FAMILY & LIFESTYLE

Daun Pepaya Jepang, Apakah Berbahaya?



Moms, apakah Anda tahu daun pepaya Jepang? Daun pepaya Jepang kini populer untuk dijadikan bahan pangan karena mudah didapat. Daun yang memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius ini memiliki daun lebar dan bisa tumbuh dengan cepat.

Tumbuhan ini sebenarnya berasal dari Semenanjung Yukatan, Meksiko. Populer dengan sebutan chaya, daun pepaya Jepang merupakan bahan pangan kegemaran bangsa Maya. Di Meksiko, daun pepaya jepang dimanfaatkan sebagai makanan, obat, dan tanaman hias.

Selain itu, daun pepaya jepang tumbuh dengan baik di lingkungan beriklim panas, hujan, atau sangat kering. Maka, tak heran jika daun pepaya Jepang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Lantas, apakah daun pepaya jepang berbahaya?

Daun pepaya Jepang, apakah berbahaya?

Mengutip dari buku Daun Pepaya Jepang karya Putri Aulia Arza, daun pepaya Jepang masuk Indonesia pada sekitar 1998. Saat itu daun pepaya Jepang disebarkan lewat batang-batangnya yang kemudian ditanam. Bentuk daun pepaya Jepang sekilas mirip dengan daun pepaya pada umumnya, melebar seperti telapak tangan yang terbuka. Namun, rasa daun pepaya Jepang lebih nikmat, karena tidak terasa pahit.

Meskipun demikian, ada informasi yang mengatakan bahwa daun pepaya Jepang berbahaya, karena mengandung racun. Faktanya, daun pepaya Jepang memang mengandung racun yang disebut sianida. “Pepaya Jepang merupakan jenis tanaman yang tidak dapat dikonsumsi dalam bentuk segar karena adanya zat racun,” tulis Putri dalam bukunya.

Sebuah penelitian menguji kadar sianida dalam daun pepaya Jepang segar. Ada sebanyak 30-50 ppm (bagian per juta) sianida berdasar berat segar. Dengan kata lain, terdapat 30-50 mg sianida per 1 kilogram daun pepaya Jepang.Sementara tubuh manusia normal dapat mendetoksifikasi 10 mg sianida per hari tanpa efek berbahaya.

Ini artinya, daun pepaya Jepang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar aman, ya, Moms. Sebenarnya kasus ini juga mirip dengan daun singkong. Daun singkong tidak disarankan dikonsumsi dalam kondisi segar karena memiliki zat racun.

Beragam manfaat daun pepaya Jepang

Sejak lama, daun pepaya Jepang digunakan sebagai obat. Bahkan daun pepaya Jepang diyakini memiliki sifat antidiabetes, antioksidan, dan hepatoprotektor (pelindung dari serangan penyakit). Selain itu, daun pepaya Jepang dikenal punya banyak manfaat berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti serat, kalium, zinc, vitamin A, B1, B2, B3, C dan E.Berikut ini sejumlah manfaat daun pepaya Jepang.

  • Mencegah sembelit
  • Mengontrol tekanan darah
  • Memperkuat daya tahan tubuh
  • Mencegah kanker
  • Mencegah anemia
  • Mencegah diabetes
  • Mencegah alzheimer
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Meningkatkan massa otot.

Jadi, untuk pertanyaan apakah daun pepaya jepang berbahaya? Jawabannya tidak. Hanya saja, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, bisa dengan cara direbus atau dikukus.(M&B/Ayu/SW/Foto: Identify.plantnet.org)