih menyenangkan, Moms mungkin bisa ikut jogging bersama anak dan menjadikan jogging sebagai aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan bersama. Jogging juga bisa menjadi kegiatan untuk mempererat kebersamaan dan ikatan emosional antara Anda dan anak lho, Moms.

Itulah 5 olahraga yang bisa Moms coba terapkan pada anak untuk menambah tinggi badannya. Namun ingat, saat mengajak anak berolahraga untuk menambah tinggi badannya, pastikan Anda tidak memaksakan intensitas aktivitas fisik melebihi kemampuannya, ya.

Anda bisa tingkatkan intensitas aktivitas fisiknya secara perlahan setelah anak sudah terbiasa berolahraga. Di samping membiasakannya rutin berolahraga, Anda juga perlu mengimbanginya dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Dengan begitu, anak bisa tumbuh lebih tinggi, kuat, bugar, dan sehat. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)