Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Diaper Rash Cream untuk Atasi Ruam Popok Bayi

Rekomendasi Diaper Rash Cream untuk Atasi Ruam Popok Bayi

Sudah menjadi rahasia umum kalau kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif, sehingga masalah kulit lebih rentan terjadi. Salah satu masalah kulit yang cukup sering muncul adalah ruam popok atau diaper rash yang bisa dialami Si Kecil.

Ruam popok sendiri disebabkan oleh pemakaian popok yang kurang tepat, misalnya bahannya yang tidak lembut atau penyerapannya yang kurang baik. Permukaan popok yang tidak lembut bisa menyebabkan timbulnya ruam kemerahan saat bergesekan dengan kulit bayi.

Belum lagi jika popok tidak mampu menyerap cairan dengan baik. Kondisi lembap pada kulit bayi akibat popok tidak mampu menampung cairan bisa rentan memicu iritasi, apalagi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Apabila kondisi ini didiamkan terlalu lama, maka bisa menimbulkan ruam dan tentu saja akan membuat bayi tidak nyaman dan lebih mudah rewel.

Gejala utama ruam popok adalah kulit bayi di area pemakaian popok terlihat memerah. Biasanya, area yang memerah adalah di bagian bokong, lipatan paha, atau sekitar alat kelamin. Kulit yang mengalami kemerahan tersebut juga akan terasa lebih hangat atau panas dan tampak bengkak.

Untuk mencegah ruam popok, Moms perlu mengganti popok setiap 2-3 jam sekali. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan diaper rash cream atau krim ruam popok di kulit bayi. Berikut ini beberapa produk diaper rash cream rekomendasi M&B untuk pilihan Anda.

1. Momami Chubby Bum Balm

Chubby Bum Balm dari Momami bisa menjadi pilihan Moms untuk membantu mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi. Produk ini mengandung sunflower oil, olive oil, dan shea butter yang bisa menyembuhkan dan merawat kulit Si Kecil yang mengalami iritasi.⁣ Bertekstur balsem, produk ini aman digunakan pada kulit bayi, bahkan pada bayi baru lahir dan punya kulit sensitif, serta terjamin aman karena sudah hypoallergenic dan dermatologically tested.

2. Pigeon Diaper Rash Cream

Pigeon juga memiliki diaper rash cream yang sudah lulus hypoallergenic tested sehingga aman untuk kulit bayi. Krim ini mengandung castar oil dan zinc oxide yang mampu meringankan ruam popok serta melindungi kulit dari iritasi ringan. Diaper rash cream ini juga dilengkapi dengan ekstrak jojoba dan chamomile yang membuat kelembutan kulit bayi tetap terjaga.

3. PureBB Rash Cream

PureBB Rash Cream hadir dengan complete double care yang mampu mengatasi segala jenis ruam dan iritasi, termasuk ruam popok pada bayi. Mengandung jojoba oil yang memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi sekaligus menenangkan kulit, terdapat juga kandungan dexpanthenol yang berguna untuk menjaga kelembapan dan meregenerasi sel kulit sehingga mempercepat proses penyembuhan kulit kemerahan. Karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan standart low hazard (0-2) Eropa, krim ini aman untuk dioleskan pada kulit Si Kecil.

4. Bambi Diaper Rash Cream

Sebagai produk yang mampu mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi, Bambi Diaper Rash Cream hadir dengan natural active ingredients. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah zinc oxide, panthenol, serta chamomile untuk melindungi kulit bayi dari ruam dan iritasi ringan. Krim ini juga sudah dilengkapi anti-irritant complex serta sudah lulus uji hypoallergenic dan dermatologi, sehingga terjamin keamanannya.

5. Mustela Barrier Cream

Selain mencegah dan mengatasi masalah ruam popok bayi, Mustela Barrier Cream juga bisa membantu memperbaiki lapisan kulit yang rusak karena iritasi. Di dalamnya terkandung zinc oxide dan sunflower oil distillate (SOD) yang memberikan perlindungan lebih pada kulit Si Kecil. Tak hanya itu, terdapat juga avocado perseose yang mampu menguatkan kulit Si Kecil yang masih rapuh dan meningkatkan kemampuan stem cell sehingga kulitnya tetap sehat.

6. Zwitsal Daily Diaper Cream

Zwitsal Daily Diaper Cream dengan extra care zinc bisa membantu mengurangi dan mengatasi iritasi ringan dan kulit kemerahan Si Kecil. Formula aktif zinc tersebut juga bisa meredakan ruam popok serta menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut.

7. QV Barrier Cream

Satu lagi produk yang mampu mengatasi ruam popok adalah QV Barrier cream yang diperkaya dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit Si Kecil, seperti pro-vitamin B5 (panthenol italic) dan zinc oxide yang bisa membentuk lapisan penghalang untuk kulit bayi dari detergen serta bahan kimia dan iritan lainnya. Krim ini juga vegan friendly dan cocok digunakan untuk pemakaian setiap hari.

Jika Si Kecil sering rewel akibat ruam popok, hal ini tentu bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Ia jadi sulit beraktivitas karena merasakan perih dan gatal jika tidak segera diatasi dengan cara yang tepat.

Penggunaan diaper rash cream penting untuk membantu Moms mengatasi ruam popok pada bayi. Karena tersedia dalam bentuk salep maupun balsem, Anda juga bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan bayi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Valuavitaly/Freepik, Instagram)