BUMP TO BIRTH

Muka Jerawatan saat Hamil? Ini Cara Alami untuk Mengatasinya



Masalah kulit seperti jerawat bukan hanya problem anak remaja. Jerawat bisa datang menyerang kapan saja, tak terkecuali saat Anda hamil. Ya, buat Moms yang sebelum hamil mungkin memiliki kulit wajah mulus, saat hamil bisa saja tiba-tiba tumbuh jerawat, enggak cuma satu atau dua, tetapi banyak dan memenuhi wajah.

Sebenarnya, jerawat merupakan salah satu masalah yang umum dialami bumil dan normal terjadi, sehingga Anda tak perlu khawatir. Namun, memang kondisi ini acap kali bikin kita jadi merasa tak nyaman saat mengalaminya. Nah, berikut ini penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi jerawat saat hamil.

Kenapa bisa muncul jerawat saat hamil?

Jerawat pada ibu hamil umumnya muncul di trimester pertama. Penyebab utama munculnya jerawat sesungguhnya adalah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri. Nah, pada ibu hamil, produksi hormon androgen yang lebih banyak di masa kehamilan bisa memicu munculnya jerawat, karena hormon ini merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak bernama sebum.

Produksi minyak ini pada dasarnya berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit bumil. Akan tetapi, jika jumlahnya terlalu banyak, hal tersebut malahan akan bisa menyumbat pori-pori dan pada akhirnya Anda jadi mudah berjerawat, Moms.

Selama hamil pun Anda tetap beraktivitas dan terpapar udara yang bisa menyebabkan munculnya sel-sel mati. Jika sel-sel mati tersebut bercampur dengan sebum, hal ini akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat dan akhirnya timbul jerawat di wajah.

Jangan pakai obat jerawat sembarangan!

Penting untuk Anda ketahui, demi kesehatan Anda dan janin, saat hamil, Anda tidak boleh menggunakan sembarang obat, termasuk obat jerawat. Eits, bukan berarti masalah jerawat di wajah Anda tidak bisa diobati lho, tetapi Anda perlu perhatikan kandungan obat jerawat yang akan Anda pakai. Obat yang harus dihindari adalah yang mengandung asam salisilat di atas 2%, termasuk kandungan BHA.

Selain itu, banyak dokter yang melarang wanita hamil menggunakan krim wajah yang mengandung Retin A. Sebenarnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kandungan Retin A berbahaya bagi janin. Namun, karena pemakaiannya dalam jangka panjang bisa memberikan efek sistemik pada kulit (contohnya alergi), maka meskipun risikonya kecil, Anda tetap harus menghindarinya.

Untuk mengobati jerawat saat hamil, Moms sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda, agar tahu kandungan obat apa saja yang aman dan tidak aman bagi bumil. Menurut Heidi Murkoff, penulis buku seri What to Expect, ibu hamil dilarang menggunakan obat jerawat yang mengandung isotretinoin, benzoil peroksida, dan tretinoin. Kandungan tersebut bisa mengakibatkan cacat lahir serius pada bayi.

Cara alami untuk atasi jerawat saat hamil

Daripada sembarangan memakai obat jerawat yang belum tentu aman, kenapa tidak memakai obat yang sifatnya alami dan aman? Moms bisa manfaatkan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengatasi jerawat di wajah.

1. Cuka sari apel

Untuk penggunaannya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. Rendam kapas dalam larutan tersebut, lalu tepuk kapas pada wajah untuk menyerap minyak berlebih. Selain mengurangi minyak pada wajah, kandungan enzim dan asam alfa hidroksi (alpha hydroxy acid) di dalamnya akan membantu mengatasi jerawat.

2. Buah sitrus

Lemon, jeruk nipis, atau jeruk biasa, mengandung zat bernama alpha hydroxy acid (AHA). Tanpa campuran apa pun, usapkan buah tersebut ke wajah Anda atau celupkan kapas ke dalam air perasan buah tersebut dan diamkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air dingin, sehingga sel-sel kulit mati akan terbuang dan pori-pori akan terbuka.

3. Madu

Selain membuat wajah lebih kencang dan lembap, madu juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi jerawat. Oleskan madu ke area yang berjerawat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kandungan antibakteri dan antiseptik pada madu mampu membuat wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

4. Virgin coconut oil

Minyak ini memiliki antibakteri dan antijamur yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Karena mudah diserap, virgin coconut oil dapat mengatasi masalah wajah berjerawat saat hamil. Caranya, oleskan minyak ke wajah saat ingin tidur dan diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya. (M&B/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)