FAMILY & LIFESTYLE

Bisa Ditiru, Nikita Willy Bagikan Tips Bonding dengan Si Kecil



Di tengah tuntutan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari yang makin padat, banyak orang tua merasa sulit untuk meluangkan waktu berkualitas bersama Si Kecil. Padahal, momen kebersamaan antara orang tua dan anak merupakan fondasi penting bagi perkembangan emosional Si Kecil.

Ikatan emosional yang positif antara orang tua dan anak memiliki peran penting dalam tumbuh kembang Si Kecil. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami pentingnya memiliki bonding yang sehat agar terciptanya momen yang berkualitas bersama Si Kecil.

Hal tersebut juga disadari oleh Nikita Willy, aktris yang kini telah menjadi ibu dari seorang anak laki-laki, Issa Xander Djokosoetono. Ingin tahu seperti apa tips bonding Nikita Willy bersama sang anak, Issa? Yuk, simak tipsnya berikut ini, Moms!

4 Tips bonding bersama Si Kecil ala Nikita Willy

1. Luangkan waktu

Di tengah segala kesibukan dan rutinitasnya setiap hari, Nikita Willy tetap berusaha menjalin kedekatan dengan anak semata wayangnya, Issa. Baginya, setelah menjadi ibu, anak menjadi prioritas utama dalam hidupnya.

“Dalam sehari aku selalu sempatkan untuk bermain bersama anak. Aku pernah baca penelitian, katanya cuma butuh waktu minimal 30 menit sehari untuk bisa bonding bersama anak. Jadi, aku selalu pastikan bisa fokus main sama anak minimal 30 menit setiap hari,” ucap Nikita Willy yang ditemui pada acara Playdate bersama Baby Huki di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Terapkan rutinitas

Selain meluangkan waktu, Nikita Willy percaya bahwa menerapkan rutinitas dengan konsisten pada anak juga bisa menjadi kunci keberhasilan bonding-nya dengan Si Kecil. Menurut Nikita, anaknya senang dengan rutinitas atau aktivitas yang terprediksi setiap harinya. Dengan begitu, Si Kecil akan berada dalam suasana hati yang positif saat menghabiskan waktu dengan orang tuanya.

3. Minta bantuan support system

Support system juga menjadi faktor pendukung yang paling penting dalam meningkatkan bonding bersama anak. Saat memiliki support system yang cukup, Moms bisa lebih fokus untuk menghabiskan waktu bersama Si Kecil. Menurut Nikita, setiap Moms sebaiknya dapat menemukan support system yang dipercaya dan tidak sungkan untuk meminta bantuannya.

4. Mengelola emosi

Saat sibuk mengurus rumah tangga atau melakukan aktivitas lainnya, seorang ibu bisa saja merasa kewalahan. Ketika hal itu terjadi, Moms mungkin akan merasakan emosi yang memuncak seperti marah atau sedih. Namun, menurut Nikita, Moms sebaiknya tidak meluapkan emosi di depan anak.“Aku biasanya ambil jeda dan menjauh sejenak dari anak, pindah ruangan aja dulu sama anak. Nanti kalau pas sudah agak reda, baru aku samperin anak lagi,” ucap Nikita.

Menyadari pentingnya bonding orang tua dengan anak, Baby Huki, produk perlengkapan bayi yang telah menjadi sahabat para ibu selama lebih dari 30 tahun, mengajak komunitasnya untuk playdate dengan Nikita Willy dan Issa.

“Kegiatan playdate ini merupakan inisiatif kami untuk mendukung orang tua menjadi pintar dan menerapkan smart parenting. Bonding ibu dan anak bisa terinspirasi dari bonding Nikita Willy dan Issa,” ucap Risa Trisanti, Marketing Manager Baby Huki yang ditemui di acara yang sama.

Itulah beberapa tips bonding bersama Si Kecil dari Nikita Willy. Yuk, Moms, coba tips tersebut dan dapatkan bonding bersama anak setiap hari! (M&B/RF/Foto: Doc. Baby Huki)