FAMILY & LIFESTYLE

Hari Museum Nasional. Ajak Si Kecil ke Museum, Yuk!



Moms, tahukah Anda bahwa hari ini merupakan Hari Museum Nasional? Nah, buat Anda yang berdomisili di daerah Jabodetabek, mungkin bisa jadi ide yang menarik jika Anda mengajak Si Kecil menghabiskan weekend dengan mengunjungi museum-museum. Saat ini ada banyak lho, museum ramah anak dan menarik untuk dikunjungi di Jakarta. Berikut beberapa museum tersebut, Moms.


Museum Macan

Ingin ke museum sambil mengenalkan seni pada anak? Ajak saja Si Kecil ke Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Moms. Museum ini menampilkan banyak karya seni rupa modern dan kontemporer di Indonesia. Yang juga menarik, museum ini terkenal karena tempatnya yang sangat instagramable. Anda bisa puas menikmati karya seni yang ada sambil berfoto-foto. Si Kecil mungkin belum terlalu bisa menikmati karya-karya seni yang ada. Tapi ini bisa menjadi inspirasi baginya nanti untuk menggambar dan mewarnai.


Museum Layang-Layang

Museum yang berada di Pondok Labu, Jakarta Selatan ini bisa jadi pilihan bagus buat anak. Si Kecil pasti tertarik melihat berbagai koleksi layang-layang yang ada, mulai dari layang-layang tradisional hingga layang-layang modern, dari yang berukuran sangat kecil hingga berukuran raksasa. Di museum ini anak tidak hanya bisa melihat berbagai jenis layang-layang, tapi ia juga bisa menonton video tentang layang-layang serta membuat dan melukis layang-layang. Selain itu, ada banyak aktivitas menarik lainnya, misalnya membuat dan melukis keramik, melukis payung, hingga membatik. Hasil karya Si Kecil juga bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.


Museum Wayang

Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, museum ini menyimpan banyak koleksi wayang berbagai jenis dan bentuk dari banyak daerah di Nusantara. Di museum ini anak bisa melihat berbagai macam wayang atau boneka, tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Yang seru, Anda bisa kenalkan Si Kecil pada berbagai boneka karakter dari film seri Si Unyil dari TVRI yang terkenal di era 80-an dulu. Anda juga bisa membelikan souvenir wayang buat Si Kecil.


Museum PP-IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi bisa jadi sesuatu yang seru dan mengasyikkan bagi Si Kecil. Nah, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak. Berisi sekitar 300 alat peraga, Anda dan Si Kecil akan diajak menjelajahi iptek dengan metode pembelajaran discovery learning, yakni mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkan dengan cara berinteraksi, bermain sambil belajar dengan alat peraga. Alat peraga yang dapat dimainkan oleh anak-anak antara lain adalah alat peraga bunyi, alat peraga telekomunikasi, alat peraga transportasi, dan istana cahaya. Kedengarannya sangat menarik, kan?


Museum Transportasi

Museum yang terletak di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini mengoleksi berbagai macam transportasi, baik darat, laut, maupun udara, dari masa ke masa. Tidak hanya balita Anda yang akan merasa senang bisa melihat langsung aneka mobil, motor, kereta api, pesawat dan berbagai jenis alat transportasi lainnya, Moms dan Dads pun juga bisa bernostalgia dengan menyaksikan kembali alat transportasi zaman dahulu yang mungkin pernah Anda naiki saat masih kecil. Semuanya terpajang apik dan terawat keberadaannya. Menarik, kan?


Museum Olahraga

Di museum ini, Si Kecil bisa mengenal berbagai macam olahraga. Tidak hanya itu, ia juga bisa mengetahui permainan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, ini bisa menambah minat anak untuk semangat melakukan aktivitas fisik, tentunya dengan disertai Anda ya, Moms dan Dads. Anda juga bisa mengajari anak permainan tradisional yang mungkin dulu pernah Anda mainkan saat kecil. Aktivitas fisik pastinya sangat berguna untuk tumbuh kembang Si Kecil.


Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

Bentuk bangunannya yang unik berupa komodo raksasa tentu akan membuat anak tercengang dan membangkitkan antusiasmenya untuk mengunjungi tempat ini. Di dalamnya sendiri diperlihatkan koleksi berbagai jenis binatang mamalia, serangga, dan reptilia, lengkap dengan kondisi lingkungan alamnya. Nah, Anda bisa kenalkan berbagai jenis hewan tersebut pada Si Kecil. Selain melihat satwa dalam bentuk pajangan, dan hewan hidup, museum ini juga menyediakan Taman Sentuh bagi Anda dan Si Kecil yang penasaran ingin melihat lebih dekat dan menyentuhnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)