BUMP TO BIRTH

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya



Masa kehamilan menjadi salah satu momen yang berharga untuk setiap wanita. Dan selama hamil, memang akan terjadi perubahan pada beberapa bagian tubuh Anda, Moms. Salah satu yang mengalami perubahan di awal adalah area puting, yang sepertinya lebih gelap dari sebelum Anda hamil. Namun, sebenarnya bukanlah di puting yang menggelap, melainkan kulit di sekitar puting atau disebut areola.

Kondisi ini biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan, dan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan menghitamnya areola. Selain karena dapat mengganggu penampilan, juga menimbulkan rasa khawatir bahwa kondisi ini bisa mengganggu kesehatan Anda dan janin.


Disebabkan Faktor Hormonal

Secara medis, menggelapnya area puting terjadi karena terdapat faktor hormonal yang meningkat untuk menjaga janin dalam kandungan. Bagian tersebut berubah warna dikarenakan sel-sel kulit memproduksi lebih banyak pigmen karena hormon tersebut, yang juga disebut hiperpigmentasi. Dan hal ini termasuk wajar terjadi pada setiap ibu hamil.

Selain itu, pada lingkar sekitar areola juga akan muncul bintik-bintik yang disebut kelenjar Montgomery. Terjadinya perubahan kondisi ini, merupakan persiapan payudara Anda untuk dapat menyusui bayi nantinya. Jadi, tak perlu Anda khawatirkan kondisi ini ya, Moms.


Tidak Permanen, Tapi Tak Bisa Dicegah

Mungkin Anda masih belum yakin, apakah kondisi ini menjadi permanen atau warnanya akan kembali cerah? Jawabannya, perubahan warna ini akan memudar dan bisa kembali ke warna semula dalam beberapa bulan setelah Anda melahirkan.

Kondisi ini memang hanya bersifat sementara. Namun, tak sedikit dari para Moms yang memiliki area puting tetap lebih gelap dari sebelumnya. Ini pun sangat normal terjadi. Hanya ada sedikit kasus, seperti puting yang menjadi kemerahan hingga muncul pendarahan, sehingga perlu dikonsultasikan ke dokter.

Menghitamnya areola atau area puting ini sayangnya tidak dapat dicegah. Tetapi, Anda bisa membantu menjaga kesehatan kulit tersebut dengan menghindari sinar matahari langsung, agar tak memengaruhi perubahan pigmen terlalu banyak.

Moms juga bisa mengoleskan krim pengelupas kulit yang ringan pada area puting dan payudara sebagai langkah perawatan agar puting tetap terjaga. Apabila menggelapnya areola ini masih terjadi pasca melahirkan, Moms tetap bisa merawatnya dengan menggunakan krim ringan dan pastikan aman untuk dipakai selama menyusui. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)