BUMP TO BIRTH

Manfaat Yoga Sebelum dan Setelah Melahirkan



Yoga menjadi salah satu kelas kehamilan dan post natal yang paling populer. Yoga bukan sekadar melakukan gerakan duduk bersila sambil menikmati alunan musik. Sebagian besar orang setuju bahwa yoga juga sangat baik bagi wanita hamil.

Dengan instruksi yang tepat, yoga menjadi salah satu bentuk latihan yang aman dilakukan bumil, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa informasi tentang manfaat yoga sebelum dan sesudah melahirkan, seperti dilansir dari sumber M&B UK.

1. Yoga saat Kehamilan
Kita tahu, pengetahuan tentang teknik pernapasan ini sangat penting selama kehamilan dan ketika berada dalam proses persalinan.Yoga disebut dapat membantu dalam mengontrol pernapasan Anda saat hamil. Ahli kebugaran M&B UK, Jane Wake mengatakan, teknik pernapasan dalam yoga dapat membantu meringankan rasa sakit saat persalinan. Beberapa gerakan dalam yoga juga membantu memperkuat tubuh, meredakan nyeri punggung saat hamil,
serta membuat Anda dan Si 'calon bayi' merasa lebih nyaman. Selain itu, yoga juga dapat membantu membentuk tubuh ideal dan mengembalikan kesehatan Anda setelah Si Kecil lahir, termasuk mengencangkan otot-otot, meningkatkan keseimbangan dan sirkulasi darah, serta menjaga kelenturan tubuh Anda.

2. Persiapan Kelahiran
Direkomendasikan Anda mengikuti kelas yoga khusus kehamilan, di mana instruktur akan menyesuaikan gerakan dengan usia kehamilan Anda. Hal tersebut juga dapat membantu memudahkan proses kelahiran Anda nanti. Dalam yoga khusus kehamilan, ada aturan dan gerakan tertentu yang tidak boleh dilakukan, seperti berbaring telentang setelah trimester pertama. Beberapa gerakan Pilates juga akan membantu memperkuat daerah panggul, otot perut dalam, punggung, dan otot bahu. Menurut Jane, itu semua adalah persiapan untuk menghadapi proses persalinan, karena gerakan tersebut akan memberi penekanan pada daerah punggung dan bahu. Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil dilarang keras melakukan yoga tanpa pengawasan instruktur.

3. Yoga Pasca Persalinan
Sebelum memulai yoga setelah melahirkan, konsultasikan dahulu kondisi tubuh Anda dengan dokter. Jika tidak ada komplikasi yang terjadi dengan tubuh Anda, yoga bisa mulai dilakukan 6 minggu setelah melahirkan. Jika Anda menjalani operasi caesar, Anda bisa memulai yoga setelah 10 minggu, atau sesuai dengan rekomendasi dokter Anda. Menurut Jane, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan langsung, seperti latihan dasar panggul, tetapi tetap perlu dibimbing seorang profesional. Namun, sebaiknya latihan yoga ini sudah Anda mulai lakukan sejak sebelum persalinan. Sama seperti prenatal, yoga postnatal juga membantu Anda mengatur pernapasan yang akan membantu Anda menjernihkan pikiran. Yoga juga salah satu cara untuk mengatasi masalah kelelahan pada newmom. (Aulia/OCH/dok.M&B)