BUMP TO BIRTH

Gerakan Olahraga Sederhana Untuk Bumil di Rumah



Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga bagi ibu hamil, dari tubuh yang bugar, hingga memperlancar proses persalinan Si Kecil. Beberapa gerakan sederhana berikut bisa dipraktikkan di rumah, dan aman untuk dilakukan ibu hamil. Jangan lupa juga untuk memberitahu dokter olahraga apa yang sedang Anda kerjakan ya, Moms.

1. Lakukan gerakan plie dengan berdiri tegak dan membuka lebar kaki Anda. Kemudian, tekuk lutut hingga membentuk sudut 45 derajat. Luruskan kembali kaki Anda untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali. Dan pastikan agar Anda dapat bertumpu pada kursi yang kokoh sehingga dapat menahan beban tubuh Anda.

2. Tarik napas Anda dan mulailah posisi push up dengan kepala dan tubuh yang sejajar. Pastikan pinggul dan perut tidak terlalu jatuh dan terlalu naik. Tahan posisi ini selama 20 detik.

3. Berbaringlah di atas matras dengan meletakkan lengan kiri Anda di bawah kepala. Luruskan kaki kanan Anda, lalu angkat sampai setinggi pinggul sebelah kiri. Tekuk kaki hingga membentuk angle 45 derajat. Kemudian, turunkan kaki kanan Anda ke posisi semula secara perlahan. Ganti posisi dan ulangi gerakan ini sebanyak 8 kali.

4. Dengan menggunakan kursi yang kokoh, taruh lutut kanan Anda di ujung kursi dengan tangan kanan menopang tubuh. Posisikan badan sedikit membungkuk ke depan. Kemudian, luruskan kaki kiri dan lengan kiri hingga sejajar dengan punggung. Posisikan kaki dan lengan seperti membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik, lalu ganti posisi tangan dan kaki Anda.

Nah, Moms, mudah-mudahan gerakan sederhana ini bisa membantu Anda memperoleh tubuh yang bugar selama kehamilan dan memperlancar proses persalinan Si Kecil(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)