BABY

Organ Vital Newborn Saat Lahir



Alat genital bayi perempuan maupun bayi laki-laki akan membesar setelah dilahirkan. Ini terjadi karena adanya stimulasi hormon yang semakin stabil. Dilansir melalui M&B AU, setelah bayi perempuan dilahirkan, biasanya akan terdapat bercak darah di vaginanya selama beberapa hari. Anda bisa membersihkannya dengan kapas basah dan diseka dari arah depan ke belakang secara rutin.

Sedangkan pada bayi laki-laki, saat ia masih di kandungan, testisnya akan berkembang di dalam tubuhnya. Setelah dilahirkan, testisnya baru akan turun ke dalam skrotum. Hal ini terkadang menimbulkan masalah karena salah satu atau ke-2 testis tidak turun dan kembali masuk ke dalam tubuh Si Bayi. Anda pun harus segera memeriksakannya, sebab diperlukan penanganan serius dari dokter.

Perlu diketahui bahwa pada bayi laki-laki yang baru lahir, penisnya akan terselubung oleh kulup dan tidak dapat ditarik karena akan menimbulkan kerusakan. Sebaiknya, biarkan saja seperti itu sampai ia melakukan khitan. Tetapi yang pasti, Anda harus selalu membersihkan area tersebut saat Si Bayi mandi atau setelah ia buang air kecil agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

Bayi laki-laki dan bayi perempuan terkadang juga mengalami pembengkakan di bagian payudara dan mengeluarkan cairan susu. Hal tersebut diakibatkan hormon yang menyiapkan tubuh Anda untuk menyusui juga menyebar di dalam tubuh Si Bayi. Namun payudaranya akan kembali normal dalam beberapa minggu, setelah tingkat hormon di dalam tubuhnya menurun. Apabila payudaranya tampak kemerahan atau luka, konsultasikanlah dengan dokter. (Sagar/DC/Dok. M&B)