FAMILY & LIFESTYLE

5 Minuman yang Bisa Bikin Kulit Bersih, Mulus, dan Cantik



Memiliki kulit mulus, bersih, glowing, dan cantik tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Tak heran bila banyak wanita yang berusaha untuk rajin merawat kulit dengan menggunakan berbagai macam produk skincare yang banyak dijual di pasaran.

Meski banyak produk skincare yang menjanjikan bisa membuat kulit wanita lebih sehat dan cantik, sesungguhnya cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang cantik, mulus, dan bersih adalah dengan merawatnya dari dalam tubuh, karena apa yang masuk ke dalam tubuh kita tidak hanya akan memberikan manfaat pada kesehatan, tapi juga pada kulit kita.

Dengan rajin mengonsumsi jenis minuman di bawah ini, Moms bisa mewujudkan kulit mulus, bersih, glowing, dan cantik seperti dambaan Anda.

1. Air putih

Minum air putih penting untuk selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih juga baik untuk kesehatan kulit Anda karena bisa membantu melindungi kulit dari gangguan atau masalah kulit dan kerutan, yang keduanya rentan terjadi saat Anda mengalami dehidrasi.

Meski tidak ada aturan terkait jumlah air yang harus diminum untuk membuat kulit Anda tampak bersih dan cantik, untuk orang dewasa, biasakan minum 8 gelas air putih per hari. Membiasakan diri rutin mengonsumsi air putih tidak hanya akan membuat kulit Moms menjadi bersih, tapi juga membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan kenyal.

2. Teh

Ada banyak jenis teh yang bisa membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan bersih. Teh melati dan teh rooibus biasa digunakan untuk membantu mengendalikan eksim dan jerawat. Teh hitam dan teh hijau yang keduanya mengandung antioksidan, baik untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Teh hitam juga memiliki sifat antiinflamasi, seperti halnya teh jahe, yang bisa membantu membuat kulit Anda terlihat awet muda serta membantu mengurangi kemerahan dan peradangan.

Bila Moms memiliki masalah dengan jerawat, Anda bisa mengonsumsi teh spearmint. Menurut penelitian, teh spearmint bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit. Berdasarkan studi American Academy of Dermatology, minum 2 cangkir teh spearmint setiap hari bisa membantu mengurangi jerawat sebanyak 25%, dan konsumsi rutin selama 3 bulan akan membuat jerawat berkurang sebanyak 50%.

3. Matcha

Matcha diketahui memiliki 137 kali lipat antioksidan dibandingkan teh hijau biasa atau standar. Bila Moms rajin mengonsumsi matcha, ini berarti Anda "membanjiri" tubuh dengan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel kulit Anda dan membantu mencegah penuaan dini.

4. Green juice

Kale bisa menjadi salah satu bahan untuk membuat green juice dan punya manfaat super untuk kesehatan kulit Anda. Kale mengandung vitamin A yang sering ditemukan dalam krim antipenuaan. Ini juga bisa mendorong pertumbuhan sel, sehingga membantu menyingkirkan sel-sel kulit yang lebih tua dan kusam serta membawa sel-sel kulit baru yang cerah. Kale juga kaya vitamin C yang mampu menjaga kulit tetap sehat dan kuat.

Moms juga bisa memanfaatkan mentimun untuk membuat green juice yang baik untuk kulit Anda, karena mentimun kaya potasium, magnesium, dan silika, yang bisa membuat kulit jadi bercahaya.

Baca juga: Manfaat Green Juice untuk Kesehatan, Bantu Memaksimalkan Proses Detoks Tubuh

5. Jus lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi luka bakar akibat sinar matahari dan goresan, tetapi juga membantu meningkatkan kebersihan kulit. Mengonsumsi jus lidah buaya yang kaya antioksidan dan vitamin bisa membantu melindungi kulit, mengurangi frekuensi dan munculnya jerawat, serta membantu mengurangi kambuhnya kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis dan dermatitis. Senyawa dalam lidah buaya juga telah terbukti mampu menetralkan efek kerusakan ultraviolet akibat sinar matahari, memperbaiki kulit, dan membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan pada wajah. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)