FAMILY & LIFESTYLE

7 Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warna, Mana yang Jadi Favorit Moms?



Moms dan Dads, memberikan bunga kepada pasangan tentu bisa membuat hatinya senang. Nah, salah satu jenis bunga yang kerap dianggap sebagai tanda kasih sayang atau cinta adalah mawar.

Mawar termasuk tanaman bunga hias yang mudah kita temui setiap harinya. Bunga yang memiliki nama latin Rosa sp. ini dikenal dengan keindahan dan aromanya yang memikat, sehingga tak heran jika selama ini mawar juga kerap dijadikan simbol dari berbagai jenis perayaan, budaya, dan tradisi.

Namun, sebelumnya, apakah Anda sudah tahu kalau setiap warna mawar memiliki arti yang berbeda-beda? Menurut Brides, ada bunga mawar yang melambangkan kasih sayang, hasrat, kedamaian, penghargaan, penyesalan, hingga rasa hormat. Berikut ini beberapa arti bunga mawar berdasarkan warnanya.

1. Bunga mawar merah

Bunga mawar yang paling umum kita jumpai adalah mawar merah. Mawar merah cukup populer karena memiliki warna yang cantik dan memiliki arti mendalam. Secara umum, mawar merah memiliki arti perasaan cinta, hasrat yang menggebu-gebu, keberanian, serta keromantisan dalam hubungan. Biasanya, bunga ini diberikan kepada pasangan sebagai bentuk ungkapan “Aku cinta padamu”.

2. Bunga mawar putih

Berikutnya ada mawar putih yang memiliki makna suci dan ketulusan cinta. Bunga ini cocok untuk dibuat menjadi buket, lalu diberikan kepada pasangan di hari bahagia, seperti lamaran atau pernikahan, karena lamaran dan pernikahan merupakan momen suci atau sakral. Selain itu, mawar putih juga kerap diberikan kepada seseorang sebagai lambang permintaan maaf atau terima kasih.

3. Bunga mawar pink

Mawar pink jadi salah satu bunga yang cukup banyak diberikan kepada pasangan, kerabat, atau keluarga. Ini karena mawar pink melambangkan sebuah penghargaan, apresiasi, kekaguman, dan kelembutan. Bunga ini juga sering digunakan sebagai bentuk rasa syukur atau kebahagiaan atas sesuatu yang sudah diraih.

4. Bunga mawar kuning

Mawar kuning mungkin cukup jarang kita temui. Namun, bukan berarti bunga ini minim peminat. Mawar kuning memiliki warna yang cerah, mirip seperti matahari yang sedang bersinar. Umumnya, bunga ini sering diberikan kepada sahabat atau kerabat, karena memiliki arti persahabatan sejati, kekaguman, serta kenangan yang tak terlupakan.

5. Bunga mawar lavender

Buat Moms dan Dads yang suka dengan warna ungu, mawar lavender mungkin bisa jadi pilihan untuk diberikan kepada orang terkasih. Bunga yang memiliki penampilan elegan ini bisa diartikan sebagai sebuah keagungan, rasa kagum, serta kemewahan. Karena alasan inilah, mawar lavender cocok untuk diberikan pada momen kelulusan atau acara syukuran.

6. Bunga mawar biru

Perasaan yang mendalam kepada pasangan tentu harus disampaikan, ya. Namun, jika Moms dan Dads bingung untuk menyampaikannya, cobalah untuk memberikan mawar biru. Bunga mawar yang satu ini tak hanya indah dan cantik, tapi juga melambangkan perasaan yang tenang, setia, serta kasih sayang. Bunga ini seakan bisa mewakili perasaan cinta kita yang murni dan tidak tergantikan.

7. Bunga mawar hitam

Meski cukup banyak dihindari, mawar hitam rupanya tetap memiliki kesan yang indah untuk sebagian orang. Mawar hitam melambangkan sebuah kesedihan atau kedukaan. Jadi, tidak heran ya, jika mawar hitam kerap ditemukan dalam prosesi pemakaman atau penghormatan kematian seseorang.

Nah, itulah beberapa arti bunga mawar berdasarkan warnanya. Bunga mawar warna apakah yang menurut Moms dan Dads paling menarik? (M&B/Ayu/SW/Foto: Karolina Kaboompics/Pexels)