FAMILY & LIFESTYLE

5 Rekomendasi Shampoo Bar dengan Bahan Eco Friendly



Saat ini, rasa kepedulian kita terhadap kelestarian alam serta lingkungan hidup makin tinggi. Gaya hidup eco friendly pun makin populer. Salah satu bentuk tanggung jawab kita untuk ikut melestarikan bumi adalah dengan menggunakan produk-produk berbahan alami.

Penggunaan shampoo bar dengan bahan alami untuk perawatan rambut Anda juga bisa menjadi sebuah langkah untuk menjaga kelestarian bumi tempat kita semua tinggal. Yuk, intip rekomendasi shampoo bar dari M&B berikut ini yang bisa Moms gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. @keira.essence

Shampoo bar dari Kiera Essence dapat dipakai 35-40 kali keramas atau hingga 3 bulan, dengan masa kedaluwarsa 6 bulan setelah pemakaian pertama. Tak hanya bebas SLS, shampoo berdiameter 7 cm ini juga cruelty free dan tergolong vegan. Bahan-bahan yang dipakai pun bersifat alami, di antaranya organic shea butter, cocoa butter, dengan aroma calendula, seaweed, dan blueberry.

2. @ouraqila.id

Untuk perawatan rambut rontok, berketombe, dan berminyak, Moms bisa meggunakan Strong & Clean shampoo bar dari Ouraqila. Shampoo ini mengandung argan oil yang dapat menutrisi sekaligus menguatkan akar serta batang rambut. Shampoo ini juga mengandung aloe vera, black seed oil, tea tree essential oil, rosemarry essential yang akan membuat rambut harum, tanpa SLS, paraben, dan alkohol.

3. @yayassecret.id

Moms bisa menemukan handmade shampoo bar dari Yaya’s Secret yang hadir tanpa SLS dan paraben. Terdapat tiga pilihan warna alami dari buah bit, daun moringa, dan charcoal powder. Shampoo pun dibuat dengan bahan alami yang disesuaikan dengan kondisi rambut Anda, misalnya untuk mengatasi kerontokan serta menguatkan akar rambut.

4. @madremia.id

Madremia juga memiliki shampoo bar yang bebas sulfat, sehingga mampu mengatasi permasalahan rambut seperti rontok atau mudah patah. Dengan bahan surfaktan alami derivative coconut, shampoo ini mampu membersihkan kulit kepala dengan maksimal tanpa membuat rambut menjadi kaku. Terdapat beberapa varian shampoo bar dengan aroma dan bahan alami lain yang berbeda dan bisa Moms pakai sesuai kebutuhan.

5. @stoneroot.essential

Last but not least, Moms bisa memilih shampoo bar dari Stoneroot yang bebas SLS serta memakai surfaktan alami SCI yang tidak mengiritasi kulit kepala dan rambut dengan busa yang tidak merusak lingkungan. Lebih istimewanya, shampoo ini aman untuk Anda yang punya rambut yang sudah diwarnai dan justru menjaga kelembutan serta warna rambut tidak mudah pudar. Terdapat varian citrus lemongrass, charcoal calendula, dan red clay, dengan penggunaan bahan alami seperti organic Aloe vera powder, keratin, dan panthenol (pro vitamin B5).

Selain terbuat dari bahan-bahan alami untuk merawat rambut, shampoo bar juga dikemas tanpa plastik. Hal ini tentu menjadi langkah kecil untuk menjaga kelestarian alam. Untuk menggunakannya, Anda cukup membasahi tangan, lalu gosokkan shampoo bar ke tangan, kemudian pijat rambut dengan lembut. Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Pvproduction/Freepik, Instagram)