BABY

Waktu untuk Bayi Kembar



Memiliki bayi kembar memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, menghabiskan waktu bersama masing-masing bayi juga sangat penting bagi Anda dan mereka. Waktu mandi adalah salah satu kesempatan untuk membangun bonding. Tinggalkan salah satu bayi Anda dalam asuhan ayahnya, saat Anda memandikan kembarannya.

“Tidak terlalu perlu memandikan newborn setiap hari,” ucap Sharon Donaldson, seorang perawat sekaligus ahli ginekologi asal Australia. Menurutnya, memandikan newborn cukup dilakukan 2 atau 3 hari sekali. Seiring pertumbuhan mereka, maka waktu mandi haruslah rutin.

Penting untuk melihat tumbuh-kembang masing-masing bayi agar Anda dapat mengetahui kondisi fisik dan mental mereka. “Memanggil mereka dengan sebutan 'Si Kembar' memang akan lebih mudah, namun memanggil mereka sesuai dengan nama mereka masing-masing akan mengembangkan identitas diri mereka. Sebaiknya, kurangi pula keinginan Anda untuk mengenakan pernak-pernik dan pakaian yang serupa kepada mereka,” ungkap Sharon, dilansir dari M&B AU. (Sagar/DMO/Dok. M&B)