FAMILY & LIFESTYLE

Art Jakarta 2024 Siap Digelar, Lebih Besar dan Penuh dengan Karya Seniman Internasional



Buat Moms dan Dads penggemar seni, Anda mungkin sudah tidak sabar dengan gelaran Art Jakarta 2024. Perhelatan pekan seni tahunan berskala internasional ini akan berlangsung pada 4-6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran. Tahun ini, Art Jakarta akan menghadirkan 73 galeri terkemuka dari Indonesia serta Asia Tenggara dan mancanegara dengan ribuan karya seni rupa berskala internasional. Tentunya, Moms dan Dads akan melihat berbagai koleksi seni rupa terbaik yang membuat Anda terkesan.

“Kami senang sekali dengan kembalinya para partisipan dengan antusiasme tinggi yang menandakan kepercayaan para ekshibitor terhadap Art Jakarta. Bahkan, rekanan yang menyajikan presentasi tahun ini bertambah (4 Mitra Utama dan 14 Mitra Kunci). Artinya, selain dukungan terhadap seniman makin banyak, kemitraan Art Jakarta juga makin luas. Hal ini juga yang merupakan alasan kami menambah hall di JIEXPO Kemayoran dari dua menjadi tiga hall (C3 dan B3, sekarang ditambah C1). Dengan ini, kami juga ingin meningkatkan pengalaman audiens secara keseluruhan dengan area yang diperluas, fasilitas yang lebih nyaman, dan alur pameran yang lebih baik,” jelas Enin Supriyanto, Direktur Arstistik Art Jakarta.

Tempat menyenangkan untuk anak mengenal seni rupa

Di perhelatan Art Jakarta 2024 ini akan ada banyak instalasi seni rupa yang ramah anak dan keluarga hasil kolaborasi dengan para seniman, seperti Bibit dan Stockbit yang akan menyajikan “Knit by Knit”, karya kolaboratif yang menjelajahi tema pengelolaan finansial melalui lensa kreatif. Karya dari seniman Cinanti Astria Johansyah dan kolektif inovatif Rajut Kejut ini akan membuat Moms menyelami persilangan antara seni dan keuangan.

Selain itu, terdapat Play by UOB Indonesia, ruang yang dirancang untuk melayani kreativitas anak-anak. Di area ini, hadir Ni Nyoman Sani, pemenang UOB Painting of the Year 2023, yang akan memandu Si Kecil di area bertajuk “We Are All Beautiful”. Ruang interaktif dan dinamis ini akan membuat anak-anak bisa bermain-main dengan seni secara imajinatif.

Mencerminkan semangat Next Gen MINI, seniman Erwin Windu Pranata pun menyasar kembalinya kegembiraan dan keseruan melalui karya asemblase “Ketok Mejik”, yang menghadirkan Mini J01. Menggunakan objek sehari-hari yang penuh warna dan dapat digunakan kembali, karya ini sejalan dengan nilai keberlanjutan sembari menekankan kegembiraan yang mencirikan karakter asli Mini Cooper.

Tidak ketinggalan juga, kerja sama Art Jakarta dengan Ronald McDonald House charities (RMHC) akan menyajikan lelang tertulis untuk amal. Melalui kampanye berjudul “Bears for Bricks”, akan dihadirkan gerai interaktif yang melibatkan kaum muda, termasuk anak-anak. Berbagai seni rupa yang dihadirkan adalah hasil karya dari sepuluh seniman terkenal, yaitu Abenk Alter, Arifin Nief, Darbotz, Diana Puspita Putri, Made Wianta, Muklay, Nue Prastowo, Pande Giri, Richard Schmidt, dan Rizal Hasan.

Area pameran seni lebih besar, lebih nyaman untuk keluarga

Seperti disebutkan, Art Jakarta 2024 akan menggunakan tiga hall (C1, C3, dan B3) di JIEXPO Kemayoran. Artinya, area pameran seni rupa akan makin luas dan bisa menambah kenyamanan Moms dan keluarga saat berkeliling. Area F&B yang di tahun sebelumnya sudah ada juga kembali disiapkan, tapi dengan ruang lebih luas. Jadi, Moms dan keluarga bisa menikmati berbagai makanan dan minuman di Manual Food Market yang dikurasi oleh Manual, Kilo Jakarta, dan % Arabica. Akan kembali hadir juga Pop Up Resto by Union yang menghadirkan menu istimewa saat Anda ingin bersantai di Art Jakarta 2024.

Melanjutkan tradisi dukungan seni rupa sejak lama, Julius Baer sebagai grup wealth management terdepan dari Swiss juga menghadirkan VIP Lounge yang nyaman. Seniman terkemuka Indonesia, Sunaryo, yang dikenal atas pendekatan inovatif pada seni kontemporer, akan memamerkan karya-karyanya dalam pameran khusus, termasuk beberapa karya baru, di Julius Baer VIP Lounge ini.

Tidak ketinggalan, ada AJ SCENE, segmen bagi kolektif seniman, studio, dan proyek untuk mempresentasikan merchandise dan publikasi mereka. SCENE menjadi platform yang seru, karena Moms bisa mendapatkan informasi mengenai suatu karya seni secara lebih luas. Tentunya ada juga AJ TALK, platform untuk Anda berdialog dengan para pakar, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator yang akan menambah pengetahuan Anda soal seni rupa, khususnya di Indonesia.

Jadi, makin tidak sabar untuk melihat ragam karya seni rupa dari para seniman berskala internasional di pekan seni Art Jakarta, kan? Yuk, Moms dan Dads bisa ajak Si Kecil untuk mengunjungi Art Jakarta 2024 yang akan berlangsung pada 4-6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran Hall C1, C3, dan B3. Dapatkan tiketnya di artjakarta.com dan cari tahu setiap updatenya di Instagram @artjakarta. Sampai bertemu di sana! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Instagram Art Jakarta)