FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis Film Missing dan Sejumlah Fakta Seru di Baliknya



Apa jadinya ketika seorang ibu hilang tanpa jejak? Film Missing menceritakan perjuangan seorang anak mencari keberadaan ibunya yang menghilang setelah liburan dengan pacarnya. Tayang sejak awal tahun ini, Missing menjadi salah satu film yang sayang jika Anda lewatkan, Moms.

Di film ini, June (Storm Reid) dikisahkan hidup sebatang kara tanpa sanak saudara bersama ibunya, Grace (Nia Long), setelah sang ayah meninggal akibat tumor otak. Relasi antara June dan ibunya pun tak begitu akrab, karena June selalu menganggap ibunya terlalu protektif.

Namun, situasi berubah ketika ibunya tak kunjung kembali setelah liburan ke Kolombia bersama kekasih barunya. June kemudian berusaha mati-matian untuk mencari keberadaan ibunya dengan bantuan internet setelah ia meminta bantuan FBI tapi pencarian yang dilakukan FBI tak kunjung membuahkan hasil.

Cerita perjuangan June makin pelik ketika ia menyadari bahwa kekasih ibunya adalah seorang mantan kriminal. Ia juga kemudian tersadar bahwa ia tidak benar-benar mengenali ibunya sendiri ketika satu persatu rahasia sang ibu mulai terungkap. Lalu, apakah June pada akhirnya berhasil menemukan ibunya? Anda bisa tonton film ini hingga selesai di Netflix ya, Moms!

Tidak hanya jalan ceritanya yang seru, film ini juga punya sejumlah fakta menarik, lho. Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Bergenre screenlife

Seluruh film Missing digambarkan melalui sudut pandang ketiga. Lebih tepatnya, seluruh adegan film ini dimunculkan dalam bentuk tampilan yang muncul di layar laptop, handphone, maupun tablet. Oleh karena itu, film ini bergenre screenlife movie ataupun computer screen film. Film lainnya yang bergenre screenlife adalah Searching yang sempat menggemparkan dunia perfilman pada tahun 2018.

Dibuat oleh Aneesh Chaganty

Buat Moms yang sudah menonton Searching, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Aneesh Chaganty. Ya, Aneesh Chaganty adalah pria berbakat yang menyutradari film Searching. Kali ini, Aneesh hadir kembali di dunia perfilman sebagai salah satu produser film Missing.

Sekuel mandiri Searching

Dengan genre dan keseruan yang serupa, Missing digadang-gadang sebagai film sekuel mandiri dari Searching, lho. Film ini sendiri merupakan debut Nick Johnson dan Will Merick sebagai sutradara. Selain itu, Missing juga ditulis oleh Sev Ohanian, salah satu penulis naskah yang turut menggarap film Searching. Pembuatan Missing pun telah diumumkan sedang berjalan pada Agustus 2019 sebagai film sekuel mandiri Searching. Film ini kemudian hadir sebagai epilog dan kelanjutan dari film Searching.

Pembuatan film sempat tertunda

Pada November 2020, produser Natalie Qasabian menyatakan bahwa produksi film ditunda akibat pandemi COVID-19. Kala itu, film ini masih digarap dengan judul Searching 2. Barulah pada September 2022 film ini diberi judul Missing dan dijadwalkan tayang pada 2023.

Berisi kejutan dengan referensi film sebelumnya

Jika Moms memperhatikan dengan cermat, ada banyak adegan film Missing yang berkaitan dengan film Searching. Contohnya, film ini dibuka dengan June yang sedang menonton serial kriminal nyata berjudul Unfiction. Kebetulan, episode yang sedang June tonton menceritakan tentang hilangnya Margot Kim, yang merupakan inti cerita utama dalam film Searching.

Film ini

(M&B/Gabriela AgmassinI/SW/Foto: Netflix)