FAMILY & LIFESTYLE

Peringati Hari Bumi, PZ Cussons Perkenalkan Produk Bayi Bersertifikat Ekolabel dari KLHK



Berbagai fenomena alam yang semakin mengkhawatirkan seperti perubahan iklim ekstrem dan ketidakpastian cuaca yang mengglobal membuat siapa pun harus memilih gaya hidup yang pro terhadap lingkungan.

Memperingati Hari Bumi beberapa waktu lalu, PZ Cussons berkomitmen untuk mendukung Keberlanjutan bagi ibu, anak, dan demi kelestarian lingkungan untuk hari ini dan di masa depan. Pada kesempatan itu, mereka juga memperkenalkan Cussons Baby Tisu Basah sebagai produk bayi pertama di Indonesia yang bersertifikat ekolabel dari KLHK.

Elly Mustrianita, Director of Corporate Communications PZ Cussons Indonesia mengatakan, “Komitmen PZ Cussons terhadap Keberlanjutan secara nyata terus dilaksanakan dan diupayakan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis, inovasi produk terutama dengan pengurangan penggunaan plastik, layanan konsumen yang memastikan keamanan dan kenyamanan produk higenis bagi ibu dan bayi, serta mengajak keterlibatan masyarakat dalam membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat serta menjaga kelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan plastik dan pengelolaan pemilahan sampah secara bijak.“

Pencapaian Keberlanjutan yang berhasil dilaksanakan adalah pengurangan penggunaan plastik dalam kemasan PZ Cussons, seperti yang dijabarkan oleh Parthesh Dave, Head of Packaging Asia PZ Cussons, “PZ Cussons berhasil melakukan pengurangan penggunaan plastik hingga 92% pada Cussons Baby Gift Box, pengurangan penggunaan plastik sebanyak 16% dari kemasan tisu basah, dan pengurangan penggunaan plastik 11% pada kemasan (doys plastic reduction).”

Sementara untuk produk yang diperkenalkan, Riza Arief Rahman, Head of Marketing PZ Cussons Indonesia menjelaskan, “Dengan semangat dan keyakinan memberikan yang terbaik bagi ibu, anak, dan alam, Cussons Baby Wipes Pure and Gentle tidak hanya ramah lingkungan yang dapat terurai secara alami (biodegradable), namun hadir dengan keunggulan kualitas, yaitu terbuat dari 100% natural fiber, minyak zaitun organik bersertifikat, sumber air terpurifikasi, 0% alkohol, pewarna, dan pewangi.”

Terobosan inovasi produk Cussons Baby Wipes Pure and Gentle sendiri merupakan langkah konkret dari inisiatif sosial “Small Step Big Impact, Small Step for a better Future, yaitu langkah kecil untuk kebaikan masa depan”.

Pada kesempatan yang sama, figur public dan penyanyi Riafinola Ifani Sari, atau akrab disapa Nola Be3, yang memiliki 4 anak, turut senang dengan kehadiran produk bayi ramah lingkungan, “Sebagai seorang ibu yang memiliki 4 anak, di mana anak terakhir masih batita, dengan rentang usia cukup jauh dari kakak-kakaknya, saya menyadari bahwa kita harus benar-benar bertanggung jawab dalam berperilaku di bumi ini, jika ingin anak-anak kita dapat hidup dengan kualitas lingkungan terbaik di masa depan.”

“Saya mengapresiasi PZ Cussons yang mengajak kita untuk mengambil langkah kecil yang memberikan dampak besar bagi kita sebagai ibu, anak-anak kita, dan alam sekitar. Saya menyetujui bahwa langkah kecil yang jika dilakukan secara konsisten, dapat memberi kebaikan untuk masa depan,” tambahnya.

Selain dalam hal inovasi produk, PZ Cussons bekerja sama dengan Alfamart juga mengajak keterlibatan masyarakat luas dalam edukasi, penyuluhan, dan pendampingan terkait penggunaan plastik dan pemilahan sampah di 96 titik posyandu di Indonesia dalam tiga bulan ke depan. Riza menyampaikan, “Kami menggandeng kader-kader dan komunitas Posyandu yang mencapai hingga 10.000 ibu-ibu untuk bergerak bersama menyelamatkan bumi dimulai dari institusi terkecil, yaitu di rumah.”

“Kegiatan Keberlanjutan ini sesuai dengan nilai-nilai kebaikan dan juga tujuan dari PZ Cussons yaitu For Everyone, For Life, For Good atau untuk setiap orang, untuk kehidupan, dan untuk kebaikan. Berbagai upaya yang kami lakukan memberi keyakinan bagi diri kami dan untuk konsumen kami dalam memberikan yang terbaik bagi ibu, anak, dan alam.” tutup Elly. (M&B/SW/Foto. Dok. PZ Cussons)