Type Keyword(s) to Search

Pentingnya Bayi Merangkak

Pentingnya Bayi Merangkak

Masing-masing anak memang memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Namun, Anda tetap perlu memerhatikan setiap tahap perkembangan untuk memastikan Si Kecil tumbuh optimal, terutama di usia 0-12 bulan. Menurut dr. Anne Gracia, ahli neuroscience, pada usia tersebut, anak akan mengalami perkembangan yang luar biasa. Itulah mengapa, Anda harus lebih cermat dalam memerhatikan tumbuh-kembangnya, terutama saat ia belajar merangkak.

 

Merangkak adalah salah satu tanda bahwa otak Si Kecil bekerja. Saat ia merangkak, otaknya akan ‘bekerja keras’ mengangkat tubuhnya untuk melawan gravitasi. Setelah itu, ia akan belajar menyeimbangkan tubuhnya. Kemampuan ini juga merupakan sinyal bahwa perkembangan Si Kecil berjalan normal. “Saat merangkak, banyak proses belajar yang harus ia lalui. Ia juga berada pada posisi di mana seluruh tubuhnya siap untuk berdiri dan ini akan melatih kemampuannya untuk fokus,” jelas dr. Anne dalam talk show Baby Spa bersama Zwitsal di M&B Fair Jakarta, siang (17/10) tadi.

 

Berikan Si Kecil stimulus tertentu saat merangkak dan dorong ia agar mau bergerak maju. Anda bisa melakukannya dengan meletakkan mainan favoritnya di depannya. Selain itu, perhatikan cara ia merangkak! Pastikan Si Kecil merangkak dengan telapak tangan yang terbuka dan perhatikan bagaimana ia menjaga keseimbangannya ketika berusaha berdiri. “Jika Si Kecil mampu menjaga keseimbangannya dengan baik saat belajar berdiri, itu membuktikan kecerdasannya sedang berkembang,” tambah dr. Anne. Untuk membantu Si Kecil berkembang secara optimal, Anda juga bisa memberinya stimulasi melalui pijatan yang dilakukan secara rutin, pada pagi dan sore hari. (Aulia/DC/Dok. M&B)