FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Kenalan dengan 5 Karakter Ibu di Drama Korea Green Mothers’ Club!



Beda karakter ibu, tentu beda pula pola asuhnya. Isu inilah yang diangkat dalam drama Korea terbaru keluaran Netflix, Green Mothers’ Club. Serial sebanyak 16 episode ini bercerita tentang kehidupan 5 orang ibu dari perkumpulan wali murid sebuah sekolah dasar.

Karakter dan latar belakang 5 ibu ini sangat berbeda-beda. Ada yang calon profesor tapi cuek dengan pendidikan anak, ada ibu “penguasa” sekolah dan sangat tegas dengan anak, ada yang selalu ceria tapi diam-diam selalu khawatir anaknya tidak berprestasi, dan ada juga celebrity-mom yang terkenal eksklusif dalam mendidik anaknya.

Seperti apa karakter mereka dan mana yang paling cocok dengan Anda? Yuk, kenalan dengan 5 karakter ibu dari serial Green Mothers’ Club! Banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran dalam membesarkan anak nih, Moms.

1. Lee Eun-Pyo

Tokoh utama ini diperankan oleh Lee Yo-Won. Ibu ini memiliki 2 anak, Jung Si-Yul dan Jung Dong-Ju. Tokoh Eun-Pyo adalah calon profesor lulusan sekolah seni di Prancis yang berhenti berusaha meraih gelarnya karena suatu masalah terkait masa lalunya. Kini Eun-Pyo menjadi ibu rumah tangga, namun tidak seperti dirinya yang calon profesor, pendidikan anak-anak Eun-Pyo seperti tidak diprioritaskan.

Karakter Eun-Pyo digambarkan sebagai ibu yang permisif, tidak mau memaksakan kehendak pada anak-anaknya, cuek, malas bergaul dengan ibu-ibu lain di sekolah, lembut, suka memendam perasaan, tidak suka keributan, tetapi bisa tiba-tiba “gahar” dalam mengendalikan situasi. Ibu yang awalnya terkesan cuek dengan pendidikan anak ini ternyata punya jiwa kompetitif juga soal prestasi anak.

2. Byeon Chun-Hui

Sosok Byeon Chun-Hui diperankan oleh Choo Ja-Hyun. Ia adalah ibu dari Kim Yu-Bin, murid perempuan paling berprestasi di sekolah. Chun-Hui digambarkan sebagai sosok ibu yang sangat peduli dengan pendidikan anak. Kedua anaknya harus berprestasi dan memenangkan berbagai lomba tingkat nasional maupun internasional.

Chun-Hui juga ibu yang sangat berpengaruh di sekolah. Semua orang tua murid sepertinya tunduk padanya dan ingin berteman dekat dengannya. Sayangnya, Chun-Hui sangat selektif dalam memilih teman untuk dirinya dan anak-anaknya. Hanya mereka yang dirasa sejajar atau bahkan lebih baik yang bisa jadi teman dekat keluarga ini.

3. Seo Jin-Ha

Sosok ini sangat misterius! Jin-Ha (diperankan oleh Kim Gyu-Ri) adalah seniman papan atas yang cantik, kaya raya, terkenal, hidup sempurna, dan memiliki anak bernama Henry yang juga sangat cerdas dan berprestasi. Jin-Ha adalah sahabat lama Eun-Pyo, namun persahabatannya memudar sejak Jin-Ha menikah dengan Luis Bunuel, warga Perancis yang juga mantan pacar Eun-Pyo. Jin-Ha “mencuri” semua pesona yang dimiliki Eun-Pyo, mulai dari karier, nama besar di dunia seni, hingga urusan percintaan.

Jin-Ha digambarkan sebagai orang yang sangat eksklusif, ia tidak sombong tetapi juga tidak berbaur dengan ibu-ibu lain di sekolah anaknya. Henry pun tidak ikut les di sembarang tempat bersama anak lain, karena ia les privat langsung dengan pakar di bidangnya. Banyak orang tua murid yang ingin dekat dengan Jin-Ha, namun Jin-Ha hanya ingin berteman lagi dengan Eun-Pyo.

4. Park Yun-Ju

Sosok ini diperankan oleh Joo Min-Kyung, sepupu Eun-Pyo yang selalu ceria, plin-plan, dan terkesan takut tidak punya teman di sekolah anaknya. Sebenarnya Yun-Ju ingin selalu membela sepupunya, namun ketika ia menyadari Eun-Pyo cukup kontroversial dan tidak disukai di sekolah anak-anak mereka, maka Yun-Ju sering kali ikut menjauhi Eun-Pyo.

Walau hubungannya dengan Eun-Pyo sempat saling tegang, keduanya tetap menjalin persaudaraan yang baik. Yun-Ju digambarkan sebagai ibu yang selalu ramah, murah senyum, namun tetap bisa tegas untuk kebaikan anak-anaknya. Yun-Ju memiliki gaya parenting yang santai, sesekali makan makanan cepat saji tidak masalah, namun pendidikan anak tetap prioritas. Tipikal ibu yang seru diajak ngobrol saat menunggu anak pulang sekolah.

5. Kim Yeong-Mi

Sosok yang diperankan oleh Jang Hye-Jin ini adalah musuh bebuyutan Chun-Hui di asosiasi orang tua murid sekolah anak mereka. Ia digambarkan sebagai ibu yang sederhana, tidak peduli dengan penampilan, apa adanya, dan selalu mengutamakan tumbuh kembang anak.

Pendapatnya selalu berseberangan dengan Chun-Hui, salah satunya ketika ia mengusulkan untuk menghilangkan kelas khusus anak berbakat. Yeong-Mi dan Chun-Hui juga pernah adu massa saat pemilihan ketua asosiasi orang tua murid, yang tentu saja dimenangkan oleh Chun-Hui, si sosok paling berpengaruh di sekolah.

Nah, dari ke-5 karakter tersebut, kira-kira karakter mana yang paling relate dengan Anda nih, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Instagram @jtbcdrama)