BUMP TO BIRTH

Tanpa Test Pack! Ini 7 Cara Tes Kehamilan Secara Alami



Bagaimana sih cara mengetahui kehamilan? Cara paling mudah dan cukup akurat tentu saja menggunakan test pack ya, Moms. Namun ternyata ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kehamilan. Cara tersebut pun unik-unik, namun cukup efektif. Ada cara tes kehamilan menggunakan pasta gigi, sampo, gula, hingga menggunakan baking soda! Penasaran? Lihat caranya di bawah ini yuk, Moms.

1. Sampo

Caranya, siapkan dua mangkuk kering dan bersih. Kemudian masukkan urine pertama di pagi hari ke dalam 1 wadah. Di wadah lain, masukkan air bersih hingga setengahnya dan masukkan beberapa tetes sampo. Diamkan wadah berisi air sampo hingga tidak ada buih apa pun, setelah itu tuang urine ke dalam wadah air sampo.

Hasil Tes

Positif: Jika ada buih atau busa saat urine dicampurkan ke air sampo, maka besar kemungkinan Anda hamil.

Negatif: Jika tidak ada buih atau busa, kemungkinan Anda tidak hamil.

2. Gula

Siapkan satu wadah bersih dan kering, masukkan sedikit gula pasir. Masukkan urine pertama di pagi hari, dan perhatikan reaksi kimia yang terjadi.

Hasil Tes

Positif: Jika gula pasir menggumpal, maka Anda mungkin hamil.

Negatif: Jika gula larut bersama urine, maka hasilnya mungkin negatif.

3. Garam

Siapkan satu wadah kering dan bersih, akan lebih baik jika wadahnya transparan (seperti bekas gelas minum kemasan). Isi urine pertama di pagi hari, masukkan sekitar dua jumput garam.

Hasil Test

Positif: Jika warna dan konsentrasi urine berubah menjadi agak seperti cairan susu dan keju, maka itu bisa mengindikasikan Anda positif hamil.

Negatif: Jika tidak terjadi perubahan pada larutan urine dan garam, maka hasilnya mungkin negatif.

4. Baking Soda

Siapkan satu wadah plastik yang kering dan bersih. Kemudian masukkan dua sendok teh baking soda ke dalam wadah plastik tersebut. Setelah itu, masukkan urine pertama Anda di pagi hari.

Hasil Test

Positif: Jika larutan tersebut mendesis, maka itu bisa menjadi tanda hasil tes positif.

Negatif: Jika tidak terjadi reaksi apa-apa pada larutan urine dan baking soda, maka hasil tes kemungkinan besar negatif.

5. Pasta Gigi

Siapkan satu wadah plastik yang kering dan bersih. Masukkan segumpal pasta gigi ke dalam wadah. Masukkan urine pertama di pagi hari. Kemudian aduk urine dan pasta gigi hingga rata.

Hasil Tes

Positif: Jika larutan tersebut menghasilkan gelembung dan mulai berubah warna menjadi biru, maka besar kemungkinan Moms sedang hamil.

Negatif: Jika larutan tidak ada gelembung dan tidak berubah warna, maka sepertinya hasil tes Anda negatif.

6. Bubuk Bleaching

Seperti yang Anda ketahui, bubuk bleaching atau bubuk pemutih memiliki kandungan oksidasi yang kuat. Itu sebabnya bubuk tersebut bisa meluruhkan noda di pakaian Anda. Uniknya, bubuk ini juga bisa digunakan untuk tes kehamilan lho, Moms.

Caranya, siapkan wadah plastik kering dan bersih, bubuhkan sedikit bubuk pemutih. Kemudian masukkan urine pertama di pagi hari.

Hasil Tes

Positif: Jika larutan tersebut menghasilkan gas, gelembung, atau bau tajam, maka artinya Anda sedang hamil.

Negatif: Jika tidak ada reaksi pada larutan tersebut, maka artinya hasil tes negatif.

7. Sabun Mandi

Siapkan sabun mandi batangan yang sudah dipotong dadu, masukkan ke wadah bersih dan kering. Masukkan urine pertama di pagi hari di wadah berisi sabun batangan. Diamkan selama 5-6 menit, kemudian lihat reaksi yang muncul.

Hasil Tes

Positif: Jika muncul buih atau busa, maka besar kemungkinan hasil tes positif.

Negatif: Jika tidak ada reaksi pada sabun, maka itu indikasi hasil tes negatif.

(Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)