ARCHIVE

Parents Blog: 4 Manfaat Berbagi Cerita



Ada banyak cara untuk berkreasi dan meningkatkan ketahanan mental manusia, salah satunya adalah berbagi cerita, pemikiran, dan uneg-uneg kepada orang lain. Cerita yang dibagikan lewat percakapan atau tulisan bisa sangat bermanfaat untuk orang yang mendengar atau membacanya.

Berikut 4 manfaat berbagi cerita dari segi psikologis, seperti yang dituliskan oleh Sherry Hamby, Direktur The Life Paths Research Program, di situs www.psychologytoday.com.

1) Bercerita dapat menolong orang lain

Bercerita bisa menyembuhkan mental dan bagi kebanyakan orang, bercerita juga berarti menyampaikan perasaan dan pikiran. Cerita bisa memberikan perasaan positif pada pendengar atau pembaca. Pendengar bisa menjadi lebih waspada, tahu cara menyelesaikan masalah jika suatu hari mereka mengalami hal yang sama, dan bisa membantu menyebarkan hal ini ke kalangan yang lebih luas.

2) Bercerita bisa menjadikan Anda ekspresif

Menceritakan pengalaman akan membantu Anda mengekspresikan diri dengan cara positif. Kadang kejadian negatif membuat kehidupan seseorang terpuruk, namun dengan bercerita, Anda akan merasakan hal positif dan menempatkan masalah dengan bijaksana. Dari sudut psikologis, dengan bercerita, seseorang akan mendapat pemahaman bahwa suatu kejadian dalam kehidupan mereka, bahkan yang buruk, sebagai bagian dari perjalanan hidup. Bertutur atau menulis cerita adalah cara untuk memahami masalah dan mengingatnya dengan cara baru.

3) Afirmasi nilai

Banyak orang yang setelah bercerita atau menuliskan pengalaman dan pikirannya, jadi tahu prioritas dalam kehidupannya. Bercerita membuat Anda fokus pada pengalaman Anda dan dapat menarik hikmahnya.

4) Memberikan harapan dan kedamaian

Sebagian besar orang yang mudah menceritakan pengalamannya atau membagikan pikirannya kepada orang lain, akan menemukan kedamaian dan harapan dalam kehidupannya.

Bagaimana caranya berbagi? M&B menyediakan ruang untuk Anda berbagi. Tuliskan pengalaman dan bagikan pikiran Anda di Parents’ Blog. Klik link-nya di sini untuk memulainya. Oh ya, redaksi akan memilih 1 tulisan terbaik setiap bulannya untuk dimuat di majalah Mother&Baby. Dan, penulis yang terpilih berhak mendapat hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 500.000. (sandra/ Dok. M&B)