Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Selain Mencerahkan, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Selain Mencerahkan, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Di antara sekian banyak bahan perawatan kulit, niacinamide menjadi salah satu kandungan yang paling banyak dicari karena manfaatnya yang serbaguna. Namun sebenarnya, Moms tahu enggak sih, apa itu niacinamide?

Niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide. Ini adalah salah satu vitamin B kompleks, dan tubuh membutuhkannya untuk mengolah lemak dan gula. Niacinamide juga terlibat dalam membantu tubuh menjaga sel-sel kulit.

Niacinamide merupakan salah satu vitamin terbaik untuk kulit. Makanya, enggak heran kalau kandungan ini sering ditemukan dalam produk skincare, seperti face wash, toner, essence, serum, hingga moisturizer.

Nah, sebelum Moms memasukkan kandungan niacinamide ke dalam rangkaian skincare, ada baiknya untuk mengetahui manfaat dari niacinamide terlebih dahulu. Berikut ini manfaat niacinamide untuk kulit yang perlu Anda tahu, Moms.

1. Menghidrasi kulit

Kulit yang sehat berasal dari lipid barrier yang baik. Lapisan ini bermanfaat untuk menahan kelembapan sehingga kulit terhidrasi untuk waktu lama. Memasukkan niacinamide ke dalam rangkaian skincare dapat memperkuat lipid barrier sehingga mencegah terjadinya Trans Epidermal Water Loss (TEWL), proses yang akan menghilangkan air secara alami akibat penguapan yang berlebihan.

2. Mengontrol produksi minyak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, niacinamide mampu memperbaiki kelenjar lipid. Jadi, selain menghidrasi kulit, kandungan ini juga dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. Hal ini juga bisa mencegah tumbuhnya jerawat.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic and Laser Therapy ditunjukkan bahwa penggunaan 2% niacinamide juga mampu menghambat produksi minyak. Nah, buat Moms yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa lho, mencoba produk skincare dengan kandungan niacinamide.

3. Meningkatkan imunitas kulit

Paparan sinar matahari dipercaya bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Kulit memiliki sel bernama langerhans yang berfungsi untuk melindungi dirinya. Namun, ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel ini akan menghilang sementara dan meninggalkan kulit tanpa perlindungan. Dengan memakai niacinamide, imunitas kulit akan semakin kuat. Pasalnya, kandungan ini bisa menambah kemampuan antiinflamasi kulit.

4. Mengatasi tanda penuaan kulit

Saat Moms memasukkan kandungan niacinamide ke dalam rangkaian skincare, maka permukaan kulit dan tekstur kulit akan jadi lebih halus, garis halus dan keriput pun akan tersamarkan. Pasalnya, niacinamide dapat mendorong produksi kolagen dan kulit menjadi lebih kenyal.

5. Mengatasi jerawat

Moms memiliki masalah kulit berjerawat? Menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide bisa jadi jawabannya. Niacinamide bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis jerawat aktif, terutama jerawat yang sedang meradang. Pasalnya, di dalam niacinamide terdapat antiinflamasi yang baik untuk mengobati kondisi kulit yang meradang.

Penelitian International Journal of Dermatology menemukan bahwa penggunaan 4% niacinamide secara teratur dapat memperbaiki jerawat sedang bila dioleskan 2 kali sehari selama 8 minggu. 

6. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Moms, pasti tahu kalau sinar matahari dapat merusak kulit. Matahari tidak hanya bisa membuat kulit Anda menua sebelum waktunya, tetapi juga bisa menyebabkan kanker kulit. Niacinamide dikenal sebagai antioksidan. Dengan demikian, tidak hanya memiliki kekuatan untuk mendukung perkembangan sel kulit yang sehat, nutrisi yang luar biasa ini juga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

Itu dia manfaat niacinamide yang perlu Moms tahu. Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang unik, karena bisa digunakan dengan berbagai produk perawatan kulit lainnya seperti retinol, hyaluronic acid, AHA, BHA, vitamin C, dan masih banyak lainnya. karena itu Anda bisa menggunakan berbagai produk yang mengandung niacinamide dalam rutinitas sehari-hari. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)