BUMP TO BIRTH

Ini Minuman Terbaik dan Menyegarkan untuk Ibu Hamil



Selain memperhatikan asupan makanan, saat hamil Moms juga perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Mengonsumi cukup cairan adalah hal yang penting, mengingat saat hamil kebutuhan cairan ibu meningkat. Tetap terhidrasi saat hamil juga menjadi hal yang krusial bagi tumbuh kembang Si Kecil yang ada di kandungan Anda.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat hamil, Moms bisa memilih mengonsumsi beberapa minuman berikut yang tak hanya menyegarkan untuk Anda, tapi juga bisa menjaga Moms agar tetap terhidrasi serta baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi Anda.

1. Air Putih

Tak hanya saat hamil, minum air putih merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Minum air putih menjadi lebih penting lagi karena kebutuhan cairan saat hamil meningkat. Kandungan hidrogen dan oksigen dalam air penting untuk kesehatan sel darah serta dapat membantu Anda mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan risiko persalinan prematur.

2. Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang menyegarkan dan bagus untuk mencegah dehidrasi saat hamil. Air kelapa juga merupakan sumber vitamin C, magnesium, potasium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu menstabilkan gula darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Es Teh

Membuat es teh di rumah adalah cara paling mudah untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Es teh diketahui juga dapat membantu meredakan morning sickness saat hamil. Namun, karena teh mengandung kafein, pastikan Anda membatasi jumlah konsumsi teh per harinya ya, Moms.

4. Infused Water

Menambahkan buah ke dalam air atau membuat infused water adalah cara yang baik untuk mendorong Moms minum air. Anda juga dapat menambahkan buah beri segar, melon, jeruk, apel, pir, atau buah tropis lannya ke dalam air tawar, lalu diamkan di lemari es selama beberapa jam agar rasa buah bercampur dengan air yang Anda pilih untuk dijadikan infused water. Moms juga bisa menambahkan rempah-rempah, bunga yang bisa dimakan atau bahkan sayuran seperti mentimun atau seledri

5. Limun atau Lemonade

Moms, siapa dari Anda yang suka minum limun dingin? Yup, mengonsumsi limun memang baik dilakukan untuk menghidrasi tubuh Anda. selan itu limun juga kaya akan vitamin C dan bisa membantu meredakan mual muntah atau morning sickness saat hamil.

6. Susu dan Produk Olahannya

Saat hamil, Moms membutuhkan asupan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi Anda, serta menjaga sistem peredaran darah, otot, dan saraf Anda berfungsi dengan baik. Nah asupan kalsium yang dibutuhkan saat hamil ini bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya seperti yoghurt. Kandungan protein dalam susu juga ternyata dapat mendukung pertumbuhan bayi Anda secara keseluruhan lho, Moms.

7. Smoothies

Smoothies adalah pilihan minuman yang tepat dan menyehatkan untuk diminum, khususnya saat trimester pertama kehamilan. Moms bisa memilih berbagai buah beri, alpukat, kiwi, persik, ceri, atau buah lainnya untuk dijadikan smoothies. Pastikan Moms juga menambahkan protein dan lemak sehat ke smoothies Anda sehingga bisa menyeimbangkan gula dan mengurangi lonjakan gula darah saat hamil.

8. Jus Hijau

Minum jus hijau dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil. Jus hijau bersifat basa sehingga dapat membantu mengurangi keasaman dalam tubuh Anda. Ini juga dapat bermanfaat untuk kesehatan usus, meningkatkan sistem kekebalan, dan sebagai detoksifikasi. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)